11 Nov 2018

Lupa Password Gmail? Tenang, Ini Solusinya!

Sekarang di dunia ini sepertinya tidak ada orang yang tidak punya akun Gmail. Pasalnya memang akun Gmail ini digunakan untuk bisa download aplikasi dan game yang ada di Play Store. Siapa yang punya HP Android, pastilah punya akun Gmail.


Ternyata tidak sedikit orang yang cuma menggunakan akun Gmail sambil lalu. Ketika butuh untuk login di akun Gmail, mereka lupa password-nya. Kamu juga begitu? Santai saja, saya sendiri juga sering didatangi kerabat saya juga karena masalah ini. Sepupu saya juga berkali-kali ke rumah karena lupa password Gmail. Konyol? Tidak juga. Karena memang tidak semua orang itu pengguna teknologi yang baik. Kadang mereka cuma ingin pakai saja, tanpa mau menghapal apapun. Itu wajar.

Bahkan saya sempat lihat tulisan di blog https://bukugue.com/lupa-password-gmail/ ada 570 lebih komentar yang menanyakan dan punya masalah tidak bisa login Gmail gara-gara lupa password. Berarti ini masalah banyak orang dan cukup serius. Kalau dipikir-pikir, iya juga sih. Apalagi jika Gmail dipakai untuk kebutuhan kerja atau sekolah. Kalau tidak bisa masuk 'kan, jadi berabe.

Berikut ini adalah cara yang saya lakukan ketika saya lupa password akun Gmail saya.

Tips Lupa Password Gmail

Pertama,  ketika kamu lupa password Gmail-mu jangan panik. Sekali lagi, jangan panik. Tetap tenang. Karena jika kamu panik, pasti kamu akan melakukan banyak kesalahan lainnya.


Yang kedua, masukkan sandi yang kamu ingat. Jika ternyata salah, maka klik "Lupa sandi?" untuk diarahkan membuat sandi baru oleh Google.


Ketiga, kamu bisa memasukkan sandi terakhir yang kamu buat. Hal ini bisa kamu gunakan jika kamu sering mengganti password-mu. Tapi jika itu adalah password yang pertama, kamu bisa klik "Coba cara lain".


Keempat, siapkan HP Android yang ada akun Gmail-nya di sana. Cara ini saya pakai karena saya anggap paling mudah. Apalagi jika ternyata nomor HP yang kamu pakai untuk daftar Gmail sudah hangus atau hilang. Lalu klik "Ya" untuk mengirim notifikasi di HP Android-mu.

Maka akan muncul konfirmasi seperti gambat di bawah ini. Klik konfirmasi tersebut di HP Android-mu.


Kemudian akan muncul pertanyaan seperti di bawah ini. Pilih "Yes".


Jika kamu sudah memilih "Yes" akan muncul tebakan angka. Kamu bisa memilih angka yang muncul di komputermu untuk kamu klik di HP Android-mu.

Kelima, masukkan sandi atau password Gmail-mu yang baru. Ingat, kamu bisa menuliskan password-mu ini di tempat yang aman. Agar nanti bisa kamu buka lagi jika kamu lupa password.


Setelah kamu memasukkan password Gmail yang baru, maka akan muncul notifikasi seperti di bawah ini.


Akan ada pilihan untuk mengaktifkan masuk dengan sederhana. Saya pilih ini agar lebih mudah login di Gmail saya dengan bantuan HP Android (tanpa memasukkan password).


Bagaimana? Apakah kamu berhasil menerapkan cara lupa password Gmail yang saya bagikan ini? Semoga saja kamu berhasil yah! Jika kamu ada pertanyaan, silakan komentar di bawah ini.

Atau nih misal saya balasnya tidak cepat, kamu bisa langsung menuju pusat resolusi yang disediakan oleh Google di https://productforums.google.com/forum/#!topic/forum-bantuan-id/A9kIj1NmJDA;context-place=topicsearchin/forum-bantuan-id/category$3A(gmail--inbox)$20is$3Afirstpost%7Csort:relevance. Semoga masalahmu terselesaikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar