26 Nov 2018

Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer dan Laptop

Manusia di era modern tidak bisa lepas dari teknologi dalam berbagai kepentingan, salah satunya penggunaan komputer atau laptop. Kedua teknologi tersebut sangat sering digunakan oleh berbagai kalangan seperti pekerja kantoran, mahasiswa, atau penulis. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari komputer atau laptop, sekaligus menunjang pekerjaan.


Namun media tersebut bukan tanpa kekurangan, karena bisa pula mengakibatkan dampak buruk. Jika anda hanya menggunakan komputer di waktu tertentu, tentu hal tersebut tidak akan menjadi masalah berarti.

Namun apa jadinya jika anda sering menggunakan kedua media tersebut? Tentu saja anda bisa mendapat efek buruk jika tidak bijak menggunakannya. Maka dari itu anda harus mengetahui beberapa Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer atau Laptop. Kami telah menyiapkan ulasan singkatnya untuk anda. Selamat menyimak!

Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer atau Laptop


Berikut ini beberapa tips yang pernah disampaikan oleh seorang ahli kesehatan bernama Dr Boyke, agar anda tetap sehat saat bekerja di depan komputer atau laptop;

Atur Posisi Tubuh

Saat bekerja di depan komputer, anda harus mengatur posisi tubuh dengan benar. Caranya adalah dengan duduk secara tegak dalam keadaan rileks. Hal ini bertujuan agar tulang punggung tetap dalam kondisi yang benar. Jangan lupa untuk mengistirahatkan jari-jari anda setelah lama mengetik.

Sering Mengedipkan Mata

Duduk terlalu lama di depan komputer atau laptop tentu akan membuat mata cepat lelah. Maka dari itu anda harus sering mengedipkan mata dengan intensitas yang teratur. Selain mencegah mata agar tidak muda lelah, hal tersebut juga bertujuan untuk menghindari penyakit mata yang mungkin bisa timbul seperti mata perih, mata kering, dan lain-lain.

Batasi Waktu Penggunaan

Seperti kita ketahui bahwa tubuh memiliki batasan dan kapasitas tertentu. Hal tersebut berlaku dalam segala aktivitas termasuk saat berada di depan komputer atau laptop. Aturlah batas waktu penggunaan, tergantung dari kapasitas dan kemampuan anda. Intinya, jangan memaksakan bekerja di depan komputer dalam waktu lama yang bisa mengakibatkan tubuh lelah dan tenaga terporsir habis. Idealnya, anda harus beristirahat sejenak setelah bekerja lebih dari satu jam. Pergilah keluar untuk mencari udara segar jika hal tersebut diperlukan.

Gerakkan Bagian Tubuh

Jika anda memiliki waktu kerja yang panjang di depan komputer, maka disarankan untuk menggerakkan beberapa bagian tubuh seperti leher, jemari kaki, dan jemari tangan. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari rasa keram. Dengan demikian, kondisi tubuh anda akan tetap stabil dan bisa bekerja dengan optimal.

Berolahraga

Secara seklilas, hal ini tampak tidak memiliki kaitan dengan bekerja di depan komputer. Namun sebenarnya olahraga adalah bagian yang cukup penting untuk menunjang aktivitas tersebut. Jika anda sering bekerja di depan komputer atau laptop, maka otomatis pergerakan tubuh menjadi minim. Jika terjadi dalam waktu lama, maka tentu saja hal tersebut akan berdampak buruk pada tubuh. Dengan demikian anda harus mengimbanginya dengan olahraga rutin. Lakukanlah olahraga ringan minimal 30 menit sehari.

Itulah beberapa Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer atau Laptop menurut dokter dalam sebuah blog kesehatan miliknya. Semua tips di atas tentu sangat wajib dipraktekan oleh semua orang supaya kesehatan tetap terjaga, khususnya bagi mereka para pekerja kantoran. Efek buruk yang terjadi tidak akan datang secara langsung, melainkan terjadi dalam jangka panjang.

Maka dari itu sangatlah penting untuk melakukan pencegahan sejak dini, supaya kesehatan anda tetap terjaga dan tidak menimbulkan berbagai efek yang tidak diinginkan. Sekian ulasan kami tentang Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar