10 Jan 2018

Es Teh dan Waktu yang Baik Mengkonsumsinya

Teh memang tidak pernah habis dibahas dalam berbagai keadaan. Pasalnya teh ini hampir sama dengan kopi, banyak sekali yang suka dengannya. Teh juga disajikan dengan berbagai keadaan yang variasi yang menyenangkan. Ada yang suka dengan teh panas atau hanya sekedar hangat. Ada lagi yang lebih suka disajikan dalam bentuk es teh. Saya sendiri pun kadang di saat-saat tertentu lebih milih dalam bentuk es teh dibandingkan teh hangat. Apalagi kota Surabaya ini terkenal sangat panas.

Terkait minum es teh sendiri, ada saat-saat di mana kamu tidak boleh minum es teh dan ada saat di mana kamu dianjurkan untuk minum es teh. Berikut ini adalah waktu-waktu terbaik dan terburuk saat mengkonsumsi es teh berdasarkan pengalaman saya.

Waktu Terburuk untuk Minum Es Teh

Ternyata minum es teh pun tidak boleh sembarangan loh. Ada waktu-waktu terlarang untuk minum es teh. Hal ini sudah saya alami sendiri dan saya merasakan bagaimana akibatnya.

Minum Es Teh Setelah Makan

Dulu saya sangat suka sekali minum es teh. Setiap kali selesai makan, saya minum es teh. Sampai-sampai setiap pesan makanan, pasti minumannya adalah es teh.

Awalnya saya tidak menyadarinya. Setiap kali selesai makan, rasanya perut saya kembung. Tidak hanya satu atau dua kali saja saya mengalami hal yang seperti itu. Itu berlalu bertahun-tahun loh.

Ternyata memang sangat tidak dianjurkan untuk minum es teh setelah makan. Salah satu akibatnya ya itu, rasanya kembung dan sebah. Tak hanya itu sih, jika kamu terbiasanya minum es teh setelah makan, itu akan mengurangi penyerapan terhadap zat besi yang kamu dapatkan dari makanan. Akibatnya kamu akan merasa pusing dan mengantuk.

Itulah mengapa ada fenomena orang yang habis makan, malah menjadi mengantuk. Salah satu penyebabnya adalah penyerapan zat besi makanan yang terganggu akibat minum es teh setelah makan.

Minum Es Teh Saat Buka Puasa

Sangat banyak terjadi di lingkungan kita buka puasa hidangan minumannya berupa es teh. Dulu awalnya keluarga saya juga melakukan itu. Bahkan hingga sekarang seperti itu.

Padahal, minum es teh saat berbuka puasa ini tidak sepenuhnya baik. Justru bagi kamu yang tidak kuat dan punya masalah dengan asam lambung, bisa muntah. Mengapa bisa begitu? Karena memang teh ini bisa meningkatkan asam lambung dalam tubuh kita.

Sebaiknya jika kamu ingin meminum es teh saat berbuka, pastikan kamu makan-makanan yang lainnya terlebih dahulu. Atau kamu bisa memulainya dengan minum air putih dulu jika memang haus, setelah itu makan-makanan yang lain, baru minum es teh. Setidaknya itu akan lebih aman dan tidak menyebabkan mual atau muntah.

Minum Es Teh Saat Sahur

Saya mengalami sendiri dulu sering minum es teh saat sahur. Sebenarnya tidak hanya es teh sih, teh hangat kasusnya juga sama. Minum es teh saat sahur ini bisa menyebabkan seharian perutmu jadi kembung dan sering kentut (pertanda maag mulai kambuh).

Bahkan untuk mengatasi ini saya menggunakan obat maag, namun tetap saja tidak menghilangkan efeknya 100%. Hanya mengurangi efek kembung sedikit saja. Yang paling ampuh adalah dengan meninggalkan kebiasaan minum teh, baik teh hangat atau es teh, saat sahur.

Waktu Terbaik Minum Es Teh

Karena sebelumnya sudah saya utarakan waktu terlarang minum es teh, sekarang membahas waktu terbaik minum es teh.

Minum Es Teh Pagi Hari Sambil Ngemil

Bagi penggemar es teh, minum es teh memang bisa kapan saja. Bahkan di pagi hari yang masih dingin pun es teh bisa menemani waktu ngemil dan sarapan ringan.

Minum es teh di pagi hari sambil ngemil memang bisa meningkatkan gairah untuk bekerja. Jadi kamu bisa melakukannya di pagi hari. Jika kamu lebih suka yang hangat, kamu bisa memilih teh hangat untuk menemani pagimu.

Minum Es Teh Siang Hari

Di siang hari yang panas, memang paling enak minum yang segar-segar. Kamu bisa minum es teh di siang hari tanpa harus takut kembung. Karena memang biasanya di siang hari kondisi perutmu sudah terisi. Usahakan minum es teh ini jaraknya agak jauh dari jam makan siang yah.

Minum Es Teh Selepas Aktivitas di Sore Hari

Bagi penyuka minuman dingin, sore hari tetap nyaman minum es teh sambil menikmati matahari yang akan tenggelam. Di sela-sela selesainya beraktivitas, minum es teh menjadi hiburan tersendiri dari rasa penat kerja seharian.

Itulah waktu yang baik dan buruk saat mengkonsumsi es teh. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang suka dengan teh dan ingin tetap nyaman saat mengkonsumsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar