Entri yang Diunggulkan

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

15 Jul 2020

Kenali Masalah Utama Pemicu Pengusaha Gulung Tikar

Gulung tikar bisa jadi karena hutang tentu merupakan mimpi buruk bagi semua orang, merintis usaha dengan susah payah namun jika akhirnya harus gulung tikar tentu hal yang mengerikan dan tidak diinginkan. Namun bukankah menjadi seorang pengusaha harus memiliki mental baja dan kesiapan untuk menanggung segala resiko yang termasuk juga resiko gulung tikar?


Hal itu memang benar adanya, namun tentu saja sebagai seorang pengusaha atau calon pengusaha anda harus melakukan antisipasi agar hal ini tidak terjadi pada bisnis anda. Lalu sebenarnya masalah apa yang menjadi faktor utama kebanyakan perusahaan atau bisnis mengalami kebangkrutan atau gulung tikar?

Masalah utama yang dapat mengakibatkan gulung tikar yaitu Hutang. Mungkin hal ini banyak dianggap remeh, namun sebenarnya hutang sangat berpengaruh besar dalam perkembangan bisnis anda. Jika dalam perusahaan atau bisnis yang anda jalankan tidak dibarengi dengan kontroling keuangan berkala yang valid terutama dalam hal hutang piutang maka bisnis anda lambat laun akan mengalami kemunduran dan memperoleh banyak kerugian.

Terutama bagi pemilik bisnis tingkat menengah dan bawah, kebanyakan dari mereka sangat mudah memberikan kasbon kepada customer tanpa melakukan pencatatan dan penagihan sesuai tanggal jatuh tempo. Lalu solusi apa yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah hutang ataupun kasbon agar tidak menghambat keuangan bisnis yang dijalankan? Berikut ini solusi jitu untuk mengatasinya.

Solusi untuk atasi Kemungkinan kerugian akibat tumpukan Hutang


Lakukan catatan aktifitas keuangan bisnis setiap hari

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu anda harus selalu mencatat aktifitas keuangan yang berlangsung setiap harinya. Catatan tersebut meliputi keluar dan masuknya uang. Tidak hanya itu jika terdapat kegiatan hutang piutang maupun kasbon maka anda juga harus menuliskan di catatan keuangan harian anda. Dengan tujuan agar tidak ada arsip data keuangan yang terlewatkan. Jika anda merasa kesulitan jika harus menuliskannya dengan manual maka anda bisa menginput data keuangan menggunakan aplikasi keuangan yaitu BukuKas.

Membuat laporan bulanan

Setelah anda melakukan catatan aktivitas keuangan setiap harinya maka anda bisa membuat laporan bulanan tentang perolehan laba bahkan ada atau tidaknya kerugian yang diperoleh. Selain itu anda juga dapat mengetahui banyaknya hutang piutang di bulan tersebut yang nantinya catatan tersebut sangat bermanfaat bagi kebutuhan pembayaran tagihan hutang. Jika anda menggunakan aplikasi BukuKas maka anda dapat memperoleh laporan keuangan bulanan secara otomatis yang tentunya lebih efisien dan dipastikan valid.

Menagih hutang customer sesuai waktu jatuh tempo

Kebanyakan pemilik bisnis kecil akan mengalami kesulitan dalam hal ini, kebanyakan dari mereka tidak terperinci menuliskan besarnya kasbon customer maupun tanggal jatuh tempo. Tentu akibatnya yaitu terdapat penumpukan hutang dan mengakibatkan kas yang anda miliki berkurang. Jika anda merasa kesulitan dalam catatan hutang piutang dan penagihan di waktu jatuh tempo anda bisa menggunakan aplikasi BukuKas yang dilengkapi dengan layanan pengingat pembayaran hutang secara otomatis melalui WhatsApp.

Kendalikan masalah hutang-piutang Anda dengan BUKUKAS. Aplikasi ini efektif mencegah resiko gulung tikar akibat penumpukan hutang dalam bisnis yang anda jalankan. Lakukan controling keuangan secara berkala dan perhatikan catatan hutang piutang untuk meminimalisasi kemungkinan gulung tikar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar