9 Apr 2014

10 Tip Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Percaya atau tidak, jumlah pengujung blog juga bisa memotivasi kamu untuk selalu memperbaiki kualitas blog kamu. Mulai dari segi cara menulis, bahasa tulisan, desain blog, dan banyak lagi lainnya. Seberapa pentingkah jumlah pengunjung blog bagi seorang blogger? Tentu hal ini sangat penting.

Selain untuk prestise, jumlah pengunjung blog bisa mendatangkan rejeki tak terduga. Banyak macam rejeki yang bisa kamu dapatkan, misalnya: uang, ilmu baru, dan pertemanan. Namun, pernahkah kamu berpikir tentang cara meningkatkan jumlah pengunjung blog? Tentu bertambahnya jumlah pengunjung blog tidaklah serta merta, ada kiat-kiat khusus yang harus dilakukan. Apa saja itu? Mau tahu? Berikut ini adalah 10 tip meningkatkan jumlah pengunjung blog ala Iskael.

10 Tip Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Banyak sekali tip untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog. Iskael merangkumnya menjadi 10 tip yang dianggap terpenting. Berikut ini poin-poinnya.

1. Judul Artikel yang Provokatif

Percayakah kamu bahwa dengan judul yang provokatif, pengunjung akan betah di blog-mu. Pengunjung juga akan tergoda untuk mengeklik artikel yang kamu bagikan di media sosial. Bagaimanakah tip membuat judul yang provokatif? Caranya mudah, bubuhkan kata-kata yang bombastis namun tidak lebay. Berikut ini adalah contoh judul artikel yang provokatif.
  • 5 Cara Cewek Menaklukkan Cowok Idamannya
  • Inilah Alasan Mengapa Cewek Cantik Berpacaran dengan Cowok Jelek
  • 10 Cara Kaya Melalui Ngeblog
  • 10 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Tidur
  • Inilah Alasan Mengapa Jokowi Tak 'Kan Jadi Presiden 2014-2019
  • 5 Rahasia Mengapa Cewek Mandinya Lama
Jika kamu melihat contoh di atas, tentu kamu atau orang lain jadi gatal untuk mengeklik artikel yang kamu bagikan. Judul yang provokatif biasanya dimulai dengan angka, kalimat yang bermuatan kata inilah, alasan, rahasia, cara, dan banyak lagi variasi yang menggugah pembaca untuk tertarik.

2. Konten Artikel yang Persuasif

Selain judul yang provokatif, konten yang persuatif juga sangat penting. Pernahkah kamu menyadari bahwa tulisan itu bisa mengubah motivasi seseorang? Tulisan juga bisa mengubah suasana hati pembacanya. Artikel seperti inilah artikel yang ampuh. Ketika artikel itu dibaca maka pembaca larut dalam pembahasan yang kamu buat. Kamu bisa mengendalikan pembaca sesuai dengan pola pikirmu.


Itulah mengapa ada perkataan "kamu adalah yang kamu baca". Kebanyakan manusia akan meniru pola pikir penulis dari buku-buku yang dibacanya. Di zaman internet ini, maka banyak sekali promosi melalui blog-blog pribadi. Mengapa hal itu terjadi? Karena penuturan melalui blog pribadi terkesan lebih jujur, walau kadang ada yang dimanipulasi; namun tetap terkesan lebih jujur.

Dengan konten artikel yang persuasif, tidak menutup kemungkinan pengunjung akan berlangganan artikel kamu melalui email atau mengikuti melalui dasbornya. Apabila kamu sudah mendapatkan pengunjung setia, bukan tidak mungkin pengunjungmu akan berlipat ganda karena pengunjung setiamu akan membagikannya di media sosial tanpa disuruh. Menakjubkan, 'kan?

3. Gunakan Bahasa yang Ringan

Bahasa yang ringan juga mempermudah pengunjung kamu untuk memahami apa yang kamu tulis. Bagaimanakah kriteria bahasa yang ringan? Bahasa yang ringan tidak menggunakan istilah-istilah yang tidak biasa digunakan, salah satunya bahasa gaul dan bahasa alay. Seandainya terpaksa menggunakan istilah yang tidak lazim, sertakan pula penjelasannya.


4. Sediakan Kotak Komentar

Percaya atau tidak, ketersediaan kotak komentar di blog kamu ternyata mempengaruhi jumlah pengunjung kamu. Biasanya pengunjung tidak seberapa suka jika tidak bisa mengomentari tulisan kamu. Saya juga pernah mendapatkan kritik dari pembaca saya via Twitter gara-gara fitur komentar saya hilangkan.



5. Tanggapi Komentar Pengunjung

Pengalaman saya selama mengasuh blog pribadi, ternyata ada pengunjung yang berlangganan komentar. Mereka akan kembali ketika komentar mereka mendapat tanggapan darimu. Nah, inilah yang menambah klik di blog kamu. Selain itu, menanggapi komentar pengunjung akan mengesankan bahwa kamu adalah narablog yang ramah.

6. Bagikan Artikel ke Media Sosial

Jangan anggap media sosial tidak mempunyai manfaat. Bahkan jika dihitung, media sosial lebih banyak mendatangkan pengunjung daripada mesin pencari. Menyebarkan artikel secara viral di media sosial adalah cara yang ampuh. Bahkan saya pernah melihat pengakuan seorang blogger yang pengunjungnya naik tajam gara-gara artikel berjudul provokatif yang dibagikan di media sosial.

7. Blogwalking

Bagi kamu yang sudah lama menyelam di dunia per-blog-an, blogwalking adalah istilah yang lazim. Blogwalking merupakan cara yang ampuh untuk mencari teman ngeblog, ide, ilmu, bahkan uang. Kamu bisa mengenalkan blog kamu ke orang lain melalui blogwalking. Ketika melakukan blogwalking, jangan lupa untuk meninggalkan komentar. Fungsinya adalah untuk merangsang pembaca lainnya untuk mengunjungi blog kamu. Percaya atau tidak, dengan blogwalking ini saya bisa mendapatkan istri. Menakjubkan, 'kan? #tersipu

8. Bergabunglah dengan Komunitas Blogger

Jika kamu melakukan blogwalking secara acak, itu bukan hal yang mudah. Jika kamu ingin blogwalking secara terstruktur dan tertarget, bergabunglah dengan komunitas blogger sesuai dengan niche blog kamu. Kamu akan lebih mudah menemukan teman sehobi dan mengakselerasi jumlah pengunjung blog kamu. Bukankah ikan akan lebih mudah di air daripada di darat?!

9. Perbaiki Navigasi Blog Kamu

Navigasi? Ya, dengan navigasi pengunjung akan lebih mudah berselancar di blog kamu. Biasanya pengunjung akan mencari tahu siapa sih sebenarnya narablog yang dia kunjungi. Pengunjung akan mencari menu "Tentangku", "About Me", "About Us", atau yang semisalnya. Dengan navigasi yang baik, kamu juga bisa meletakkan blog kamu yang lainnya di menu navigasi. Dengan cara itu, blog kamu yang lain akan mendapatkan referensi kunjungan.

10. Tampilan Blog yang Nyaman Dilihat

Tampilan blog yang bagus akan membuat pengunjung betah di blog kamu. Bahkan dia akan jatuh cinta dengan tampilan kamu. Beberapa orang akan iseng melakukan "View Page Source" atau "Inspect Elements" karena ingin meniru gaya tampilan blog kamu. Lalu bagaimanakah tampilan blog yang nyaman dilihat? Blog yang nyaman dilihat adalah blog yang mempunyai tipografi dan pilihan warna yang tepat. Gunakan tipografi yang mudah dibaca. Pilihlah warna yang tidak mencolok dan menyakitkan mata.

Bagaimana menurutmu 10 tip meningkatkan jumlah pengunjung blog di atas? Mudah dibaca namun sulit dilakukan, 'kan? Namun bukan berarti tidak bisa menerapkan semua hal di atas lalu meninggalkan seluruhnya. Selamat mencoba :)

28 komentar:

  1. Setuju sama semua point-point diatas, dengan begitu SEO pun didapat.

    BalasHapus
  2. Saya setuju dengan Poin 3 nya. Namun pada prinsipnya semuanya oke bangeds. Mengapa saya suka dengan nomor 3 karena Bahasa Ya Bahasa memang harus mudah dimengerti. Seperti kata salah seroang pembicara dalam seminar Bahasa bilang "tulisan harus bisa dipahami oleh mereka yang awam, namun tidak membosankan bagi mereka yang pakar"

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itulah yang susah kang Asep
      mudah dipahami awam, dan tidak membosankan pakar :)

      Hapus
  3. Memang, judul yang diawali angka sering kali lebih menarik. Aku sendiri juga sering penasaran dengan judul-judul semacam itu. Cuma, yang agak dilematis, bahasa Indonesia baku tidak membolehkan angka di awal kalimat, termasuk judul. Tulisan di naskah, misalnya, "5 Rahasia Bla-bla-bla" akan diubah menjadi "Lima Rahasia Bla-bla-bla". Itu di naskah sih, kalau di blog mungkin bisa gak terlalu terpaku aturan semacam itu ya.

    Btw, kamu termasuk satu di antara sedikit orang yang benar menulis "Tip". Kebanyakan blogger yang kutemui selama ini biasanya menulis "Tips". :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, aku tahu itu Hoed
      tidak boleh ada angka di depan judul atau awal kalimat, karena nantinya malah ga ada huruf kapitalnya kan :D
      kalo masalah tip, sebenarnya dari dulu udah tahu ... tapi kadang lupa karena kebiasaan bilang tips
      nulis tip pun kadang rasanya aneh, tapi itulah kebenaran ... walau aneh, tapi tetap kebenaran, hehe

      Hapus
  4. syaratku untuk blogger pemula:

    jgn berharap bisa langsung dapat pengunjung, tetap semangat menulis....
    blogwalking 1-2 blog cukup ...
    kalau ga ada yg komentar, tetap semangat menulis
    posting blog di sosial media

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tentu lah yo :)
      aku dulu pertama kali ngeblog, pengunjungnya cuma kamu doang, hehe

      Hapus
  5. Mas, aku tunggu artikel berjudul: mengapa cwek cantik brpacaran dg Cowok Jelek. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu bukan spesialisasi saya :D
      tanyakan saja ke twitter @noffret

      Hapus
  6. kalau menurut saia, blogwalking + SEO yg paling banyak menghasilkan pengunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul :)
      SEO itu general, coba kalo dijabarkan :P
      pasti menyangkut poin2 yang saya jelaskan di atas
      ya kan? ;)

      Hapus
  7. bener banget nih,,,boleh tukeran link ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, blog ini tidak menyediakan tukeran link :)

      Hapus
  8. Gimana kalo kontennya NERD banget... Serius dan Technical banget.. Susah tuh bikin jdul yang provokatif!

    Paling-paling: "Cara nginstal anu...."

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap bisa kug
      misalkan: "Cara mudah nginstal Windows 7 dalam waktu 5 menit" :D
      padahal ga bisa kan nginstal Windows 7 secepat itu :P

      Hapus
    2. Berarti kata kuncinya bukan hanya Windows 7 nya... tapi "Cara Cepat", "Cara Mudah", "Cara gila...." dan lain-lain?

      Hapus
    3. iya, istilahnya itu adalah kata2 sakti
      bikin orang yang baca pengen ngeklik :D

      Hapus
  9. Makasih infonya.... berguna banget.... meski sudah lama ngeblog, saya masih suka mood2xan dan nggak serius memikirkan traffic...... ada yang baca syukur...nggak juga ya nggak papa... musti lebih serius kayaknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu saya ngeblog juga gitu
      asal nulis, ga peduli ada yang baca atau enggak :)
      tapi kemudian berubah, ketika telah mengenal banyak teman ngeblog

      Hapus
  10. aduuhh gan ane belum nyoba untuk buat artikel, ane coba buat deh kayaknya mengiurkan kalo buat artikel dibanding yang lain. makasih gan infonya ane mau coba.

    BalasHapus
  11. Mantap sekali ulasan tips meningkatkan pengunjungnya sob...hehe :D

    BalasHapus
  12. mas saya
    biar pada bagian show label
    dapet kita batasi tidak?

    seumpama sy ingin menampilkan LABEL teknologi, tapi yang tampil pada hanya 4 postingan saja

    itu bagaiman?

    artikelnya bagus mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah pernah saya tulis di blog ini kug
      silakan ikuti link di bawah ini

      Membatasi Hasil Pencarian di Blogger

      namun di sana saya kasih contohnya mengenai Search
      hal itu dapat diterapkan juga dilabel, dengan menambahkan "?max-results=4" (jika ingin menampilkan 4 post)

      saya juga sudah menerapkannya di blog ini, coba cek di bagian menu atas :)
      kamu akan menjumpai URL seperti ini:

      http://www.iskael.com/search/label/Template?max-results=5

      Hapus
  13. mantap mas iskael. sangat bagus saya suka kok dengan tulisannya dan tentu saja sangat menggugah untuk mencobanya itu.. sip

    BalasHapus
  14. 10 tips menambah pengunjung ini bagus banget dan patut untuk dicoba namun saya kesulitan dalam hal membalas komentar pengunjung ini disebabkan karena kesibukan saya bang. makasih atas tips nya bang!

    BalasHapus
  15. setelah saya coba alhamdulillah tips anda mujarrab pak terimakasih banyak atas ilmunya semoga bermamfaat dan semoga anda diberi kesuksesan selalu amin.

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia