Entri yang Diunggulkan

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

12 Jan 2020

Bantu Tingkatkan Kualitas Guru, Sukanto Tanoto Bangun Kerja Sama dengan Ruangguru

Guru merupakan motor penggerak dalam kegiatan belajar mengajar. Mereka adalah pendidik yang tidak hanya mencerdaskan bangsa namun juga turut berperan dalam membangun pribadi-pribadi yang beradab. Peran guru yang begitu vital membuat Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation tergugah untuk ikut terlibat dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik bangsa. Untuk tujuan inilah, Tanoto Foundation merangkul teknologi demi mengakselerasi pemerataan kualitas guru.


Guru Sebagai Penggerak Pendidikan Suatu Bangsa

Guru adalah profesi yang sangat mulia dan memiliki peran besar dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Kualitas guru pun sangat menentukan kualitas pendidikan. Sayangnya, sebagai salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia, Indonesia masih belum bisa mewujudkan hal tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh UNESCO dalam sebuah laporan bertajuk Global Education Monitoring (GEM) 2016, kualitas pendidikan di Indonesia menempati posisi ke-10 dari 14 negara berkembang di dunia. Dari 14 negara tersebut, kualitas guru di Indonesia menempati peringkat ke-14 atau dengan kata lain berada di posisi juru kunci.

Hal tersebut tentu sangat memprihatinkan. Padahal, pendidikan adalah kunci dari sumber daya manusia yang berkualitas. Sebagai tenaga penggerak pendidikan, guru memegang peranan penting dalam mewujudkan hal tersebut. Dengan standar kualitas guru yang belum setara, tentu sulit untuk mengharapkan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation memandang bahwa pemerataan kualitas guru menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Saat ini, guru-guru berkualitas masih terpusat hanya di sekolah-sekolah favorit ataupun di kota-kota besar. Padahal, setiap anak memiliki hak yang sama untuk dididik oleh guru yang berkualitas. Untuk alasan itulah, Tanoto Foundation bekerja sama dengan Ruangguru demi mewujudkan pemerataan kualitas guru.

Meningkatkan Kualitas Guru Bersama Ruangguru

Teknologi informasi bisa menjadi alat ampuh untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Persebaran informasi menjadi lebih cepat berkat pemanfaatan teknologi. Tidak hanya itu, teknologi juga mendorong terwujudnya efisiensi hingga membuat biaya pendidikan jadi lebih terjangkau.

Sebagai platform bimbingan belajar online berbasis aplikasi, Ruangguru dinilai memiliki teknologi yang dibutuhkan untuk membantu meningkatkan kualitas guru. Ruangbelajar yang merupakan salah satu fitur aplikasi Ruangguru bisa menjadi sarana ideal untuk menyebarkan modul pelatihan yang Tanoto Foundation ramu.

Jika sebelumnya materi pelatihan Tanoto Foundation disebarkan melalui tatap muka, hal tersebut kini bisa dilakukan dengan lebih mudah. Ruangguru membantu Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation menjangkau rekan-rekan guru dan menyebarkan materi pelatihan tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Bagi guru-guru yang mengikuti pelatihan, mereka juga semakin terbantu. Fleksibilitas waktu belajar adalah salah satu manfaat yang paling terasa. Para guru bisa mempelajari materi pelatihan sesuai dengan waktu senggang yang dimilikinya. Tidak berhenti di situ saja, platform belajar Ruangguru juga memungkinkan para guru untuk mengikuti pelatihan di manapun mereka mau, baik melalui smartphone ataupun tablet.

Berkontribusi Lewat Pendidikan

Sejak pertama kali didirikan oleh Sukanto Tanoto dan istri, Tanoto Foundation memang sudah fokus pada dunia pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar. Berdirinya TK dan SD di Besitang, Sumatera Utara di tahun 1981 menjadi awal dimulainya sepak terjang organisasi filantropi independen yang satu ini. Sejak saat itu, Tanoto Foundation terus berkembang dengan beragam program unggulan.

Bagi Sukanto Tanoto dan istri, pendidikan memiliki andil besar dalam menentukan kesejahteraan seseorang. Mereka yang berpendidikan memiliki peluang lebih besar untuk meraih standar hidup yang lebih baik. Karena alasan itulah, pemerataan kualitas pendidikan menjadi hal yang sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar