24 Jun 2021

Tips Mempertahankan Bisnis Saat Pandemi

Pandemi Covid-19 ini cukup meluluhlantakkan banyak bisnis yang sedang berjalan di dunia. Semua pebisnis mengalaminya. Namun, ada beberapa pebisnis yang tetap bertahan bahkan malah berkembang saat pandemi ini berlangsung. Mengapa bisa begitu?

Dalam satu dekade, sudah dimaklumi pasti ada masa-masa resesi. Sebagai orang yang memperhatikan fenomena tersebut, kamu pasti bisa mempelajari polanya. Seseorang yang mengetahui pola suatu fenomena, dia akan mengetahui solusi terbaik saat menghadapi fenomena tersebut.

Bisnis yang bertahan di saat pandemi, biasanya karena bisnis itu memang cocok dengan kondisi pandemi, atau kamu bisa menemukan formula yang pas untuk bisa mempertahankan dengan melakukan beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan bisnismu di kala pandemi.

Menambah Nilai Produk

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menambah nilai produk. Maksudnya bagaimana? Ketika kamu jualan produkmu, maka pasti saja ada orang lain yang jualan produk serupa dengan produkmu. Lalu apa yang membuat pelanggan akan lebih melirik produkmu dibandingkan produk kompetitor? Tentu saja karena ada nilai tambah dalam produkmu.

Berjualan dengan cara jualan dengan harga termurah atau banting harga tidak selalu efektif. Karena orang yang menjual dengan harga termurah justru terlihat tidak bisa menawarkan nilai lebih lainnya selain harga murah.

Menambah nilai produk bisa dilakukan dengan memberikan bonus saat pembelian, kualitas produk lebih bagus dari lainnya, atau dengan cara memberikan kupon loyalty dan bisa ditukarkan setelah mencapai nilai loyalty tertentu. Kamu bisa mencari inovasi pada produkmu sendiri sesuai dengan kreativitas dan kebutuhan pelanggan.

Strategi Marketing Online

Saat pandemi tiba, maka orang-orang punya kecenderungan malas keluar rumah waktunya dihabisnya lebih banyak untuk internetan di smartphone mereka. Melihat kebiasaan yang berubah dari tahun-tahun sebelumnya, kamu bisa mencari celah dalam fenomena perubahan kebiasaan manusia saat pandemi.

Kamu sudah harus memikirkan untuk memasarkan produkmu secara online. Ya, bisa mulai dari WhatsApp, Instagram, Facebook, iklan di Google, atau membangun website serius yang berisi tentang info produkmu.

Bagi kamu yang buta akan website, kamu bisa mencari info mengenai cara membuat website. Bisa yang gratis atau berbayar. Yang gratis bisa menggunakan platform Blogger, sedangkan yang berbayar bisa menggunakan WordPress self hosted.

Karena kamu masih belajaran dan pemula di bidang ini, kamu bisa memulai dengan membeli domain dan hosting terjangkau di Rumahweb. Biasanya sering ada promo bundling hosting gratis domain di Rumahweb. Manfaatkan momentum promo tersebut.

Selain itu, Rumahweb juga menyediakan hosting yang khusus untuk WordPress. Apa bedanya dengan hosting biasa? Sebenarnya hampir sama, hanya saja ada plugin khusus yang bisa mengoptimalkan kinerja WordPress.

Apakah memasang WordPress di web hosting susah? Tidak juga. Kamu bisa mengikuti banyak tutorialnya di YouTube atau googling saja, nanti bakal ketemu. Jika kamu malas dengan itu semua dan mau langsung jadinya saja, kamu bisa menggunakan jasa pembuat web.

Buat Pelanggan Makin Nyaman

Ketika inovasi produk dan pemasaran online sudah berjalan, jangan lupa juga buat pelanggan makin nyaman dengan pelayanan yang ramah. Seringkali pelanggan lari karena CS yang jutek. Kan sayang banget prospek pelanggan hilang gara-gara CS/kamu nya lagi jutek.

Sangat penting untuk sabar melayani pelanggan yang bawel. Sebenarnya ada juga mereka yang bawel di awal, namun sekalinya cocok, dia bisa menjadi pelanggan yang loyal dan bahkan merekomendasikan produkmu ke teman maupun keluarganya.

Mengikuti Info Tren yang Berjalan

Langkah selanjutnya adalah mengikuti tren yang sedang berjalan. Sebagai penjual kamu harus tahu apa yang lagi viral dan apa yang bisa dimanfaatkan dari hal viral tersebut. Mungkin saja ada peluang untuk promosikan produkmu, langsung promokan dengan mukadimah hal yang lagi viral. Setidaknya itu bisa memberikan impresi produkmu ke calon pembeli.

Itulah beberapa tips mempertahankan bisnis di kala pandemi. Masih ada poinnya lagi? Tentu masih ada. Kamu bisa menggalinya sendiri dengan melakukan brainstorming terhadap produkmu. Semoga tulisan ini bermanfaat dan salam sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar