19 Mar 2014

Cara Unfollow Blog melalui blogID Blogger

Terkadang kamu perlu untuk melakukan unfollow terhadap blog yang tidak menarik lagi bagimu. Salah satunya hal yang membuat kamu tidak tertarik adalah blog tersebut dihapus oleh pemiliknya, namun tetap saja meninggalkan sejarah di dasbor kamu. Kamu bisa meng-unfollow blog tersebut.

Sebelumnya, saya pernah menulis tentang Cara Unfollow Blog di blog Persona Intikalia (blog pribadi saya). Namun, ternyata tidak semua orang sukses melakukan unfollow melalui Dasbor Blogger. Saya pernah mengalami kegagalan unfollow saat saya masih menggunakan akun Google saya yang lama. Akun tersebut menggunakan tampilan draft Blogger. Sialnya saat Blogger melakukan update antarmuka, pengaturannya menjadi kacau balau. Akhirnya saya memutuskan untuk hijrah akun Google.

Dulu saya tidak mengerti cara unik unfollow blog yang akan saya jelaskan di bawah ini. Jika kamu mengalami hal serupa, kamu tidak perlu hijrah akun. Cara ini sedikit merepotkan, namun dijamin tokcer. Cara ini adalah cara unfollow blog melalui blogID-nya. Berikut ini ulasannya.

Cara Unfollow Blog melalui blogID

Disadari atau tidak, setiap blog di Blogger tentu memiliki blogID yang unik. BlogID inilah yang digunakan Blogger untuk mengatur segala hal mengenai identitas blog tersebut. Cara unfollow blog melalui blogID sebenarnya sama dengan cara follow blog melalui blogID. Jika kamu telah melakukan follow terhadap blog ini, kamu bisa mengeklik tautan ini untuk unfollow. Kamu akan menjumpai tampilan seperti di bawah ini.

Unfollow Blog Iskael

Klik "Berhenti Mengikuti" untuk unfollow. Lantas di mana letak rahasianya? Perhatikan URL yang tampil di address bar browser kamu. URL yang tampil seperti ini.

https://www.blogger.com/follow-blog.g?blogID=7542206278310351721

Deretan angka tebal berwarna biru tersebut adalah blogID blog Iskael ini. Kamu bisa mengganti dengan blogID blog yang akan kamu unfollow. Bagaimana kamu bisa mengetahui blogID sebuah blog? Berikut ini adalah caranya.

Cara Mengetahui blogID Sebuah Blog

Berikut ini adalah cara mengetahui blogID sebuah blog. Cara ini saya dapatkan secara empiris. Pertama, buka blog yang ingin kamu unfollow. Lalu tekan "Ctrl. U" untuk melihat Page Source blog tersebut. Lalu cari (tekan Ctrl. F) dengan kata kunci "service.post".

Deteksi blogID Blogger

BlogID bisa kamu dapatkan pada bagian angka seperti gambar di atas. Mudah bukan? Selamat mencoba :)

14 komentar:

  1. Yang Blogspot, cara unfollow gini bisa sukses, John. Barusan udah tak praktekin langsung. Tapi gimana yang non-Blogspot?

    Misal kita pernah follow web/blog non-Blogspot lewat dashboard, terus ingin unfollow. Itu caranya gimana? Soalnya aku ngalamin hal ini. Blog yang aku follow itu ternyata gak bisa diakses lewat dashboard (entah kenapa), tapi juga aku gak tahu gimana cara unfollow-nya. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itulah dilemanya
      aku tadi masuk dasbor lalu klik link https://www.blogger.com/manage-blogs-following.g (gambar gerigi di sebelah kanan daftar bacaan)
      bisa sih masuk di lamannya, lalu klik "Pengaturan"
      kemudian muncul popup, disuruh login akun Google
      lalu setelah itu ada tulisan "Maaf bla bla bla", intinya halaman itu tidak bisa diakses lagi :(

      Hapus
  2. oh ini ceritanya di blog tersebut ga ada widget follow/unfollow jadi kita unfollow pakai id (cara diatas)

    #kangenblogspot

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, begitulah yo :)
      dan dasbor Blogger udah aneh
      unfollow lewat dasbor gagal mulu

      Hapus
  3. akhirnya ketemu juga caranya. makasih gan dah di share...

    BalasHapus
  4. .. aq mau tanya,, aq tuch gak pernah follow,, tapi napa ada salah satu blog malah nimbrung di home aq?!? lalu waktu aq coba kayak gitu,, namun aq malah gak follow blog itu. itu kayak gimana ya?!? mohon bantuan nya,, makasih,, ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, saya gagal paham dalam memahami pertanyaanmu :D

      Hapus
  5. Buat blog yg udah dihapus kox gax ada id nya gan?

    BalasHapus
  6. Numpang tanya, John. Sori kalo OOT. Soalnya penasaran.

    Di Blogger/Blogspot kan ada sarana untuk mem-follow blog lain ya, terus kita bisa memantau blog-blog mana saja yang update, entah di Blogspot, Wordpress, atau lainnya. Nah, kalau di Wordpress, ada sarana kayak gitu juga nggak? thanks.

    *blogger newbie belum pernah pake WP*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kug Hoed
      thanks buat pertanyaannya
      bisa jadi ide buat bikin entri baru lagi :D

      Hapus
  7. terimakasih banget lho gan, buat tipsnya... newbie mau coba praktekan dulu

    BalasHapus
  8. .Berhasil gan, untung blog si agan ada di page one google. :D
    .Thanks yoo gan. :)

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia