Featured Post

Blogspot Sudah Mendukung HTTPS

Pagi ini ada kabar bahagia dari Google untuk pengguna blog berplatform Blogger. Pasalnya, di era ini sangat banyak website yang sudah menggunakan enkripsi untuk pengamanan lalu lintas data antara pengguna dan penyedia. Google juga memberikan kabar jika penggunaan HTTPS akan menambah skor di peringkat pencarian Google.

Hari ini, bagi kamu pengguna blogspot, kamu akan bisa mengaktifkan fitur HTTPS untuk blog-mu. Jika sebelumnya blog kamu akses dengan URL http://namablog.blogspot.com, kini bisa kamu akses menggunakan https://namablog.blogspot.com.

Bagaimana cara mengatur agar bisa diakses di HTTPS? Berikut ini penjelasannya.

Cara Mengubah Blogger Menjadi HTTPS

Pertama, masuklah ke dalam dasbor Blogger milikmu. Setelah itu pilih "Setelan > Dasar > Setelan HTTPS". Pilih "Ya".


Setelah kamu pilih "Ya" akan muncul seperti gambar di bawah.


Ada peringatan bahwa mengguanakan custom domain akan menonaktifkan fitur HTTPS. Saya juga menyertakan contoh salah satu blog saya yang menggunakan custom domain. Ternyata memang tidak didukung oleh fitur HTTP ini.


Hal ini adalah hal yang wajar. Jika kamu bertanya, kapan Blogger akan memberikan fitur HTTPS untuk custom domain? Jawabnya adalah tidak akan pernah. Mengapa seperti itu? Penggunaan HTTPS adalah dengan cara membeli SSL pada penyedia SSL. SSL itu bersifat per domain. Harga SSL sangat bervariasi, mulai dari 200 ribu hingga lebih dari 4 juta per tahun. Bayangkan jika Google memberikan SSL gratis untuk para blogger. Berapa kerugian yang dia derita? Hehe.

Harapan kedepan adalah bagaimana Google memberikan pengaturan khusus agar para blogger bisa memberikan SSL pada blog masing-masing. Namun, hingga saat ini belum ada pengaturan SSL untuk custom domain. Namun, dengan adanya fitur HTTP pada blogspot ini membuka sebuah harapan akan ada pengaturan SSL untuk platform Blogger. Semoga saja begitu.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

Post a Comment