Featured Post

Cara Mudah Menyalin Massal Kontak Ponsel Android

Lebih dari seminggu lalu saya membeli ponsel Android baru. Tentu saja hal yang pertama saya lakukan adalah memindahkan kontak yang ada di ponsel Android lama ke yang baru. Menyalin kontak dari ponsel Android sangatlah mudah. Tidak seperti dulu lagi saat menggunakan ponsel Nokia jadul. Saya masih teringat ketika teman SMA saya menulis satu per satu kontak yang ada di ponselnya. Alasannya karena ponsel tersebut mau dia jual, dia mau beli ponsel yang baru.

Memang dulu serba tidak instan seperti sekarang. Sekarang untuk menyalin kontak hanya dibutuhkan waktu kurang dari 10 menit. Bahkan mungkin tidak sampai 5 menit. Hal ini bisa kamu gunakan untuk membackup kontak kamu secara berkala, jika saja suatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada ponsel kamu.

Cara Menyalin Kontak Ponsel Android

Ada dua tahap yang dilakukan pada saat menyalin kontak; pertama adalah ekspor kontak dari ponsel lama dan kedua adalah impor kontak ke ponsel yang baru. Berikut ini adalah tahap pertama (ekspor kontak) yang saya lakukan dengan ponsel Android Lenovo A6000 Plus. Untuk ponsel Android lainnya, bisa menyesuaikan.

Sentuh tombol "Menu", sebelah kiri "Home" di ponsel Android kamu. Setelah itu perhatikan akan ada menu yang muncul. Pilih "Import/Export contacts".


Setelah itu pilih "Export to storage". Fungsi dari memilih menu ini adalah untuk menyimpan kontak dalam bentuk satu file berekstensi .vcf.


Lalu akan muncul jendela popup seperti di bawah ini. Pilih "OK".


Kemudian telusuri file hasil ekspor kontak tadi. Sekarang kamu bisa mengirim file tersebut melalui bluetooth ke ponsel yang baru. Saya yakin ponsel yang dibuat saat ini pasti memiliki fitur bluetooth.


Setelah file tersebut sudah ditransfer ke ponsel yang baru, buka file tersebut. Kamu akan ditanya dan mengkonfirmasi apakah kontak akan diimpor di ponsel kamu. Setelah itu, tunggu beberapa saat proses impor berlangsung. Lama proses tergantung jumlah kontak yang kamu impor. Sangat mudah sekali. Selamat mencoba :)

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. Ini dilenovo sy tdk Ada tombol menunya. Jd bingung ini. Bisa ditunjukkan dibagian Mana? Makasih

    ReplyDelete
  2. Pas sudah selesai disalin, saya cari di file manager sesuai alamat penyimpanannya, saya sampai salin 2x,/kok tidak ada/tdk terbaca ya? Apa krn ekstensi nya mmg tdk bs dibaca di lenovo a5000 saya? Makasih mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di-export lagi, lalu cari di foldernya lagi sesuai dengan alamatnya
      harusnya ada sih

      Delete

Post a Comment