24 Jun 2013

10 Kelebihan Mendaftar Email Gratis Google

Di era ini email adalah salah satu teknologi yang banyak digunakan oleh banyak orang. Sekarang hampir setiap orang yang mengerti tentang internet pasti memiliki email. Email digunakan untuk banyak kepentingan, salah satunya untuk mendaftar di media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+ dan sebagainya. Tidak hanya itu, email seakan menjadi kebutuhan utama seseorang yang berkecimpung di dunia maya. Bagaimana mungkin seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain di dunia maya tanpa email?

Dengan adanya kebutuhan yang seperti ini, banyak sekali penyedia email gratis yang ada sekarang ini. Dua penyedia email yang favorit saat ini adalah Gmail dan Yahoo. Dulu, Yahoo lebih favorit dibandingkan dengan Gmail, namun sekarang berbalik. Banyak inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Google untuk menggaet pengguna internet agar menggunakan Gmail. Fitur-fitur menarik pun ditawarkan secara cuma-cuma untuk pengguna Gmail. Berikut adalah 10 kelebihan mendatfar email gratis Google.

1. Tempat Penyimpanan Besar Hingga 15 GB

Tempat penyimpanan yang ditawarkan oleh Gmail besar, yaitu 15 GB. Jumlah ini cukup besar karena rata-rata ukuran email kecil, kecuali yang email yang melampirkan berkas. Namun, pesaingnya Yahoo tidak mau kalah dalam hal tempat penyimpanan. Menurut data dari Wikipedia, Yahoo memberikan fasilitas penyimpanan yang tidak terbatas. Entah pernyataan ini benar-benar direalisasikan atau tidak. Saya belum pernah mengetesnya langsung karena memang buat apa menaruh berkas besar di email.

2. Semua Akun Terintegrasi dalam Satu Login

Gmail memberikan fitur yang sangat futuristik, salah satunya yaitu satu akun terintegrasi dengan banyak layanan Google. Dengan login satu email, kami bisa sekaligus login ke Blogger, Google+, YouTube, serta layanan Google lainnya. Inilah kelebihan Gmail yang paling mencolok dibandingkan dengan penyedia email lainnya.

3. Sinkronisasi Akun Email dengan Google Chrome

Jika kamu menggunakan browser Google Chrome, kamu akan menemui pilihan untuk sinkronisasi dengan akun Gmail kamu. Kelebihan dari sinkronisasi ini adalah secara otomatis hasil pencarian dan bookmark yang ada di Chrome di-backup oleh Gmail.

Sign in - Chrome

4. Gmail Menyimpan History Pencarian

Kelebihan lain Gmail adalah dapat menyimpan history pencarian yang selama ini kita lakukan dengan mesin pencari Google. Hasil pencarian yang relevan akan disimpan oleh Google demi kemudahan pengguna di waktu yang akan datang.

5. Tampilan Gmail Sederhana

Tampilan Gmail lebih sederhana dibandingkan tampilan penyedia layanan email lainnya. Hal yang paling mencolok adalah di Gmail hanya terdapat iklan teks saja, tidak ada iklan berupa gambar.

6. Bisa Login Banyak Akun dalam Satu Sesi

Jika kamu mengelola banyak akun Gmail, Gmail memudahkanmu dengan bisa melakukan login ke banyak akun. Hal ini cocok untuk kamu yang bekerja dengan banyak email.

Multiakun

7. Bisa Mengubah Nama Akun Setelah Pendaftaran

Biasanya setelah mendaftar nama akun tidak dapat diubah serta merta. Berbeda dengan Gmail, Gmail memberikan kemudahan untuk mengubah nama akun Gmail kamu.

Ganti Nama Akun

8. Bisa Memasukkan Akun Email Lain

Jika kamu memilik banyak email domain yang dikustomisasi, kamu bisa dengan mudah mengelolanya hanya dengan satu akun Gmail saja. Berikut ini adalah contoh 2 domain terkustomisasi (admin@intikali.org dan hai@iskael.com) yang dikelola dalam satu akun Gmail.

Dua Akun Email Beda Domain

9. Memiliki Banyak Emoticon yang Lucu

Emoticon merupakan fitur yang sangat digandrungi oleh banyak orang. Emoticon menunjukkan ekspresi paling sederhana dari penulis. Gmail memiliki banyak emoticon lucu dan animatif yang bisa disisipkan dalam email.

Emoticon di Gmail

10. Mendukung Gratis 50 SMS ke Semua Operator


SMS dari Gmail

Fitur gratis 50 SMS dari Gmail ke semua operator ini ada sejak tahun 2012 lalu. Hebatnya dari fitur ini adalah bisa mengirim ke semua operator. Apabila yang di-SMS membalas SMS yang kita kirim, kuota yang terkurangi akibat mengirim SMS tersebut bertambah lagi. Namun fitur ini sangat tidak cocok bila kamu melakukan spaming, karena Gmail akan menganggap kamu spaming apabila SMS kamu tidak dibalas oleh yang dikirim.

Bagi kamu yang belum atau ingin membuat email lagi, aku sarankan menggunakan Gmail karena banyak sekali kelebihan Gmail dibandingkan dengan penyedia email lainnya. Harus kemana daftarnya? Kunjungi saja mail.google.com atau www.gmail.com, kamu akan diarahkan ke pendaftaran email baru gratis dari Google ini.

10 komentar:

  1. wow... keren.. gmail memang mantap.. integrasi fitur hangout tidak dimasukkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow., ternyata di nomor 2 udah disebutkan Google+.
      anggap saja hangout sudah masuk.
      meski sebenarnya tidak benar sama.
      #eh

      Hapus
    2. wekekek, sebenarnya banyak mas kalo mau disebutin semua
      di sini sengaja dibatasi 10 saja, karena emang masuk label Top 10 :P

      Hapus
  2. email yahoo memang rasanya kok ga enak yah... kasihan banget sama orang yg buka yahoo karena ingin buka ym bukan buka email :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepat sekali yo :D
      aku juga daftar yahoo cuma pake buat YM doang

      Hapus
  3. tetep kalo menurutku sih, akun gmail itu gunanya banyak. salah satunya buat download aplikasi di smartphone wkwkwkw :D
    ketahuan banget kalo anak gadget wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget itu
      karena itu syarat utama kalo download di Play Store

      Hapus
  4. Balasan
    1. emang
      tapi buka situs outlook berat :D
      eh ga juga sih, lewat aplikasi Desktop-nya ringan

      Hapus
  5. Gmail itu enak menurut saya. Kalau daftar ke facebook pakai gmail, proses daftarnya langsung tanpa hambatan. Kalau daftar ke facebook pakai yahoo, proses pendaftarannya lama sekali walaupun koneksi kencang

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia