Featured Post

Ini Dia 4 Ciri-ciri Kopi Luwak Asli

Kopi luwak sangat terkenal karena aroma dan cita rasa yang khas. Proses pembuatannya yang terbilang unik dan tentu saja harganya yang mahal membuat kopi asli Indonesia ini semakin terkenal. Bahkan konon kopi luwak adalah salah satu kopi termahal di dunia.


Karena harganya yang begitu mahal tentu saja kita harus berhati-hati dalam memilih dan membeli kopi luwak. Jangan karena harganya relatif lebih murah dari kopi luwak yang lain kita tergiur dan tertipu kopi luwak palsu. Apalagi kalau kita sudah bayar mahal untuk kopi luwak ternyata yang kita dapatkan palsu. Karena itu ayo kita cari tahu ciri-ciri kopi luwak asli sebelum membeli.

Ada banyak kopi luwak mentah yang dijual dipasaran. Baik dalam bentuk bubuk maupun biji kopi biasanya yang telah di roasted atau sangrai. Sebelum membeli kopi luwak, biar tidak terjebak pemalsuan kita lihat ciri-cirinya dahulu. Yang pasti tidak ada kopi luwak yang dikemas dalam bentuk sachet instan.

1. Aroma Kopi Luwak

Pertama bisa kita bedakan dari aromanya. Baik ketika masih dalam bentuk bubuk maupun sudah diseduh aroma kopi luak cenderung kuat. Selain kuat, aroma kopi luak juga bisa menyebar dengan radius yang lebih luas. Jadi tanpa terlalu mendekatkan hidung ke bubuk kopi kita sudah mencium aromanya.

2. Warnanya

Jika kita ingin membeli yang masih dalam bentuk green bean kita bisa membedakan dengan mengamati tampak fisik kopi tersebut. Green bean kopi luak asli berwarna hijau agak ke kuning-kuningan. Amatilah dengan teliti karena mungkin saja penjual mencampurkan antara kopi luwak asli dengan kopi biasa. Green bean kopi biasa biasanya berwarna hijau tua.

3. Setelah diseduh

Ketika telah diseduh pun kita masih bisa melihat ciri-ciri kopi luwak asli. Dari seduhannya saja kita sudah bisa melihat apakah kopi luwak itu asli atau tidak. Cirinya adalah pada seduhan kopi luwak asli kita akan menemukan semacam krim putih di permukaannya meskipun kopi tersebut tidak kita campur dengan bahan lain. Kira-kira krimnya terlihat seperti krim pada esspresso meskipun jumlahnya jauh lebih sedikit.

4. Cita Rasa Yang Kuat

Ciri selanjutnya terdapat di rasanya. Kopi luak memiliki rasa yang sangat kuat, jauh lebih kuat dari kopi biasa. Sekitar 30 menit setelah diminum sekalipun rasa dari kopi luak masih akan tertinggal di tenggorokan. Rasa yang kuat ini menjadi ciri sekaligus daya tari dari kopi luwak. Hanya dengan kopi luwak asli kita akan mendapatkan rasa yang begitu kuat semacam ini.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengidentifikasi kopi luwak yang asli. Tetapi satu yang pasti, tidak ada kopi luwak yang dijual dengan harga seribuan dalam kemasan sachet instan.

Biasanya kopi luwak asli memiliki harga berkisar antara 100 sampai dengan 200 ribu tiap seratus gram. Harga yang tinggi ini tak lepas dari proses produksi yang membutuhkan waktu lama dan sulit.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments