Featured Post

Ciri-ciri Skoliosis yang Harus Anda Waspadai!

Skoliosis merupakan kelainan tulang belakang yang dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa. Namun, apakah Anda sudah mengetahui ciri ciri skoliosis ini? Skoliosis merupakan kondisi tulang belakang yang berbentuk melengkung atau menyamping tidak normal.

Seseorang yang terkena skoliosis mempunyai kurva menyamping pada tulang belakangnya, dapat berbentuk C atau S. Bila dibandingkan dengan laki-laki, kaum hawa justru lebih sering mengidap skoliosis dan sering muncul di usia anak-anak dan remaja. 

Gejala dari skoliosis sendiri terlihat saat masuk masa pertumbuhan sebelum terjadi pubertas. Beberapa skoliosis yang tergolong ringan memang tidak terlihat lengkungan serta tulang belakang. Tetapi, jika keadaannya menjadi semakin parah, skoliosis bisa menyebabkan rasa sakit, tidak nyaman berjalan bahkan masalah pernapasan. 

Ciri Ciri Skoliosis

Berikut berbagai ciri skoliosis yang jarang disadari oleh penderita, antara lain:

Salah satu bahu lebih tinggi

Cara yang paling mudah untuk mengenali penyakit kelainan tulang ini ialah dengan bercermin, berdiri tegak serta memeriksa apakah ada salah satu bahu yang terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. 

Jika bahu tidak rata, ini menjadi gejala umum dari skoliosis. Gejala ini dimulai saat masa anak-anak, tepatnya di masa pertumbuhan. Lengkungan tulang belakang ini yang menggeser keselarasan bahu, akibatnya salah satu tulang belikat menjadi lebih terlihat menonjol dari yang lain. 

Kaki terlihat lebih pendek

Ciri lainnya adalah kaki terlihat lebih pendek. Ketika tulang belakang melengkung, hal ini menjadi tanda jika tulang sedang mengencangkan satu sisi tubuh serta menyebabkan satu kaki terlihat lebih pendek dibandingkan dengan yang lain. 

Penderita mungkin juga memperhatikan bila celana di bagian kaki bawah terlihat tidak rata, salah satu ujung terlihat menginjak lantai, namun salah satunya tidak menginjak lantai. 

Nyeri pada punggung

Nyeri yang terjadi pada punggung menjadi ciri ciri skoliosis yang sangat khas. Gejala ini tentu begitu menganggu sehingga tidak sedikit penderita yang segera mencari pertolongan ke tenaga medis. 

Kemunculan rasa nyeri di punggung ini disebabkan karena lekukan serta tekanan yang berasal dari lengkungan tulang. Di dalam beberapa kasus, rasa sakit ini juga erat kaitannya dengan kelelahan otot karena bekerja keras ketika menjaga keseimbangan tubuh. 

Adanya tonjolan di punggung

Bukan hanya rasa nyeri, ciri umum skoliosis yang terjadi pada orang dewasa dapat terlihat dari munculnya tonjolan di area tulang belakang. Kemunculan tonjolan ini disebabkan karena otot terpelintir dan kelengkungan tulang belakang sampai keluar dari arah yang seharusnya.

Umumnya, gejala ini dapat menyebabkan kesulitan berdiri tegak, sehingga tinggi badan berkurang. 

Baju berkerut di satu sisi

Sebnarnya, bila terjadi kerutan pakaian, tidak otomatis sudah menjadi penderita skoliosis. Namun, bila seseorang terus merapikan bagian belakang kemaja, ini menjadi ciri skoliosis. 

Contohnya, banyak kerutan di punggung bawah sebelah kanan, kemudian ada beberapa tumpukan kerutan di punggung sebelah kiri. Hal ini dapat disebabkan karena adanya punuk yang berada di punggung penderita. 

Pundak terasa aneh

Punggung melengkung serta satu sisi lebih rendah dibandingkan dengan yang lain bisa menyebabkan perubahan halus seperti ketika membawa tas. Tas ransel akan terus menerus terlepas dari bahu, hal ini disebabkan karena terdapat ketidakseimbangan yang terjadi pada bahu. 

Dengan mengenali ciri ciri skoliosis sejak dini, kemungkinan terjadinya keparahan pada kondisi ini dapat kita cegah. Bila Anda mengalami sejumlah ciri di atas, tidak ada salahnya segera melakukan konsultasi ke dokter.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments