1 Jun 2021

Alasan Memilih Printer Canon MP287, Masalah yang Muncul dan Solusinya

Di zaman yang serba digital seperti ini, masih saja dibutuhkan printer untuk mencetak tugas, berkas-berkas pekerjaan, atau lainnya. Bahkan beberapa alasan seseorang beli printer adalah untuk usaha printing maupun fotocopy. Jika kamu berpikir apakah untung usaha printing dan fotocopy saat ini? Tentu saja masih, jika kamu membuka usaha tersebut di tempat yang tepat, misalnya dekat dengan sekolahan atau kampus.

Printer Canon MP287 Untuk Usaha Printing

Prinsip utama usaha adalah bisa mendapatkan supply dengan harga semurah-murahnya, namun bisa menjual dengan harga semahal-mahalnya. Tentu saja agar margin keuntungan besar.

Begitu juga dengan usaha printing, kamu perlu cari tahu printer apa yang murah, dari sisi harga printernya, tintanya, dan perawatannya mudah. Kamu pasti tidak mau kan beli printer yang sering bermasalah. Apalagi jika digunakan untuk bisnis printing, harus punya printer yang “tahan banting” karena beban kerjanya yang bakal di atas kebiasaan.

Salah satu printer yang cukup laris digunakan untuk usaha printing adalah printer Canon MP287. Printer ini di pasaran cukup murah, sekitar 1,2 juta saja. Printer ini biasanya sudah dimodif agar bisa diisi dengan tinta infus dengan mudah.

Meskipun di pasaran sudah ada printer tinta infus yang sudah bawaan pabrikan, Canon MP287 tetap menjadi pilihan karena harganya yang jauh lebih murah. Untuk ukuran printer infus pabrikan dengan fitur print dan scan, rasanya masih dibandrol di atas 2 jutaan. Bahkan saya sendiri dulu beli printer Epson tinta infus pabrikan, hanya bisa print saja tanpa scan, harganya 2 juta.

Alasan lainnya mengapa Canon dipilih untuk usaha printing adalah karena kecepatan nge-print yang dimiliki oleh Canon jauh lebih cepat dibandingkan dengan Epson. Saya sudah membandingkannya karena saya sudah pernah beli merk Canon, Epson, dan HP.

Masalah Umum yang Sering Muncul di Printer Canon MP287 dan Solusinya

Untuk printer yang baru dibeli, jarang sekali muncul masalah. Biasanya printer akan muncul masalah setelah berumur 3 tahunan. Itupun juga jarang terjadi jika kamu bisa merawatnya dengan benar.

Salah satu contoh masalah yang terjadi adalah masuknya benda asing di printer yang bisa bikin ngadat. Saya sendiri dulu pernah tidak sengaja menaruh bungkus plastik kartu perdana dan masuk dalam printer. Alhasil printer saya error dan tidak bisa digunakan. Solusinya adalah dibongkar sedikit dan diambil bungkus plastik tadi. Waktu itu saya tidak sadar kalau ada bungkus plastik di dalamnya, akhirnya saya bawa ke tukang servis. Padahal kalau dicabut sendiri bisa, asal tahu penyebab errornya kenapa.

Masalah lainnya adalah karena telat mengisi tinta. Ya ini murni kelalaian sih. Jika tinta telat diisi, maka akan terisi dengan udara. Ini ribetnya minta ampun jika sudah begini. Solusinya adalah diisi tinta lagi lalu dilakukan pengurasan (head cleaning) dengan bantuan software printer.

Selain itu, masalah lain yang mungkin muncul adalah karena kuota penampungan pembuangan tinta penuh. Solusinya adalah dengan melakukan reset printer dengan menekan dan menahan tombol ON lalu menekan tombol Reset sebanyak 6 kali.

Cara mudah lainnya adalah kamu bisa download resetter Canon MP287 lalu install software tersebut di PC kamu. Untuk detail bagaimana cara menggunakannya kamu bisa mengunjungi halaman download resetter Canon MP287 terbaru yang ada di PanduanTeknisi.com. Di sana kamu juga akan dipandu langkah demi langkahnya.

Itulah alasan mengapa memilih printer Canon MP287 dan masalah apa saja yang muncul saat kamu menggunakannya. Segala masalah yang muncul hampir mudah diselesaikan asal kamu mau googling atau membaca panduan yang sudah disertakan di kardus saat pembelian.

2 komentar:

  1. Berdasarkan pengalaman, Canon memang bagus. Proses cetaknya cepat banget (sangat kerasa kalau pernah pakai printer lain). Hasil cetak warnanya juga oke.

    Aku punya Canon Pixma, dan udah nemenin kerja sampai bertahun-tahun. Sekarang rusak gara-gara lama gak kepakai. Ini salah satu masalah. Printer (khususnya Canon infus) katanya harus dipakai saban hari. Pokoknya setiap hari harus dinyalakan untuk ngeprint apa aja. Lhah printerku udah berbulan-bulan gak kepakai, akhirnya berdebu, dan mbuh...

    Karena itu aku langsung tertarik saat nemu artikel ini, karena siapa tahu bisa menggantikan printerku yang dulu. Canon ini bisa dipakai untuk scan kan, John?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dulu emang pas jaga warnet canon pixma ini disuruh nge-print setiap hari sama bosku. Ngeprint sembarang, pokoknya nge-print.

      Iya, Canon MP287 ini juga Pixma, bisa buat scan. Cuma ya gitu, harus pake infus tambahan. Biasanya sih sudah dibuat sama yang jualan.

      Tapi sekarang setahuku ada Canon yang udah include infus pabrikan, cuma ya gitu, harganya agak mahal.

      Pengalaman pake infus yang pabrikan, awet. Punyaku tapi Epson dan ga ada scanner. Dari 2014 masih bisa dipakai hingga saat ini. Cuma kemarin sempat error gara2 power supply-nya habis. Tinggal beliin di toped power supply 100 ribuan, bongkar sendiri, bisa.

      Hapus