18 Mar 2014

Cara Follow Blog via Dasbor Blogger

Dulu, widget Follower pada Blogger sangatlah digandrungi oleh para narablog. Namun, kini widget tersebut sudah mulai ditanggalkan. Hal ini karena Google+ yang sistem follow-nya masih membingungkan dan terkesan tanpa arah. Widget Follower pun masih bisa kamu temui dengan menambahkan gadget melalui Tata Letak di Dasbor.

Jika dulu follower adalah parameter blog tersebut tenar atau tidak, kini ketenaran sebuah blog diukur dari berapa jumlah "like" fanpage Facebook blog tersebut. Tak hanya itu, ketenaran blog juga diukur dari jumlah follower akun Twitter blog. Hegemoni media sosial ini makin terasa tiap harinya. Hal inilah yang membuat Google kehilangan arah dalam membuat widget media sosial yang tepat. Jika kamu memasang widget Google+, kamu akan menemui "Follow" dan "+1". Saya pun juga tidak tahu apa beda dan manfaatnya.

Baca juga: Cara Unfollow Blog via blogID Blogger

Hal ini menjadi dilema bagi blogger lama yang lebih suka dengan mekanisme follow blog seperti dulu. Saya pun sempat mendapat masukan dari pengunjung yang menanyakan bagaimana dia jika ingin mengikuti blog ini. Di blog ini kamu bisa mengeklik ikon paling kanan di bagian atas blog ini.

Cara Follow Blog Iskael

Namun, bagaimana jika ternyata saya ingin mengikuti blog yang tidak ada widget Follower-nya atau saya ingin mengikuti blog yang tidak menggunakan platform Blogger? Berikut ini adalah caranya.

Cara Follow Blog via Dasbor Blogger

Cara ini sangatlah mudah dan sederhana, namun banyak blogger yang tidak menyadari fitur Blogger yang satu ini. Dengan cara ini, kamu tidak hanya bisa mengikuti blog yang berplatform Blogger saja, tapi kamu bisa mengikuti blog atau situs lain yang berplatform non-Blogger. Saya pun juga mengikuti banyak blog berplatform WordPress menggunakan Dasbor Blogger saya.

Pertama, kamu masuk ke dalam Dasbor Blogger. Setelah itu perhatikan di bagian "Daftar Bacaan". Kamu akan melihat ada tombol "Tambahkan".

Tambahkan

Lalu klik "Tambahkan". Kamu akan melihat popup seperti di bawah ini.

Isi URL Blog

Lalu kamu isi alamat website atau blog yang ingin kamu ikuti. Setelah itu, klik "Ikuti".

Daftar Bacaan

Setelah itu kamu akan melihat entri paling baru dari blog yang baru saja kamu ikuti. Mudah bukan? Selamat mencoba :)

14 komentar:

  1. Udah tak coba John. Sip!

    Terus, sekalian nanya nih, kalau umpama kita ingin meng-unfollow sebuah blog lewat prosedur gitu, caranya gimana John?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, aku sudah menduganya akan ada pertanyaan seperti ini :)
      cek aja entriku yang terbaru tentang unfollow di sini

      Hapus
  2. aku musti buka entri blog ini via IE john, karena di Chrome aku pasang adblock plus yang memblokir tak hanya iklan tapi juga ikon2 sosmed

    jadi di chrome aku ga nemu sebelah kanan kotak cari apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow :D
      kug bisa yah
      malah ga enak dong kalo icon sosmed ga bisa liat :v

      Hapus
  3. John, aku kan pernah follow blog orang pakai cara ini. Blog yang aku follow itu pakai platform Blogspot. Tapi anehnya feed-nya gak pernah muncul di dasborku. Terus aku coba follow langsung ke widget blognya. Follow secara pribadi, jadi si blogger gak tahu. Hasilnya sama aja, feed blog itu gak pernah muncul di dasborku.

    Karena penasaran, aku coba follow pakai akun gmail lain. Juga follow secara pribadi. Hasilnya bisa, feed blog itu muncul di dasbor sebagaimana mestinya.

    Itu kira-kira kenapa, John, kok bisa kayak gitu? Apa mungkin dia memblokir akunku? (di Blogspot kan ada fitur untuk memblokir follower yang gak diinginkan). Tapi kalau pun iya, gimana dia bisa memblokir akunku, wong dia gak tahu aku mem-follow blognya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya dia blokir gmail kamu yang pertama Hoed
      follow secara pribadi tetap aja ngaruh kalo emailnya sama dengan yang follow pertama

      Hapus
    2. Setahuku, kita bisa memblokir alamat email seseorang di Gmail kalau orang itu sebelumnya pernah berkirim email ke kita. Bener gak, John? Nah, aku gak pernah kirim email ke blogger itu, apa dia bisa memblokir alamat emailku? Atau bagaimana cara dia memblokir emailku kalau sebelumnya aku gak pernah kirim email ke dia?

      Hapus
    3. yup
      begini caranya: add contact di gmail, lalu block :D

      Hapus
  4. Gak paham, John. Barusan udah tak praktekin bolak-balik, tapi tetap aja aku gak paham gimana caranya kita bisa memblokir email orang, padahal dia belum pernah kirim email ke kita. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya harus aku bikin tutorialnya yah :D

      Hapus
    2. Ya, John, tak tunggu.

      Sekalian perjelas hal ini: Apakah jika kita memblokir akun email seseorang di Gmail, secara otomatis akun itu juga akan terblokir juga di Blogger? Memang sih, Gmail dan Blogger sama-sama dimiliki Google. Tapi itu kan dua platform yang berbeda.

      Biar nanti tutorialnya makin lengkap, jelasin juga yang ini: Jika kita blokir akun Gmail seseorang, dan secara otomatis akunnya di Blogger ikut keblokir, berarti orang itu gak bisa koment di blog kita dong? Atau gimana?

      Tengkyu sebelumnya.

      Hapus
    3. kalo harus ngetes sampe di akun Blogger-nya, berarti harus bikin akun gmail baru nih :D
      benar-benar kayak riset aja, hehe
      semoga aja ada waktu senggang buat ngetes ini ;) #soksibuk

      Hapus
    4. Hahahaaa, ya nggak usah bikin akun baru lah. Kamu pake aja akun Gmail istrimu, atau akun Gmail punyamu yang lain. Coba blokir akun itu, dan lihat hasilnya. Setelah postingnya selesai, buka blokirnya. Gmail kan punya fasilitas untuk membatalkan blokir akun yang kita lakukan. :D

      Hapus
    5. kalo pake akun gmail istriku, kan udah pernah kirim email ke aku :D
      jadi kurang pas

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia