Entri yang Diunggulkan

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

13 Apr 2020

Butuh Ketenangan? Menepilah ke Situ Cisanti

Danau ini kecil saja, tapi siapa sangka ia adalah hulu dari sungai Citarum, salah satu sungai terbesar di pulau Jawa. Situ Cisanti masih asri alami, bebas dari polusi dan sampah. Lokasinya tidak begitu jauh dari perkebunan teh Pangalengan.


Tempat sejuk dan dikelilingi gunung seperti gunung Rakutak, gunung Malabar, gunung Wayang, dan gunung Bedil. Situ Cisanti ini merupakan penampungan air dari 7 mata air, lalu dialirkan ke sungai Citarum. Mata air itu antara lain mata air Cisanti, Cikahuripan, Pangsiraman, Cisadane, Cikolebere, Cikawadukan, dan Cihaniwung.

Di situ ini kamu bisa duduk bersantai di rerumputan atau berjalan mengelilingi situ. Sejauh yang saya tahu belum ada wahana tambahan di tempat ini. Cuma ada sedikit tambahan seperti dermaga dan perahu yang diletakkan di tepi danau.

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan adalah berfoto. Jika suka menggambar, pemandangan yang ada akan menggugahmu untuk menuangkannya ke goresan pensil atau cat air.

Di pintu masuk situ ada beberapa warung yang menjual makanan ringan. Tapi di dalam situ sendiri hampir tidak ada penjual makanan. Jadi sebaiknya kamu bawa bekal sendiri. Seperti piknik kamu bisa menggelar bekalmu di atas tikar, lalu bersantap di alam terbuka yang sejuk.

Saat di tempat ini kamu harus menjaga sopan santun. Jangan berkata kasar, mengumpat, berteriak, atau melakukan perbuatan tidak senonoh.

Masyarakat setempat sangat menghormati tempat yang bersejarah ini. Selain ada mata air tempat dulu Prabu Siliwangi mandi, ada juga petilasan Dipati Ukur.

Pengunjung diperbolehkan berenang di situ. Kadang cukup banyak juga orang yang memancing di sini. Ada juga pengunjung yang berperahu, tak jelas apakah itu perahu sewaan atau mereka membawa sendiri perahu karet.

Mushola dan toilet juga ada di situ Cisanti ini, tapi letaknya di dekat pintu masuk. Jadi kalau kamu di situ lalu butuh ke kamar mandi harus berjalan agak jauh.

Transportasi Terbaik Menuju Situ Cisanti

Situ Cisanti terletak di Desa Tarumajaya, Kertasari, Bandung. Dari kota Bandung, jika lalu lintas normal, butuh sekitar 2 jam menggunakan mobil.

Jika kamu butuh mobil untuk menuju Situ Cisanti dari Bandung, gunakan saja jasa Dirgantara Car Rental. Pilih mobil yang sesuai kebutuhanmu lalu sopirnya akan segera siap mengantarkanmu ke tempat tujuan. Untuk harga jangan khawatir, terjangkau sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar