21 Jan 2021

7 Jenis Logam Mulia Sebagai Bahan Utama Cincin Tunangan

Pemilihan perhiasan untuk acara pertunangan juga perlu menjadi perhatian Anda dengan pasangan. Usahakan membelinya jauh-jauh hari sebelum hari H tiba. Anda perlu mengetahui bahwa banyak pilihan model, bahan permata, maupun logam mulia yang digunakan untuk cincin tunangan.

Maka dari itu, sebelum Anda membeli pastikan sudah mengetahui berbagai pilihan cincin dan rentang harganya. Hal ini membantu Anda dan pasangan menentukan pilihan cincin terbaik sesuai budget dan kebutuhan Anda.

Apa Saja Jenis Logam yang Digunakan untuk Cincin Tunangan?

Acara pertunangan maupun pernikahan merupakan peristiwa penting sekali seumur hidup untuk Anda dan pasangan. Maka dari itu, memilih perhiasan cincin terbaik untuk merayakan momen tersebut perlu Anda pertimbangkan.

Anda perlu mengetahui jenis bahan logam mulia apa saja yang biasa digunakan untuk perhiasan cincin. Selain itu, model cincin juga perlu diperhatikan. Hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan Anda saat mengenakannya sebagai berikut:

1. Cincin yang Dibuat dari Bahan Perak

Cincin tunangan dapat dibuat dari perak, meskipun pemakaiannya jarang diaplikasikan pada perhiasan karena lebih rentan hilang warnanya. Tetapi, penggunaan cincin ini semakin banyak diminati dan populer untuk acara pernikahan maupun pertunangan.

Cincin perak biasanya dilapisi dengan rhodium, sehingga cincin yang dihasilkan menjadi lebih kuat baik terhadap goresan maupun noda. Pemilihan cincin ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas.

2. Perhiasan Cincin Berbahan Emas Kuning

Pemakaian emas kuning untuk acara pertunangan dapat dikenakan untuk kaum hawa agar terlihat tampil lebih elegan dan menawan. Logam emas memiliki ketahanan terhadap zat kimia sehingga tidak mudah mengalami kerusakan.

Cincin jenis ini tidak mengandung emas murni karena emas asli mudah mengalami kerusakan dan lunak. Maka dari itu, emas perlu ditambahkan bahan logam lain seperti nikel dengan perbandingan tertentu.

3. Perhiasan dari Tungsten Carbide

Logam ini merupakan jenis logam berat yang memiliki ketahanan sangat baik terhadap goresan apabila dibandingkan dengan jenis logam lainnya. Maka dari itu, Anda perlu memilih cincin yang sesuai dengan ukuran ketika memilih cincin ini.

Hal ini dikarenakan cincin jenis ini sangat sulit untuk dipotong. Proses pemotongan cincin harus menggunakan teknologi laser.

4. Cincin Emas Putih

Penggunaan emas sebagai cincin pernikahan maupun pertunangan juga menggunakan jenis emas putih. Pemakaian jenis cincin ini indah dan bersinar, sehingga tampak mewah dan modern dibandingkan menggunakan emas pada umumnya.

Bahan lapisan pada emas ini terdiri atas rhodium sehingga awet dan kuat.

5. Cincin Emas Rose

Pemakaian emas rose dapat dipakai untuk cincin pertunangan mengimbangi keberadaan perhiasan cincin dari emas kuning maupun putih. Paduan yang digunakan untuk membuat perhiasan ini meliputi, emas dan tembaga.

6. Cincin Wedding Rings

Jenis cincin ini mengandung logam Palladium dengan karakteristik warna indah dan tahan lama. Namun, pemakaian cincin ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki keterbatasan dana.

Jenis logam ini memang relatif jarang ditemukan. Pemakaian paladium semakin bernilai karena warna putih keperakan dan kilauannya hampir menyerupai platinum.

7. Platinum

Pemakaian logam platina untuk jenis cincin platinum memiliki kadar kemurnian hingga mencapai 95%. Maka karakteristik cincin memiliki sifat yang sama dengan logam aslinya yaitu berat dan kuat.

Harga cincin relatif mahal karena ketersediaan logam terbatas dan jumlah permintaan untuk logam ini juga tinggi. logam ini menjadi pilihan favorit karena tidak memicu alergi, korosi dan aus.

Selain beberapa pilihan logam mulia di atas, terdapat logam lain yang digunakan untuk membuat cincin tunangan diantaranya meliputi, titanium dan Zrcinium hitam. Kedua logam tersebut bukan logam mulia.

Namun, pemakaian perhiasan ini mulai digandrungi. Nah, bagi Anda yang ingin membeli cincin perhiasan untuk acara pertunangan/lamaran dan pernikahan maka pilihan terbaik adalah diamondnco.id. Anda bisa menemukan berbagai pilihan perhiasan dengan model cantik dan menawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar