Entri yang Diunggulkan

Kalap Tapi Hemat Ketika Belanja Online

14 Des 2018

Solusi XAMPP di macOS Mojave yang Tidak Muncul Label Button

Sebuah pengalaman buruk saat upgrade macOS memang sering saya alami. Biasanya memang soal kompatibilitas software yang sebelumnya saya pasang. Dulu sempat bermasalah dengan Adobe Illustrator saat upgrade ke OS X Lion. Bermasalah lagi saat upgrade dari OS X Yosemite ke OS X El Capitan, beberapa software ada yang tidak bisa jalan karena struktur folder untuk software pihak ketiga diubah. Begitu juga ketika saya beberapa bulan yang lalu mengupgrade ke macOS Mojave, XAMPP saya tidak muncul label button-nya.

Ketidakmunculan label button ini sebenarnya hal remeh, tapi menyebalkan. Berasa main tebak-tebakan. Sempat saya upgrade XAMPP-nya hingga versi 7.2.10, tapi justru membuat database saya sebelumnya tidak bisa diakses gara-gara versi MariaDB nya beda. Entahlah, pusing sekali waktu itu.

Nah, hari ini, sebelum saya memutuskan untuk upgrade XAMPP lagi, saya backup dulu semua database yang ada di XAMPP tersebut. Kemudian saya download XAMPP versi 7.2.12. Saya download versi terbaru karena memang saya baca di StackOverflow bahwa di versi yang baru sudah ada solusinya. Dan memang setelah saya coba, bisa sungguhan. Button label-nya sudah terlihat lagi.

XAMPP 7.2.12 di macOS Mojave

Selain label button yang terlihat sudah muncul, saya menyadari bahwa tampilan tab-nya (Welcome, Manage Server, Server Events) juga lebih natural. Dulunya terlihat wagu.

Sepertinya Apache memang mulai serius membenahi tampilan software XAMPP di macOS kali ini. Sebelumnya terkesan, asal jadi dan bisa jalan saja.

Akhir kata, buat kamu yang ingin update XAMPP di Mojave, harap backup database terlebih dulu. Jangan sampai mengalami pengalaman pahit yang saya alami. Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar