4 Sep 2014

Cara Mudah Memasang Foto Instagram di Blog

Layaknya media sosial lainnnya, Instagram adalah media sosial yang cukup digandrungi di kalangan remaja. Meskipun penggunanya tidak sebanyak Facebook dan Twitter, pengguna Instagram ini juga tidak bisa diremehkan kekuatannya.

Beberapa saat lalu saya juga pernah membuat entri mengenai cara menyimpan foto di Instagram. Saya kaget saat melihat antusias pengunjung blog ini ternyata banyak yang datang dari Google dan mencari bagaimana cara menyimpan foto dari Instagram.

Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas mengenai Instagram kembali. Bahasan kali ini adalah bagaimana cara memasang/menyematkan foto Instagram ke blog milik-mu. Berikut adalah caranya.

Cara Mudah Memasang Foto Instagram di Blog

Cara memasang foto Instagram di blog sangatlah mudah. Pertama, kunjungilah halaman instagram yang akan kamu pasang fotonya di blog. Misalkan saya mencontohkan saya akan menyematkan foto Instagram milik teman saya, si Hajon di entri ini. Foto tersebut adalah pemandangan di Bromo yang dia foto saat dia sedang berlibur di Bromo.

Sumber: http://instagram.com/p/sRy6r9ugJS/

Jika dilihat, maka alamat foto Instagram tersebut adalah "http://instagram.com/p/sRy6r9ugJS/". Berbeda dengan cara menyematkan status Facebook, Twitter, maupun Google Plus; cara menyematkan foto Instagram ini harus menggunakan iframe.

Setiap foto di Instagram memiliki halaman sematan masing-masing. Mengaksesnya adalah dengan menambahkan kode "/embed" pada akhir alamat, contohnya: "http://instagram.com/p/sRy6r9ugJS/embed". Di bawah ini adalah halaman sematannya.

Halaman Sematan Instagram

Secara umum, halaman sematan ini responsif terhadap ukuran lebar induknya. Kamu bisa mengaturnya sesuai keinginanmu. Berikut ini cara menyematkannya.

See the Pen KaDrC by Iskandar Dzulkarnain (@iskael) on CodePen.

Cek di bagian tab HTML-nya. Ubah sesuaikan alamat foto sesuai keinginanmu. Agar tidak terjadi pengguliran, maka sesuaikan pula ukuran lebar dan tinggi dari iframe yang kamu buat. Rumus agar tidak terjadi pengguliran pada penyematan foto Instagram ini adalah: "tinggi = lebar + 98px". Jadi apabila lebarnya adalah 400px, maka tingginya adalah 498px.

Bagaimana? Mudah, 'kan? Selamat mencoba :)

4 komentar:

  1. lihat titik segitiga di sebelah form komentar? nah itu fitur embed di instagram

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan titik segitiga, tapi titik berjumlah tiga :)

      Hapus
  2. apa bedanya blog instagram dengan blogger ????

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia