8 Jan 2018

Blog Custom Domain di Platform Blogger Sudah Bisa Menggunakan HTTPS

Yeay! Akhirnya blog ini www.iskael.com sudah bisa menggunakan HTTPS. Awalnya sempat pesimis karena hanya sub domain blogspot saja yang didukung HTTPS oleh Google. Namun, saat ini blog yang menggunakan layanan platform Blogger dan sudah menggunakan custom domain TLD juga bisa menikmati fitur HTTPS gratis ini.


Tak lupa, saya berterima kasih kepada Arlina Design yang sudah memberikan tutorial cara mengaktifkan HTTPS pada blog custom domain di Blogger. Sempat awalnya saya putus asa karena setelah setting saya ubah ke HTTPS, malah muncul error dan blog tidak bisa diakses.

Error setelah ganti ke HTTPS

Namun, setelah saya hapus cookies terkait URL blog saya di browser Chrome saya, akhirnya bisa juga diakses dalam HTTPS. Jadi untuk kamu yang mengalami hal ini, pastikan setelah setting HTTPS, clear cache dan cookies browser-mu.

Cara Mengaktifkan HTTPS pada Custom Domain Blogger

Untuk mengaktifkan fitur HTTPS pada custom domain di layanan Blogger ini, yang perlu kamu lakukan adalah mengakses dasbor Blogger dari URL https://draft.blogger.com. Setelah itu, pilih Settings > Basic > HTTPS. Atur seperti gambar di bawah ini.

Setting HTTPS custom domain di Blogger

HTTPS Availability = YES. Lalu cek dulu apakah blog kamu sudah bisa diakses melalui jalur HTTPS. Jika belum, jangan terburu-buru untuk mengatur HTTPS Redirect menjadi YES. Namun, jika sudah bisa diakses melalui HTTPS, maka tidak mengapa kamu set HTTPS Redirect = YES.

Yang keren dari fitur HTTPS yang disediakan oleh Blogger ini adalah kamu tidak perlu melakukan editing pada postingan kamu yang gambarnya masih menggunakan HTTP. Setelah kamu set ke HTTPS, maka secara otomatis akan di-force semuanya ke dalam HTTPS. Tidak seperti jika kamu melakukan perubahan HTTP ke HTTPS di WordPress Self-host. Saya sudah membuktikannya. Saya tidak perlu melakukan editing apa pun (di template maupun di postingan yang mengandung HTTP) dan alhamdulillah otomatis tergantikan ke HTTPS semua dengan sendirinya.

Itulah berita bahagia buat kamu yang menggunakan layanan Blogger dan custom domain sendiri. HTTPS ini sangat penting di tahun 2018. Jika tidak menggunakan HTTPS, kebanyakan akan muncul peringatan masalah keamanan di browser pengunjung blog-mu.

Selamat mencoba. Semoga pagimu menyenangkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar