Featured Post

Pesta Sudah Berakhir: Email Custom Domain (Google Suite Legacy) Sudah Tidak Gratis Lagi

Semua pasti ada waktunya. Kali ini, email custom domain dari Google Suite Legacy akan berakhir dan beralih ke Google Workspace. Tentu saja, efeknya adalah tidak bisa pakai secara gratis lagi, harus berbayar.

Saya sendiri sudah memakai email custom domain dari Google untuk email admin@intikali.org sudah sejak 2011 lalu. Artinya sudah hampir 11 tahun pakai gratisan. Hehe.

Saya cukup sedih mendapatkan email tersebut (gambar di atas) karena setelah ini saya harus bayar. Hehe. Ya intinya menambah pos pengeluaran lagi tiap bulannya. Namun, mau tidak mau, ya tetap saya bayar. Lah wong banyak yang terkait dengan email tersebut, mulai dari Blogger hingga data-data di Google Drive-nya.

Lalu berapa sih yang harus saya bayar? Kalau bayar untuk 1 tahun pertama $4.20 per bulannya. Setelah itu naik jadi $6. Ya, katakanlah $6 atau sekitar Rp 90 ribuan.

Lumayan juga yah buat 2 email sebulan. Karena ada email istri yang pakai custom domain Google Suite Legacy ini. Nasibnya sama, banyak data yang terkait di sana. Susah dipindahkan.

Tapi setelah ngobrol sama istri, akhirnya ya diputuskan untuk tetap bayar saja. Pertimbangannya adalah karena ini kebutuhan, jadi tidak masalah bayar. Ya semoga setelah bertambahnya pengeluaran ini, makin banyak juga pemasukannya :))

Amin.

Omong-omong, bagaimana denganmu? Apakah kamu juga mendapatkan email ini juga? Lalu apa tindakanmu? Tetap perpanjang atau punya alternatif lainnya?

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments