Featured Post

Cara Meningkatkan Strategi Content Marketing Agar Semakin Sukses

Strategi content marketing menjadi hal penting yang harus disusun ketika sedang menjalankan upaya pemasaran. Content marketing sendiri adalah sebuah strategi membuat serta menyebarkan konten berharga secara konsisten untuk menarik perhatian audiens. 

Namun, content marketing tentu saja bukan hanya sekedar membuat konten untuk audiens. Konten yang dibuat harus relevan sehingga audiens benar-benar membutuhkan konten tersebut serta memiliki kedekatan emosi dengan konten. 

Bentuk Content Marketing

Ketika menjalankan sebuah bisnis, strategi diperlukan agar dapat memancing audiens untuk membeli serta menggunakan produk yang sedang kamu tawarkan. Berikut berbagai macam bentuk content marketing, antara lain:

Video

Hingga sekarang, video menjadi wadah efektif untuk konten. Lebih-lebih video yang di upload melalui situs YouTube. Hal ini disebabkan karena YouTube mudah diakses serta diminati masyarakat Indonesia. 

Bukan hanya itu, konten dengan bentuk video juga jauh lebih mudah dinikmati serta dipahami. Anda bisa membuat video yang bermanfaat untuk audiens, namun jangan membuat video yang hanya menjual sensasi karena bisa membahayakan citra brand. 

Podcast

Kemunculan trend memang harus digunakan dengan sebaik mungkin seperti podcast. Beberapa pencipta konten menggunakan podcast untuk dapat menciptakan awareness. Topik yang kamu usung dapat disesuaikan dengan target audiens. 

Podcast juga menjadi pilihan pengganti radio. Nantinya, audiens bisa menikmati konten yang kamu miliki dimana saja serta kapan saja sembari mengerjakan hal lain. 

Blog atau website

Bila kamu belum memiliki wadah yang digunakan untuk menampung konten, blog atau website bisa dijadikan sebagai pilihan. Di dalam website, kamu dapat membuat artikel yang sesuai dengan target audiens. 

Bukan hanya membuat artikel yang sesuai, namun kamu harus melakukan teknik SEO. Pada dasarnya, SEO tidak dapat dijauhkan dari content marketing. Strategi SEO yang baik bisa mengundang traffic dalam jumlah banyak dalam situsmu. 

Cara Meningkatkan Strategi Content Marketing 

Agar dapat meningkatkan strategi pembuatan content marketing, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan, seperti:

Sering melakukan pertemuan tim

Kamu bisa mengatur jadwal pertemuan secara rutin dengan tim marketing. Minimal sekali dalam seminggu. Kamu bisa mendiskusikan setiap konten yang sudah dibuat dari pertemuan yang lalu. 

Contohnya, minggu lalu timmu sudah membuat 50 konten, kamu bisa membicarakan apa saja tema konten yang efektif serta mengundang banyak user. Bukan hanya itu, kamu juga bisa membicarakan cara mengalahkan konten yang dibuat oleh kompetitor, 

Catat strategi yang akan dilakukan

Pastikan untuk mencatat semua strategi yang akan diterapkan dalam pembuatan content marketing. Kamu bisa mendokumentasikan apa saja strategi yang sudah dibuat agar kamu bisa mengetahui sejauh mana perjalanan content marketing yang kamu buat. 

Biasanya, mereka yang tidak melakukan pencatatan strategi hanya melaporkan bila strategi content marketing yang dilakukan tidak efektif, padahal dengan mendokumentasikannya, kita bisa melakukan evaluasi mana yang benar-benar tidak efektif. 

Pastikan distribusi konten tepat sasaran

Setiap orang di dalam tim harus mempunyai strategi agar bisa membuat content marketing berkualitas. Selain itu setiap orang juga harus mengetahui cara mendistribusikan konten agar dapat menjangkau user.

Agar bisa menjangkau user dengan tepat, informasi seperti usia gender, pelanggan dan minat user yang kamu tuju harus diketahui dengan baik, sehingga kamu bisa mendistribusikan konten tepat sasaran.

Melakukan upaya strategi content marketing tidak hanya bisa dilakukan dalam sehari dua hari saja, namun harus dilakukan dengan komitmen. Selain itu kamu juga harus memperhatikan apa saja kesalahan yang dilakukan agar bisa menjadi bahan evaluasi.  

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments