17 Nov 2013

Tips Merawat Baterai MacBook

Siapa sih yang tidak ingin agar baterai MacBook-nya awet. Bagi orang yang mempunyai MacBook, terkadang MacBook sudah selayaknya pacarnya sendiri #pengalamanpribadi. Kamu tidak bisa membayangkan bagaimana ketika MacBook-mu sudah tidak bisa memuaskan dirimu karena daya tahan baterai yang jauh melemah. Bahkan pengalaman teman saya punya MacBook tapi baterainya hanya bertahan 30 menit. Naas bukan?

Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat baterai MacBook yang benar. Banyak sekali anggapan-anggapan masyarakat yang salah tentang bagaimana cara merawat baterai laptop, apalagi MacBook. Berikut adalah ulasannya.

Mengecek Cycle Count Baterai MacBook

Pernah tahu apa yang dimaksud dengan Cycle Count? Mungkin istilah ini belum akrab bagi kamu yang bukan pengguna atau pengguna baru MacBook. Cycle Count adalah jumlah berapa kali diisi baterai MacBook-mu. Cycle Count ini terkadang juga digunakan untuk mengetahui sering atau tidaknya MacBook tersebut dipakai, layaknya Speedometer pada kendaraan bermotor.

Berikut ini adalah cara mengecek Cycle Count di MacBook-mu. Klik lambang apel yang ada di pojok kiri atas. Lalu pilih "About This Mac".


 Setelah itu akan muncul popup seperti di bawah ini. Klik pada "More Info... ".


Setelah itu akan muncul popup lagi seperti di bawah ini. Klik pada "System Report... ".


Kemudian akan muncul banyak informasi mengenai perangkat keras MacBook-mu. Klik pada tab "Power" lalu perhatikan "Cycle Count". Dalam kasus ini, MacBook-ku mempunyai Cycle Count sejumlah 777. Cycle Count 777 ini didapat karena sudah aktif beroperasi sejak Juni 2011 lalu.


Biasanya, Cycle Count yang masih di bawah angka 300 kondisi baterai masih 100% bekerja dengan baik. Jika kasusnya Cycle Count sudah mencapai 777, maka baterai kemampuannya sudah tidak 100% lagi; mungkin 80%.

Tips Merawat Baterai MacBook

Setelah mengetahui tentang Cycle Count, kesimpulannya adalah bagaimana cara meminimalisasi pertambahan Cycle Count ini dengan cara memperhatikan cara pengisian baterai MacBook. Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan melepas baterai laptop, agar baterai tidak boros. Padahal cara ini adalah cara yang paling berbahaya. Mengapa berbahaya?

Pernahkah kamu berpikir jika kamu melepas baterai dan mengandalkan sumber daya dari charger? Tentu apabila terjadi mati lampu, maka laptop-mu akan mati secara tiba-tiba. Hal ini sangat berdampak buruk pada Harddisk dan Motherboard. Bisa kamu bayangkan berapa harga Motherboard apabila rusak? Tentu jauh lebih mahal dari harga baterai.

Untungnya, sebagian besar MacBook menggunakan unibody. Kamu dipaksa untuk tidak bisa melepas baterai, kecuali dengan melepas skrup-skrup terlebih dahulu. Sungguh merepotkan, 'kan?

Maka cara yang paling tepat adalah dengan melakukan pengisian yang wajar. Apabila baterai sudah menunjukkan peringatan akan habis, segera charge. Lantas, ketika sudah penuh 100%, apakah langsung dicopot? Tidak. Mencopot charger ketika mencapai 100% adalah tindakan yang kurang tepat. Hal ini tidak akan merusak baterai, namun akan mempercepat laju Cycle Count.

Langkah yang tepat adalah dengan membiarkannya terus terpasang. Hingga kapan? Hingga tanda baterai melakukan hitungan balik. Ketika diisi, baterai akan penuh hingga 100%. Setelah itu, MacBook akan mengambil daya langsung dari charger. Di dalam sistem Mac OS, terdapat sistem yang unik, yang melakukan hitungan mundur. Kamu akan melihat tanda tetap hijau di penanda charger, namun persen baterai akan berkurang, tidak lagi 100%. Ketika tanda baterai mencapai 95%, maka saat itulah saat yang tepat untuk melepas charger.

Lalu gunakan MacBook-mu tanpa terhubung dengan charger. Apabila baterai mencapai sekitar 23%, lakukan pengisian kembali. Lakukan hal yang sama apabila telah mencapai 100%. Cara seperti ini akan menghambat laju Cycle Count MacBook-mu.

Kalibrasi Baterai MacBook Sebulan Sekali

Jika kamu sudah melakukan tips tersebut, jangan lupa untuk melakukan kalibrasi baterai MacBook sebulan setidaknya sekali. Kalibrasi ini dilakukan agar baterai MacBook-mu tetap sehat. Bagaimana cara melakukan kalibrasi baterai? Caranya adalah dengan memakai MacBook hingga baterai mencapai 5% tanpa charging. Setelah mencapai 5%, lakukan lagi pengisian sebagaimana tips yang saya paparkan di atas. Cara ini digunakan agar sel-sel baterai bekerja sebagaimana mestinya.

Tips Menghemat Cycle Count Lainnya

Selain itu, tips menghemat Cycle Count lainnya adalah dengan tidak mematikan MacBook apabila akan digunakan dalam jangka waktu dekat. Cukup lakukan sleep, dengan menutup MacBook. Namun, apabila kamu bepergian lebih baik matikan MacBook. Hal ini dilakukan untuk menghindari guncangan saat bepergian yang dapat mengganggu kerja Harddisk.

Itulah tips yang bisa saya bagikan tentang merawat baterai MacBook berdasarkan yang saya ketahui dan saya alami mulai tahun 2009 hingga 2013 ini. Semoga bermanfaat :)

39 komentar:

  1. maksudnya gimana kan, katanya kalo charger 100% jangn dlu dicabut tapi akan mempercepat laju cycle count., tapi kok dibawahnya bilang lakukan hal ini disaat baterai 23% dan ketika sudah 100% lakuan hal diatas, akan memperlambat laju cycle countnya..

    Mhon penjelasannya

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, fungsinya agar saat 23% bateraimu tidak drop
      cycle count itu bertambah ketika selisihnya mencapai 100%
      jadi ketika 23% ke 100%, selisihnya bukan 100% tapi 77%
      setidaknya menghemat hingga 23% penambahan cycle count

      Hapus
  2. gan kalo cycle count sudah 500 an apa memungkinkan dengan kalibrasi untuk paling tidak melaju ke arah yg lebih parah? atau hanya untuk menyehatkan batre aja dg kalibrasi tsb, thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. cycle count itu akan terus bertambah, hanya saja lajunya cepat atau lambat
      kalo pengen lajunya lambat, ikutin saranku yang sudah aku tulis di artikel ini
      kalibrasi hanya untuk mengembalikan kinerja baterai saja, biar 100% bener2 100%

      Hapus
  3. saya baru menyadari pentingnya kalibrasi, saya tidak melakukan kalibrasi selama ini. bagaimana mengembalikan performa batere mac saya, saat ini cycle count saya sudah 730 dan mungkin akan bertambah.. mohon di jawab yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena nasi sudah menjadi bubur tentu saja tidak bisa mengubah cycle count menjadi lebih kecil lagi
      yang jelas masih bisa mempertahankan agar laju perubahannya ga drastis aja
      caranya? dengan melakukan proses charging yang benar serta melakukan kalibrasi sebulan sekali

      btw, cycle count saya sudah 1194 loh :P
      naik sekitar 350 dalam setahun
      kalo hanya 730 menurutku masih aman2 saja
      punyaku masih bisa bertahan sekitar 4 jam-an dibuat kerja

      Hapus
  4. sya baru ganti baterai baru gan apakah perlu di kalibrasi terlebih dahulu, kok cuma bertahan 4 jam , pemakaian normal cuma buat browsing safari, baterai yang lama melembung gara 2 sering over charge

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja kalibrasi terlebih dahulu
      setahuku sih kalo batere baru yang original lama
      mungkin kamu beli yang bukan original, jadi ketahanannya beda

      Hapus
  5. Gan kalo di baterai nya ada tanda silang gimana tanda "x" kalau udah begitu maka performance mac cepeeet banget gan ., tapi waktu di restar macbook nya baik lagi gan mulai ngehitung bateinya., tapi tanda x itu bisa merusak batrai gak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanda x itu kemungkinan macbook ga detek baterai kamu
      biasanya habis copot baterai atau lagi charging tapi posisinya ga bener
      kalo sampe ngerusak, kayaknya enggak deh

      Hapus
  6. Gan saya baca artikel Anda biarkan Charger terpasang sampai meskipun batree sudah 100% hingga tanda persentase kembali menurun hingga 95%.
    Saya pernah tidak melepas chargernya semalaman dan angka 100% tersebut tidak turun-turun dari 100%. Mohon penjelasannya gan..
    Saya pake macbook air 11,6"

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga turun2 ya biarkan sama di-charge
      konsumsinya langsung dari adaptornya, bukan dari baterai
      turun %-nya itu kalo emang bener2 udah penuh, dan itu harus dicabut

      Hapus
    2. Terimakasih gan atas penjelasannya...
      Satu lagi sy mau tanya, saat macbook kita di charger belum 100% kemudian kita matikan karna mau ditinggal tidur, apakah sebaiknya tetap di charger atau chargernya dilepas aja? karena nanti pasti lama di charger padahal 1 jam saja udah full. Namun kalau tidak di charger kondisi baterai belum 100%

      Hapus
    3. charger-nya dilepas aja, karena kita ga tahu lama tidurnya :D
      kondisi baterai belum 100% juga tidak masalah kug, kan besok kalo pake bisa dicharge lagi :)

      Hapus
  7. Gan saya kan rencana mau ambil mac md 101 dengan harga 8,7 jt, menurut anda bagusan saya ambil laptop merek lain dengan kondisi baru dengan harga di atas apa tetep ambil itu mac second tahun 2012 (md101). Mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending beli macbook yang baru mas :)
      kalo macbook bekas, mas ga tahu sejarahnya dia diapain aja sama yang punya :D
      kecuali mas kenal dan tahu riwayat macbook tersebut

      Hapus
  8. Bro knpa macbook sya tidak mengisi lampu casnya tdk menyala tp di bar battry kyak mengisi tapi tdk mengisi mhon bantuanya bro

    BalasHapus
  9. makasih infonya,, semoga baterai saya ok ok saja

    BalasHapus
  10. Wah membantu banget artikel ini, saya kebetulan pengguna baru macbook jadi paham tentang merawat batre mevbook saya ..
    Terimakasih ..

    BalasHapus
  11. Gan, batre Mac Book ane ada tanda Xnya kenapa yaa.
    Usia Mac Book baru 3 bulan.
    Ane juga tertib mengisi dan mencabut carger kalo sudah 100%.

    Mohon pencerahannya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar baterainya tidak terpasang dengan baik
      atau kalo ga berarti baterai kondisi rusak

      Hapus
  12. gan...mac saya kenapa ya,charger nya kan terpasang,tpi led nya ga nyala sama baterai nya ga nambah tpi juga ga berkurang,pada hal di menu bar gambar baterai nya lagi ngecas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kamu cek dengan meminjam charger MacBook milik temanmu

      Hapus
  13. Duh.. Pengen beli macbook .. Tp baru tau ada hitungan "cycle" nya... Jadi pikir ulang lg, soalnya bakal sering di panjer

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua laptop juga sama mas
      kalo mau dipanjer mending pake PC

      Hapus
  14. halo, mau tanya kalo dipake buat kerja lama sekitar 8 – 10 jam per hari, recommended pakai macbook atau imac ya? makasih

    BalasHapus
  15. Mas punya saya sudah saya gunakan selama 1 jam setelah baterai sudah 100% dengan kondisi masih ngecharge kok tidak melakukan hitungan mundur ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo..mau Tanya bang
      Gini kemarin saya colok usb ke mac Tiba"Mac saya mati Tiba"nah kalau di charger led charger saya tidak terang dan Mac tidak mau hidup total

      Hapus
    2. baru tahu ada masalah kayak gitu
      aneh banget, masa dicolok USB mati :D

      Hapus
  16. Bang, aku mulai ngecharge MacBook air ku di 4%. Terus, indikator baterai ku setelah dicharge sampai 100% gak turun ke 95%. Notifikasinya cuma : condition: normal ; battery is Charged ; power Source: power adapter ; No apps using significant energy ; show percentage ; Open energy saver preferences


    Pertanyaan: setelah kondisi lampu Charger hijau & indikator baterai ketika MacBook nyala sudah 100%...
    1. berapa lama lagi Charger masih harus dicolok?
    2. Kalo udah dicabut chargernya dari laptop, terus diapain lagi? Maaf, kurang paham dengan penjelasan di blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. sampe turun ke 95%, kalo misal belum 95% pun juga gapapa dicabut jika memang tidak mau dipakai lagi (selesai kerja)
      2. ya tidak diapa-apain gan, dipakai seperti biasanya :)

      Hapus
  17. Gan kira-kira butuh waktu berapa lama jika di charge sudah 100% tapi gak turun jadi 95% seperti yang mas beritahu. Apa mesti saya lepas chargernya atau tetep terpasang? Saya menggunakan Macbookpro 13 retina display early 2015

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda-beda setiap laptop, saya coba di MacBook dan MacBook Air juga beda hasilnya. Kalo masih mas pakai, mending biarin aja tetap nyolok charger. Tapi kalo memang mau diberesin karena sudah ga pake laptop untuk waktu beberapa jam ke depan, cabut saja.

      Hapus
  18. Gan permisi numpang nanya macbook air saya setiap dicabut chargernya mesti macbooknya mati padahal baterainya penuh 100%.
    dulu pas dibuat kerja dari pagi sampai malem dicas terus,udah setiap hari saya gituin.gan tolong bantu caranya terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, itu baterainya sudah soak gan
      silakan diganti
      eh, tapi gimana gantinya yah, kan udah nyatu yah
      jadi kayaknya harus di servisan apple gan saran saya

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia