Featured Post

Tips Pilih Susu Pengganti Makanan untuk Orang Tua

Susu pengganti makanan untuk orang tua menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian lansia. Susu ini digunakan sebagai pengganti makan utama serta suplemen yang bisa mempengaruhi kebutuhan gizi.

Umumnya, jika semakin bertambah usia, nafsu makan akan menjadi semakin menurun. Hal tersebut disebabkan karena gigi yang sudah menjadi ompong, terasa sulit menelan sampai memiliki maslah pencernaan ketika sudah lansia. 

Oleh sebab itu sekarang ini banyak susu yang dapat dijadikan sebagai pilihan agar dapat membantu menjaga asupan nutrisi lansia. Dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang berat, lansia memang jauh lebih tertarik mengkonsumsi susu. Hal ini disebabkan karena susu tidak perlu dikunyah maupun digigit. Lansia hanya perlu meminumnya hingga habis. 

Tips Memilih Susu Pengganti Makanan untuk Orang Tua

Dengan semakin banyaknya kebutuhan susu pengganti makanan untuk lansia, produk-produk susu ini mulai bertebaran. Dengan banyaknya produk di luar sana, pasti Anda bingung melakukan pemilihan bukan? Berikut beberapa tips agar dapat memilih produk susu yang terbaik, antara lain:

Pilih susu dengan nilai gizi lengkap

Setiap produk susu tentu memiliki keterangan nilai gizi di luar kemasan. Sebelum menjatuhkan pada satu pilihan, pastikan jika nilai gizi yang dimilikinya lengkap serta seimbang. Contohnya seperti karbohidrat sebesar 50% serta protein 15%, kemudian lemak 20%. 

Angka gizi tersebut dapat dijadikan sebagai pengganti makan utama serta suplemen makanan, sehingga Anda juga akan lebih mudah menghitung kebutuhan kalori harian ketika mengatur pola makan. 

Bebas laktosa serta gluten

Bukan hanya memiliki kandungan gizi yang seimbang. Susu juga harus bebas laktosa serta gluten sehingga akan aman untuk pasien yang memiliki intoleransi laktosa serta gluten. 

Mudah dicerna

Mudahnya susu untuk dicerna juga menjadi bahan pertimbangan yang harus diperhatikan. Susu yang mudah dicerna serta rendah residu akan lebih nyaman bagi lansia yang bed rest lama serta tidak dapat melakukan aktivitas fisik lagi. 

Mengandung serat pangan

Susu pengganti makanan yang baik tentu saja harus mengandung serat pangan. Hal ini agar semakin meningkatkan jumlah bakteri baik bagi kesehatan pencernaan serta membantu memperbaiki profil lipid. 

Memiliki kandungan vitamin dan mineral

Selain memiliki nilai gizi yang lengkap, dalam kemasan susu, Anda juga dapat memperhatikan kandungan vitamin dan mineral yang berada di dalamnya. Pastikan susu tersebut memiliki kandungan 11 vitamin serta 8 mineral. 

Memiliki rasa yang enak

Meskipun hanya minuman susu, tentu saja rasanya harus enak bukan? Pastikan susu yang Anda pilih memiliki rasa yang enak serta memiliki pilihan rasa yang disukai oleh orang tua. 

Banyaknya produk susu memang membuat kita tidak mudah dalam melakukan pilihan. Namun dengan tips memilih susu pengganti makanan untuk orang tua di atas, Anda dapat memilih produk terbaik.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments