7 Sep 2021

Latihan Kardiovaskular dan Upaya Pemulihan Pasca Sedot Lemak

Sedot lemak adalah salah satu jenis operasi yang cukup memakan waktu, tenaga, pikiran dan biaya. Hasilnya pun tidak bisa langsung dilihat, karena harus melalui proses pemulihan yang cukup kompleks, dan inilah beberapa hal yang bisa membantu proses healingnya. 

1. Melakukan Olahraga Kardiovaskular

Berenang, treadmill, dan beberapa jenis olahraga kardiovaskular merupakan treatment yang baik untuk pasien pasca sedot lemak. Karena kondisi jantung yang sehat sangat penting bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Dengan olahraga yang tidak terlalu melelahkan tetapi rutin, maka jantung akan menyesuaikan dengan ukuran tubuh baru. Sehingga proses pemulihan baik secara fisik maupun mental pun dapat semakin dimaksimalkan. 

2. Istirahat yang Cukup

Tak hanya bisa mengganggu tubuh, kurang istirahat juga sangat berhubungan dengan kesehatan pasca melakukan prosedur sedot lemak. Karena itulah, jangan sampai Anda kurang beristirahat karena tubuh yang masih beradaptasi dengan kondisi baru bisa saja mudah lelah. 

3. Makan Makanan yang Bergizi

Rata-rata orang yang menjalankan prosedur ini tentu mempunya berat badan berlebih sebelumnya. Dengan demikian, penting untuk makan makanan yang bergizi sehingga bisa mempertahankan berat badan pasca operasi. 

Jangan sampai tubuh mengalami perjuangan yang berat, tetapi setelah itu malah tidak bisa mempertahankannya. Tentu hal tersebut bisa mengganggu kondisi psikis juga. 

Pastikan untuk sering mengkonsumsi makanan sayur hijau dan buah-buahan. Dengan buah yang bernutrisi tinggi, maka Anda akan lebih mudah untuk memperoleh gizi secara kompleks. 

4. Jika Masih Terasa Sakit, Segeralah Minum Obat

Jangan menahan rasa sakit, karena hal ini harus diinformasikan pada dokter yang menangani pasien. Jika Anda merasakan sakit pasca operasi, maka pastikan untuk meminum obat yang diberikan oleh tim medis. 

Jangan lupa lakukan konsultasi secara rutin sampai dokter mengatakan cukup. Karena semua prosedur yang dijalankan harus dilakukan secara komprehensif hingga layanan pasca perlakuan. 

5. Minum Antibiotik Sebagai Pencegah Infeksi

Operasi yang melibatkan pembukaan bagian tubuh tentu memiliki risiko infeksi. Karenanya, selalu minum antibiotik tepat waktu dan pastikan sampai habis.

Umumnya, pasca operasi apapun termasuk sedot lemak, Anda akan diberi antibiotik dan diresepkan untuk wajib dikonsumsi sampai habis. Sehingga, jangan sampai terlewat sehari pun untuk mengkonsumsinya agar bisa benar-benar bermanfaat bagi tubuh. 

6. Hindari Makanan Instan dan Minuman Bersoda

Makanan instan dan minuman bersoda memang enak rasanya, tapi bukan bahan pangan recommended pasca operasi. Apalagi jika Anda memiliki masalah overweight sebelumnya, maka jangan sampai mengkonsumsi secara berlebihan. 

Jikapun harus mengkonsumsinya, batasi hingga kadar yang sangat minim. Sehingga Anda bisa benar-benar terhindar dari kandungan makanan fast food dan sejenisnya dengan pengawet, pengat rasa, dan bumbu tidak alami. 

7. Lakukan Olah Pikiran dan Sugesti Diri

Tentunya, hasil dari setiap operasi sangat berbeda antara satu pasien dengan pasien lain. Apalagi untuk pengangkatan lemak. 

Karenanya, pastikan untuk mengolah pikiran dan melakukan sugesti diri bahwa inilah yang terbaik. Bahwa dokter tentu sudah mempertimbangkan seperti apa perubahan yang dapat ditanggung oleh tubuh pasiennya sehingga hasilnya pun variatif. 

Jadi, jika ada kekurangan dari ekspektasi maka Anda bisa mengubahnya melalui olahraga dan pengaturan makan. Karena bisa jadi kemampuan tubuh untuk menerima perubahan akibat operasi memang sesuai yang Anda terima sekarang. 

Kesimpulannya, pemulihan pasca sedot lemak tidak hanya soal fisik. Tetapi juga tentang pikiran dan juga pola makan yang saling berkesinambungan.

5 komentar:

  1. Harus minum obat dari dokter sesuai anjuran dan sampai habis ya kang, selain itu makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup habis operasi sedot lemak.

    BalasHapus
  2. Sedot lemak itu maksudnya lemak dalam tubuh dikeluarin kah, dan langsung kurus kah hasilnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, langsung kurus
      cuma ya efeknya agak bergelembir gitu
      harus olahraga buat mengencangkan otot dan kulit

      Hapus