19 Mei 2017

Gejala Sakit Ginjal pada Wanita yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

Gejala sakit ginjal pada wanita seringkali tidak terdeteksi di awal dan lebih sering baru diketahui ketika kondisi penyakit sudah semakin parah. Namun bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah dan ditangani sejak dini. Anda hanya perlu mengetahui apa saja gejala umum yang biasa terjadi. Jika Anda tahu apa saja gejala penyakit ginjal sejak awal, maka Anda juga bisa mencegah penyakit tersebut menjadi lebih parah.


Beberapa Gejala Sakit Ginjal pada Wanita Secara Umum

Setiap orang umumnya hanya memerlukan satu ginjal untuk kehidupan sehari-hari, walaupaun sebenarnya manusia mempunyai dua ginjal. Akan tetapi jika salah satu atau keduanya tidak berfungsi normal, pasti akan muncul beberapa gangguan kesehatan. Lalu bagaimanakah gejala sakit ginjal pada wanita secara umum?

1. Gatal Berlebihan

Anda sering merasa gatal? Mungkin terjadi karena ada masalah di kulit. Tapi mungkin juga ginjal Anda sedang bermasalah. Penjelasannya cukup logis, ketika ginjal seseorang tidak berfungsi secara normal lagi, maka zat-zat sisa di dalam tubuh akan menumpuk. Hal tersebut akan membaut darah banyak mengandung zat sisa dan mengakibatkan rasa gatal di kulit secara berlebihan. Bahkan jika digaruk secara terus menerus, bisa menimbulkan luka dan pendarahan. Umumnya pada wanita gejala ini muncul di pergelangan kaki atau pergelangan tangan.

2. Kedinginan

Gejala sakit ginjal pada wanita yang berikutnya adalah wanita sering mengalami kedinginan sampai menggigil. Mengapa bisa demikian? Perlu Anda ketahui bahwa ketika ginjal sudah tidak berfungsi normal lagi, maka bisa mengakibatkan tubuh kekurangan sel darah merah atau anemia. Hal tersebut membuat tubuh menjadi terasa dingin dan bisa sampai menggigil ketika malam hari, meskipun suhu sekitar tidak terlalu dingin. Untuk mewaspadai kondisi ini, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan diagnosa yang lebih pasti.

3. Sulit Konsentrasi

Masih terkait dengan poin sebelumnya, kekurangan sel darah merah atau anemia juga bisa menimbulkan gejala lain. Diantaranya adalah penderita menjadi sulit berkonsentrasi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kadar oksigen yang dikirim ke otak. Dengan demikian, seseorang yang ginjalnya bermasalah akan sering merasa pusing dan kesulitan berkonsentrasi saat beraktivitas. Bahkan yang berbahaya adalah, ketika kondisi sudah semakin parah, penderita bisa mudah terjatuh saat berjalan, karena kehilangan keseimbangan.

4. Sesak Napas

Di dalam tubuh, ginjal berperan untuk mengatur jumlah cairan. Jadi jika ginjal tidak bekerja normal lagi, akan banyak cairan yang tidak terbuang dan menumpuk di dalam tubuh. Cairan tersebut bisa sampai masuk ke paru-paru dan menyebabkan sesak napas. Apalagi produksi sel darah merah yang mengangkut oksigen juga terganggu saat ginjal bermasalah. Hal tersebut membuat napas lebih mudah habis.

5. Sakit Pinggang

Jika Anda merasa sering sakit pinggang, jangan disepelekan. Bisa jadi itu bukan hanya pertanda kalau Anda sedang lelah. Tapi itu bisa jadi salah satu gejala sakit ginjal pada wanita. Ginjal bermasalah umumnya memang sering membaut penderita mengalami nyeri di sekitar pinggang. Meskipun awalnya dianggap biasa saja, namun jika tidak ditangani lebih lanjut bisa mengakibatkan kerusakan ginjal yang semakin kronis.

Dengan demikian Anda bisa lebih mewaspadai apa saja gejala sakit ginjal pada wanita yang umum terjadi di awal-awal. Jangan sampai gejala-gejala tersebut jadi semakin parah. Selain itu biasakan mengonsumsi air putih dan istirahat secara cukup untuk tetap menjaga kondisi kesehatan ginjal. Semoga bermanfaat.

Sumber: dedaunan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer Terbaru Komentar
Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia