4 Nov 2017

Harapan untuk Makassar yang Inspiratif di Bidang Layanan Kesehatan

Di banyak negera maju sudah tidak asing lagi mengenai rekam medis seseorang yang sangat detail. Namun untuk di Indonesia ini memang belum banyak rumah sakit yang terintegrasi untuk mewujudkan rekam medis yang bisa diakses di mana pun di penjuru seluruh Indonesia. Jangankan seluruh Indonesia, dalam satu kota pun terkadang tidak terintegrasi.


Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kota Makassar untuk membuat seluruh rumah sakit yang ada di Makassar terintegrasi dalam hal data rekam medis masyarakatnya yang berobat di sana. Fungsinya adalah agar rumah sakit dengan mudah tahu sebelumnya pasien ini terkena penyakit apa dan sudah ditangani sampai tahap apa.

Kita semua optimis Makassar mampu mewujudkan program integrasi rekam medis dalam satu kota Makassar. Hal ini terbukti dengan terlaksananya program layanan kesehatan lainnya di Makassar. Salah satu program yang paling getol dan populer adalah Home Care Dottorota. Kedepannya memang layanan kesehatan di Makassar akan semakin berkembang pesat, tinggal tunggu waktu saja. Sebelumnya juga sudah ada program Lorong Sehat dan ambulans laut untuk menjangkau masyarakat di pulau terpencil sekitar Makassar.

Harapannya tak hanya itu saja, Makassar juga diharapkan nantinya juga mampu meratakan pelayanan kesehatannya. Pemerataan pelayanan kesehatan ini memang tak luput dari subsidi silang dari masyarakat yang kaya dan yang miskin. Untuk yang kaya ditarik lebih besar biaya sumbangannya daripada yang miskin. Namun, keduanya mendapat pelayanan yang sama-sama baiknya tidak memandang kaya atau miskin. Tentunya ini melibatkan banyak pihak, salah satunya adalah dinas ketenagakerjaan dan perpajakan yang langsung memotong gaji secara progresif.

Dengan terselenggarakan pemerataan kesehatan bagi masyarakat Makassar, bukan tidak mungkin jika nantinya Makassar bisa bersaing dalam kancah internasional dalam hal pelayanan kesehatan. Namun, dalam waktu dekatnya setidaknya menjadi kota percontohan bagi kota-kota lainnya di Indonesia.


Dalam proses mewujudkan banyak harapan tadi, Astra juga turut mendukung Makassar dalam membangun bangsa. Hal ini bisa dilihat dari keseriusan Astra dalam program Inspirasi 60 Tahun Astra yang mengajak banyak elemen masyarakat khususnya masyarakat Makassar untuk bersama mendukung Makassar dalam mewujudkan Makassar Kota Inspiratif Bidang Layanan Kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar