Featured Post

Tips Merawat Baterai MacBook

Siapa sih yang tidak ingin agar baterai MacBook-nya awet. Bagi orang yang mempunyai MacBook, terkadang MacBook sudah selayaknya pacarnya sendiri #pengalamanpribadi. Kamu tidak bisa membayangkan bagaimana ketika MacBook-mu sudah tidak bisa memuaskan dirimu karena daya tahan baterai yang jauh melemah. Bahkan pengalaman teman saya punya MacBook tapi baterainya hanya bertahan 30 menit. Naas bukan?

Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat baterai MacBook yang benar. Banyak sekali anggapan-anggapan masyarakat yang salah tentang bagaimana cara merawat baterai laptop, apalagi MacBook. Berikut adalah ulasannya.

Mengecek Cycle Count Baterai MacBook

Pernah tahu apa yang dimaksud dengan Cycle Count? Mungkin istilah ini belum akrab bagi kamu yang bukan pengguna atau pengguna baru MacBook. Cycle Count adalah jumlah berapa kali diisi baterai MacBook-mu. Cycle Count ini terkadang juga digunakan untuk mengetahui sering atau tidaknya MacBook tersebut dipakai, layaknya Speedometer pada kendaraan bermotor.

Berikut ini adalah cara mengecek Cycle Count di MacBook-mu. Klik lambang apel yang ada di pojok kiri atas. Lalu pilih "About This Mac".


 Setelah itu akan muncul popup seperti di bawah ini. Klik pada "More Info... ".


Setelah itu akan muncul popup lagi seperti di bawah ini. Klik pada "System Report... ".


Kemudian akan muncul banyak informasi mengenai perangkat keras MacBook-mu. Klik pada tab "Power" lalu perhatikan "Cycle Count". Dalam kasus ini, MacBook-ku mempunyai Cycle Count sejumlah 777. Cycle Count 777 ini didapat karena sudah aktif beroperasi sejak Juni 2011 lalu.


Biasanya, Cycle Count yang masih di bawah angka 300 kondisi baterai masih 100% bekerja dengan baik. Jika kasusnya Cycle Count sudah mencapai 777, maka baterai kemampuannya sudah tidak 100% lagi; mungkin 80%.

Tips Merawat Baterai MacBook

Setelah mengetahui tentang Cycle Count, kesimpulannya adalah bagaimana cara meminimalisasi pertambahan Cycle Count ini dengan cara memperhatikan cara pengisian baterai MacBook. Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan melepas baterai laptop, agar baterai tidak boros. Padahal cara ini adalah cara yang paling berbahaya. Mengapa berbahaya?

Pernahkah kamu berpikir jika kamu melepas baterai dan mengandalkan sumber daya dari charger? Tentu apabila terjadi mati lampu, maka laptop-mu akan mati secara tiba-tiba. Hal ini sangat berdampak buruk pada Harddisk dan Motherboard. Bisa kamu bayangkan berapa harga Motherboard apabila rusak? Tentu jauh lebih mahal dari harga baterai.

Untungnya, sebagian besar MacBook menggunakan unibody. Kamu dipaksa untuk tidak bisa melepas baterai, kecuali dengan melepas skrup-skrup terlebih dahulu. Sungguh merepotkan, 'kan?

Maka cara yang paling tepat adalah dengan melakukan pengisian yang wajar. Apabila baterai sudah menunjukkan peringatan akan habis, segera charge. Lantas, ketika sudah penuh 100%, apakah langsung dicopot? Tidak. Mencopot charger ketika mencapai 100% adalah tindakan yang kurang tepat. Hal ini tidak akan merusak baterai, namun akan mempercepat laju Cycle Count.

Langkah yang tepat adalah dengan membiarkannya terus terpasang. Hingga kapan? Hingga tanda baterai melakukan hitungan balik. Ketika diisi, baterai akan penuh hingga 100%. Setelah itu, MacBook akan mengambil daya langsung dari charger. Di dalam sistem Mac OS, terdapat sistem yang unik, yang melakukan hitungan mundur. Kamu akan melihat tanda tetap hijau di penanda charger, namun persen baterai akan berkurang, tidak lagi 100%. Ketika tanda baterai mencapai 95%, maka saat itulah saat yang tepat untuk melepas charger.

Lalu gunakan MacBook-mu tanpa terhubung dengan charger. Apabila baterai mencapai sekitar 23%, lakukan pengisian kembali. Lakukan hal yang sama apabila telah mencapai 100%. Cara seperti ini akan menghambat laju Cycle Count MacBook-mu.

Kalibrasi Baterai MacBook Sebulan Sekali

Jika kamu sudah melakukan tips tersebut, jangan lupa untuk melakukan kalibrasi baterai MacBook sebulan setidaknya sekali. Kalibrasi ini dilakukan agar baterai MacBook-mu tetap sehat. Bagaimana cara melakukan kalibrasi baterai? Caranya adalah dengan memakai MacBook hingga baterai mencapai 5% tanpa charging. Setelah mencapai 5%, lakukan lagi pengisian sebagaimana tips yang saya paparkan di atas. Cara ini digunakan agar sel-sel baterai bekerja sebagaimana mestinya.

Tips Menghemat Cycle Count Lainnya

Selain itu, tips menghemat Cycle Count lainnya adalah dengan tidak mematikan MacBook apabila akan digunakan dalam jangka waktu dekat. Cukup lakukan sleep, dengan menutup MacBook. Namun, apabila kamu bepergian lebih baik matikan MacBook. Hal ini dilakukan untuk menghindari guncangan saat bepergian yang dapat mengganggu kerja Harddisk.

Itulah tips yang bisa saya bagikan tentang merawat baterai MacBook berdasarkan yang saya ketahui dan saya alami mulai tahun 2009 hingga 2013 ini. Semoga bermanfaat :)

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. maksudnya gimana kan, katanya kalo charger 100% jangn dlu dicabut tapi akan mempercepat laju cycle count., tapi kok dibawahnya bilang lakukan hal ini disaat baterai 23% dan ketika sudah 100% lakuan hal diatas, akan memperlambat laju cycle countnya..

    Mhon penjelasannya

    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, fungsinya agar saat 23% bateraimu tidak drop
      cycle count itu bertambah ketika selisihnya mencapai 100%
      jadi ketika 23% ke 100%, selisihnya bukan 100% tapi 77%
      setidaknya menghemat hingga 23% penambahan cycle count

      Delete
    2. jadi fungsinya di charge di biarin sampe berkurang jd 95% itu apa om?
      yg bener itu di charge sampe 100% atau sampe berkurang jd 95%?
      trs klo nge charge lebih baik di diemin posisi menyala atau sambil di mainin ?

      Delete
    3. dicharge dulu sampe 100%
      tetap dalam kondisi charging hingga berkurang ke 95% baru dicopot chargernya
      terserah gan diapain aja bisa, dipake atau dibiarin ga masalah
      tapi kebanyakan saya pakai sambil charging

      Delete
  2. gan kalo cycle count sudah 500 an apa memungkinkan dengan kalibrasi untuk paling tidak melaju ke arah yg lebih parah? atau hanya untuk menyehatkan batre aja dg kalibrasi tsb, thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. cycle count itu akan terus bertambah, hanya saja lajunya cepat atau lambat
      kalo pengen lajunya lambat, ikutin saranku yang sudah aku tulis di artikel ini
      kalibrasi hanya untuk mengembalikan kinerja baterai saja, biar 100% bener2 100%

      Delete
  3. saya baru menyadari pentingnya kalibrasi, saya tidak melakukan kalibrasi selama ini. bagaimana mengembalikan performa batere mac saya, saat ini cycle count saya sudah 730 dan mungkin akan bertambah.. mohon di jawab yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena nasi sudah menjadi bubur tentu saja tidak bisa mengubah cycle count menjadi lebih kecil lagi
      yang jelas masih bisa mempertahankan agar laju perubahannya ga drastis aja
      caranya? dengan melakukan proses charging yang benar serta melakukan kalibrasi sebulan sekali

      btw, cycle count saya sudah 1194 loh :P
      naik sekitar 350 dalam setahun
      kalo hanya 730 menurutku masih aman2 saja
      punyaku masih bisa bertahan sekitar 4 jam-an dibuat kerja

      Delete
  4. sya baru ganti baterai baru gan apakah perlu di kalibrasi terlebih dahulu, kok cuma bertahan 4 jam , pemakaian normal cuma buat browsing safari, baterai yang lama melembung gara 2 sering over charge

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kalibrasi terlebih dahulu
      setahuku sih kalo batere baru yang original lama
      mungkin kamu beli yang bukan original, jadi ketahanannya beda

      Delete
  5. Gan kalo di baterai nya ada tanda silang gimana tanda "x" kalau udah begitu maka performance mac cepeeet banget gan ., tapi waktu di restar macbook nya baik lagi gan mulai ngehitung bateinya., tapi tanda x itu bisa merusak batrai gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanda x itu kemungkinan macbook ga detek baterai kamu
      biasanya habis copot baterai atau lagi charging tapi posisinya ga bener
      kalo sampe ngerusak, kayaknya enggak deh

      Delete
  6. Gan saya baca artikel Anda biarkan Charger terpasang sampai meskipun batree sudah 100% hingga tanda persentase kembali menurun hingga 95%.
    Saya pernah tidak melepas chargernya semalaman dan angka 100% tersebut tidak turun-turun dari 100%. Mohon penjelasannya gan..
    Saya pake macbook air 11,6"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ga turun2 ya biarkan sama di-charge
      konsumsinya langsung dari adaptornya, bukan dari baterai
      turun %-nya itu kalo emang bener2 udah penuh, dan itu harus dicabut

      Delete
    2. Terimakasih gan atas penjelasannya...
      Satu lagi sy mau tanya, saat macbook kita di charger belum 100% kemudian kita matikan karna mau ditinggal tidur, apakah sebaiknya tetap di charger atau chargernya dilepas aja? karena nanti pasti lama di charger padahal 1 jam saja udah full. Namun kalau tidak di charger kondisi baterai belum 100%

      Delete
    3. charger-nya dilepas aja, karena kita ga tahu lama tidurnya :D
      kondisi baterai belum 100% juga tidak masalah kug, kan besok kalo pake bisa dicharge lagi :)

      Delete
  7. Gan saya kan rencana mau ambil mac md 101 dengan harga 8,7 jt, menurut anda bagusan saya ambil laptop merek lain dengan kondisi baru dengan harga di atas apa tetep ambil itu mac second tahun 2012 (md101). Mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending beli macbook yang baru mas :)
      kalo macbook bekas, mas ga tahu sejarahnya dia diapain aja sama yang punya :D
      kecuali mas kenal dan tahu riwayat macbook tersebut

      Delete
  8. Bro knpa macbook sya tidak mengisi lampu casnya tdk menyala tp di bar battry kyak mengisi tapi tdk mengisi mhon bantuanya bro

    ReplyDelete
  9. makasih infonya,, semoga baterai saya ok ok saja

    ReplyDelete
  10. Wah membantu banget artikel ini, saya kebetulan pengguna baru macbook jadi paham tentang merawat batre mevbook saya ..
    Terimakasih ..

    ReplyDelete
  11. Gan, batre Mac Book ane ada tanda Xnya kenapa yaa.
    Usia Mac Book baru 3 bulan.
    Ane juga tertib mengisi dan mencabut carger kalo sudah 100%.

    Mohon pencerahannya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar baterainya tidak terpasang dengan baik
      atau kalo ga berarti baterai kondisi rusak

      Delete
  12. gan...mac saya kenapa ya,charger nya kan terpasang,tpi led nya ga nyala sama baterai nya ga nambah tpi juga ga berkurang,pada hal di menu bar gambar baterai nya lagi ngecas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kamu cek dengan meminjam charger MacBook milik temanmu

      Delete
  13. Duh.. Pengen beli macbook .. Tp baru tau ada hitungan "cycle" nya... Jadi pikir ulang lg, soalnya bakal sering di panjer

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua laptop juga sama mas
      kalo mau dipanjer mending pake PC

      Delete
  14. halo, mau tanya kalo dipake buat kerja lama sekitar 8 – 10 jam per hari, recommended pakai macbook atau imac ya? makasih

    ReplyDelete
  15. Mas punya saya sudah saya gunakan selama 1 jam setelah baterai sudah 100% dengan kondisi masih ngecharge kok tidak melakukan hitungan mundur ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, wajar emang kayak gitu

      Delete
    2. Hallo..mau Tanya bang
      Gini kemarin saya colok usb ke mac Tiba"Mac saya mati Tiba"nah kalau di charger led charger saya tidak terang dan Mac tidak mau hidup total

      Delete
    3. baru tahu ada masalah kayak gitu
      aneh banget, masa dicolok USB mati :D

      Delete
  16. Bang, aku mulai ngecharge MacBook air ku di 4%. Terus, indikator baterai ku setelah dicharge sampai 100% gak turun ke 95%. Notifikasinya cuma : condition: normal ; battery is Charged ; power Source: power adapter ; No apps using significant energy ; show percentage ; Open energy saver preferences


    Pertanyaan: setelah kondisi lampu Charger hijau & indikator baterai ketika MacBook nyala sudah 100%...
    1. berapa lama lagi Charger masih harus dicolok?
    2. Kalo udah dicabut chargernya dari laptop, terus diapain lagi? Maaf, kurang paham dengan penjelasan di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. sampe turun ke 95%, kalo misal belum 95% pun juga gapapa dicabut jika memang tidak mau dipakai lagi (selesai kerja)
      2. ya tidak diapa-apain gan, dipakai seperti biasanya :)

      Delete
  17. Gan kira-kira butuh waktu berapa lama jika di charge sudah 100% tapi gak turun jadi 95% seperti yang mas beritahu. Apa mesti saya lepas chargernya atau tetep terpasang? Saya menggunakan Macbookpro 13 retina display early 2015

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda-beda setiap laptop, saya coba di MacBook dan MacBook Air juga beda hasilnya. Kalo masih mas pakai, mending biarin aja tetap nyolok charger. Tapi kalo memang mau diberesin karena sudah ga pake laptop untuk waktu beberapa jam ke depan, cabut saja.

      Delete
  18. Gan permisi numpang nanya macbook air saya setiap dicabut chargernya mesti macbooknya mati padahal baterainya penuh 100%.
    dulu pas dibuat kerja dari pagi sampai malem dicas terus,udah setiap hari saya gituin.gan tolong bantu caranya terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, itu baterainya sudah soak gan
      silakan diganti
      eh, tapi gimana gantinya yah, kan udah nyatu yah
      jadi kayaknya harus di servisan apple gan saran saya

      Delete
  19. mau tanya dong lebih baik di charge sambil di mainin atau dibiarkan keadaan menyala?
    itu maksudnya gmn sih klo posisi batre 23% kan di cas nya sampe 100% atau dibiarkan berkurang lg sampe 95% lg?

    terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambil digunakan juga tidak masalah mas
      apalagi kalo mas-nya butuh buat kerja
      ya, di-charge sampe 100% lalu dibiarkan berkurang lagi sampai 95% lalu cabut

      Delete
    2. mantap mas, btw ak pake MBP Mid-2010 sekon, batre tahan 3 jam an, cc 680 an gara2 blm tau tips ini, semoga bisa menghambat laju cc nya setelah baca tips ini :)

      Delete
    3. semoga awet mas baterainya :)

      Delete
  20. Mas mau nanya nih. Kalau macbook pro bisa sembarang baca atau colok SD card yah??? Atau ada adoptor yang khusus???. Karena macbook saya coba colok memori sdcard standar, kok tidak kebaca??? Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan formatnya ga bisa dibaca
      seperti NTFS, ga bisa dibaca oleh Mac
      paling aman, pake FAT32

      Delete
  21. halo, cycle count pada macbook pro late 2011 yang saya gunakan ada pada 834 cycle, pada posisi baterai penuh dapat digunakan selama 3-4 jam, namun pada indikator baterai muncul "service battery, apakah ini berarti sudah waktunya untuk mengganti baterai?
    apakah beresiko untuk mengganti baterai sendiri?atau harus dibawa ke service centre apple?
    apabila mengganti baterai sendiri apakah ada alat khusus untuk digunakan?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. service battery itu emang menunjukkan untuk segera mengganti
      saran saya mending bawa ke servis resmi Apple, karena tidak semua orang tahu dan punya obeng2nya :)

      Delete
    2. habis ganti batre sekarang indikator batre yg di body kiri gak mau nyala :(, kira2 kenapa ya?

      Delete
    3. berarti ada yang bermasalah saat pemasangan baterainya :)

      Delete
  22. Ada yang jual macbook pro mf839 second....tapi saya heran cc nya masih 15. Apa itu menandakan pernah diganti baterai atau karena penggunaan jarang. Kalau macbook itu ketahuan pernah diservice dari mana ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar udah ganti baterai itu :)

      Delete
  23. Mas mau nanya, saya makai Macpro 2017 touchbar yg mana gak ada lampu indikator sama sekali di macnya atau chargernya. Nah baca2 salah satu cara melihat persentase besaran batrai ya dg nyalain laptop langsung, hanya itu.
    Nah pertanyaannya, kalau keadaannya seperti ini ? apa lebih baik ketika dicharger macbook tetap digunakan juga ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul
      secara default semua jenis MacBook bisa dipakai sambil di-charge mas :)
      dan memang dengan cara tersebut bisa menghemat cycle count

      Delete
  24. jadi mas, penggunaan mac sambil di cas walaupun sudah 100% tidak apa apa ? tidak mempengaruhi batreinya ? terima kasih ..

    ReplyDelete
  25. biasanya rata-rata daya tahan batrei macbook pro itu berapa jam ? kalau dalam keadaan dirumah atau di kantor, sebaiknya macbook penggunaannya sambil di cas atau tidak usah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambil dicas ga masalah mas
      biasanya tahan 10 jam sih, tergantung aktivitas

      Delete
  26. mas maaf mau tanya mac air saya ko kadang baterai nya logo X yaa...
    jadi kalau mau nyala ya harus tetap di colok, tapi kadang normal lagi, mau tanya itu kira ira penyebab ya karna apa ya ?

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kurang ngena mas
      waktu itu aku juga pernah gitu, gara2 langsung aku tutup, eh ternyata ga nge-charge
      jadi pastiin dulu muncul gambar petirnya, lalu tutup ga masalah
      itu udah charging

      Delete
  27. Ini pertama kali sy pake mac dan mac nya baru juga. Sy coba charge sampe 100% dan ga turun2 sampe keesokan harinya dan akhirnya sy copot chargernya dlm keadaan 100%, setelah itu mac sy sleep sampe besoknya dan tiba2 tinggal 60% dan berkurang cpt pas sy pake. Jangan2 sy overcharge nih. Mohon sarannya ya, msh baru lg mac nya takut salah perawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan overcharge, tapi ada yang aneh
      kalo memang beneran itu mac baru, bukan bekas, harusnya kalo sleep paling ngurangi 10% aja

      kemungkinan ada yang pake mac mu itu pas kamu tidur :D

      Delete

Post a Comment