Featured Post

Tips Kirim Barang Keluar Negeri

Zaman seperti sekarang ini jarak bukanlah masalah lagi. Kamu bisa berjualan di Instagram lalu ada orang dari luar negeri yang beli barangmu. Bahkan biasanya orang luar negeri yang membeli barangmu akan rela merogoh kocek yang lebih dalam untuk biaya kirim barang keluar negeri. Biaya yang diperlukan pun tidak sedikit; ada yang mulai puluhan ribu per kilonya atau bahkan ada yang mencapai setengah juta lebih per kilonya. Tergantung negera pembelinya.

Prospek pasar di luar negeri juga bagus jika kamu bisa memetakannya. Apalagi jika barang kamu merupakan barang unik, hanya kamu yang memproduksinya. Ini akan menjadi nilai jual yang tinggi dan istimewa di mata pembeli.

Lalu, apa saja sih yang perlu disiapkan jika kamu ingin mengirimkan barangmu keluar negeri? Berikut ini adalah beberapa tips kirim barang keluar negeri.

Pastikan Barang yang Dikirim Diperbolehkan

Tidak semua barang bisa dikirim keluar negeri. Beda negara, beda aturan. Ada beberapa negara yang melarang barang tertentu, ada juga yang membolehkan.

Ketika kamu mendapatkan calon pembeli dari luar negeri, kamu bisa menanyakan negara asal pembeli. Setelah itu, kamu cari info apakah barang yang akan kamu kirim diperbolehkan masuk di negara pembeli tersebut.

Tanyakan Kelengkapan Data Pembeli

Ketika kamu mengirim barang keluar negeri, kamu butuh data pembeli, seperti ID card kewarganegaraan, lisensi mengemudi, rekening koran, alamat pengiriman yang jelas, dan sejenisnya. Kelengkapan data sangat penting untuk mengetahui apakah pembeli tersebut penduduk asli negara tersebut atau bukan. Tak hanya itu, alamat pengiriman yang detail sangat perlu untuk mengetahui apakah daerah pembeli termasuk dalam remote area atau tidak. Jika masuk remote area, maka akan ada biaya tambahan lagi.

Packing Barangmu dengan Aman

Mengirim barang ke luar negeri tidak sama dengan pengiriman dalam negeri. Pengiriman antarnegara perlu packing yang aman. Kamu bisa menggunakan bubble wrap dan kardus yang kokoh untuk melapisi barangmu agar tetap aman sampai tujuan.

Cek Estimasi Biaya Pengiriman

Biaya pengiriman keluar negeri tidak sama dengan dalam negeri. Harga pengiriman luar negeri biasanya dihitung berat dan dimensinya. Hitungan dimensinya pun lebih ketat dan mahal dibandingkan dengan pengiriman domestik.

Rumus dimensi pengiriman luar negeri adalah panjang x lebar x tinggi / 5000. Misal kamu punya barang berat 2 kg namun dimensinya adalah 25 cm x 25 cm x 25 cm. Maka kamu akan dikenakan biaya 4 kg. Hal ini karena 25 x 25 x 25 / 5.000 = 3,125 (dibulatkan ke atas, jadi 4 kg).

Lakukan Pengiriman ke Jasa Pengiriman Terpercaya

Langkah selanjutnya adalah kamu menggunakan jasa pengiriman luar negeri tepercaya untuk memastikan barangmu sampai dengan aman ke pembeli. Salah satu jasa pengiriman luar negeri tepercaya adalah KILO.ID.

KILO.ID merupakan jasa pengiriman tepercaya karena jelas legalitasnya. Alasan lainnya menggunakan KILO.ID adalah karena pelayanannya yang memuaskan dan CS nya mudah dihubungi.

Selain itu, KILO.ID juga membuka jasa impor dari Australia. Ya siapa tahu kamu juga mau impor barang dari Australia, bisa sekalian pakai KILO.ID.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments