23 Nov 2016

Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi

Hiperglikema atau gula darah tinggi adalah kondisi kadar glukosa mengalami peningkatan. Biasanya hiperglikema dialami oleh penderita penyakit diabetes. Kondisi gula darah tinggi ini dapat berbahaya jika tidak ditangani. Gula darah tinggi memiliki ciri terjadinya penurunan berat badan, padahal nafsu makan bertambah. Penderita gula darah tinggi sering merasakan haus dan mulut kering. Buang air kecil terlalu sering di malam hari juga menunjukan gejala gula darah tinggi. Jika kamu merasa mudah lelah dan mengantuk, bisa jadi kamu mengalami gejala gula darah tinggi.

Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah yang tinggi pada tubuh dapat menyebabkan efek seringnya terkena infeksi gigi. Kamu juga menjadi mudah gelisah dan menyebabkan penegelihatan menjadi buram. Sehingga kamu harus mengatasi gula darah segera mungkin. Gula darah tinggi dapat diturunkan dengan beberapa cara. Yuk, simak cara menurunkan gula darah tinggi.

Memperbaiki Pola Makan

Penderita gula darah tinggi sebaiknya memperbaiki pola makan, sehingga gula darah tinggi dapat diatasi. Kamu bisa mengkonsumsi alpukat, bawang putih, kacang-kacangan, buah ceri, dan kayu manis. Makanan tersebut dapat menurunkan kadar gula darah. Tapi tidak disarankan mengkonsumsi makanan tersebut dengan tambahan gula atau pemanis lainnya.

Batasi Asupan Karbohidrat

Mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak tidak akan baik bagi tubuh. Kamu tetap boleh mengkonsumsi karbohidrat tetepi porsinya harus sesuai. Sumber karbohidrat yang bisa kamu pilih adalah nasi merah, biji-bijian utuh dan ubi.

Makan Teratur

Sarapan menjadi hal yang paling utama jika kamu ingin menurunkan gula darah. Karena jika kamu melewatkan sarapan, kamu akan merasa lebih lapar lagi di waktu makan berikutnya. Sehingga kamu nantinya malah akan makan dengan porsi yang banyak dan dapat menaikan gula darah. Sangat disarankan untuk makan tiga kali sehari dengan porsi normal. Kamu juga boleh memakan cemilan sehat seperti buah-buahan. Hindari cemilan yang mengandung banyak pemanis dan camilan yang kurang sehat.

Hindari Stres

Stres dapat memicu naiknya gula darah, sehingga penderita gula darah tinggi sangat dianjurkan untuk tidak mengalami stres. Segera atasi stres yang kamu alami agar tidak membuat kondisi gula dari semakin meningkat.

Olahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin dapat membantu menstabilkan gula darah. Kamu dapat melakukan olahraga minimal satu jam tiap minggu secara teratur. Dengan olahraga secara teratur otot-otot tubuh terlatih kekuatannya sehingga dapat memaksimalkan penggunaan gula darah pada tubuh. Tapi perlu diperhatikan untuk tidak melakukan aktivitas fisik secara berlebihan karena justru dapat memicu gula darah rendah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia