13 Sep 2017

Diving dan Beberapa Peralatannya yang Wajib Anda Persiapkan

Bagi kamu yang menyukai dengan dunia petualangan, tentu sudah paham dengan yang dinamakan diving, yang mana hal ini merupakan suatu aktifitas dalam berenang yang menyelam hingga ke dalam laut. Namun tidak jarang diantara para petualang yang masih belum tahu perbedaan hal ini dengan snorkeling. Perbedaannya hanya terletak pada keberadaan dalam hal menjelajahi laut saja, Karena kalau snorkeling hanyalah berenang di permukaan laut saja serta snorkeling pun juga menggunakan alat bantu pernafasan berupa selang atau snorkel yang mana hal ini akan membantu penyelam dalam hal bernafas, sehingga penyelam tidak akan kesulitan untuk bernafas.


Sebelum kamu melakukan pelatihan untuk menjelajahi laut hingga dalam, maka sebaiknya kamu selalu memperhatikan perlengkapan serta peralatan yang wajib kamu miliki agar penyelaman kamu mampu berjalan dengan sebaik mungkin serta tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, oleh sebab itu pastikan bahwa segala perlengkapan sudah tersedia dan dalam keadaan yang sempurna dan juga aman.

Sedangkan dalam hal melakukan pelatihan diving pun juga tidaklah di lakukan dengan tangan terbuka, yang artinya kamu tidak boleh asal menyelam begitu saja tanpa menggunakan perlengkapan yang lengkap, karena perlengkapan sebelum melakukan penyelaman merupakan suatu hal yang hukumnya wajib untuk menghindarkan segala sesuatu yang dapat membahayakan diri penyelam, oleh sebab itu lah selalu perhatikan pada peralatan yang ada di bawah ini, terlebih lagi bagi kamu yang masih dalam tahap belajar.

Inilah beberapa peralatan yang wajib kamu persiapan sebelum melakukan penyelaman ke dalam laut, yaitu sebagai berikut ini:
  1. Tabung. Alat ini digunakan untuk menyimpan udara.
  2. Regulator. Selang regulator inilah yang nantinya kan menyalurkan dari tabung ke mulut.
  3. Oktopus. Alat ini memiliki fungsi untuk menyambungkan selang regulator ke mulut dengan cara di gigit.
  4. Deep gauges. Alat ini merupakan alat pengukur pada kedalaman.
  5. Pressure gauges. Alat ini berfungsi untuk mengukur pada tekanan atau kapasitas pada tabung yang ada di dalam tubuh penyelam.
  6. BCD. Alat ini berbentuk seperti rompi yang bertugas untuk menempelkan tabung ke tubuh penyelam.
  7. Weight belt. Alat ini berupa besi serta sabuk untuk menambah berat tubuh supaya dapat tenggelam.
  8. Wetsuit. Alat ini berupa baju selam yang akan menutupi rapat tubuh penyelam.
  9. Masker. Masker ini berguna untuk melihat dalam air.
  10. Fin. Alat bantu yang juga di sebut sebagai kaki katak.

Seperti yang kamu ketahui dalam hal melakukan penyelaman pun tidak dapat dilakukan dengan cara yang asal-asalan saja, karena segala sesuatunya membutuhkan peralatan yang safety yang berguna demi kelancaran para penyelam, karena melakukan penyelaman di dalam laut pun juga memiliki potensi resiko yang jauh lebih besar. Sehingga dengan menggunakan peralatan yang lengkap serta aman akan menjaga diri penyelam.

Bagi kamu yang sedang belajar melakukan diving, maka ada beberapa hal yang wajib untuk kamu perhatikan yaitu sebagai berikut ini:
  1. Tenang dan yakin. Jika kamu pandai berenang, maka yakinlah bahwa kamu bisa melakukannya, dan hilangkan perasaan takut.
  2. Lakukan prosedur entry dengan cara yang benar dan tepat.
  3. Ikutilah segala petunjuk yang telah diberikan oleh instruktur.
  4. Lakukanlah pada pergerakan tubuh yang benar serta sesuai dengan prosedur yang dianjurkan.
  5. Ekualising saat turun.
  6. Jangan takut, nikmatilah setiap pemandangan dalam laut yang kamu lihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar