27 Sep 2016

Remote TV Polytron Tidak Berfungsi? Mungkin Ini Penyebabnya!

Televisi menjadi salah satu peralatan elektronik yang dimiliki hampir oleh setiap rumah atau kepala keluarga. Benda yang berbentuk persegi tersebut dapat menampilkan gambar yang berisi informasi dan hiburan. Saat ini, hampir sebagian besar televisi misalnya Polytron yang menjadi salah satu raksasa produsen peralatan elektronik rumah tangga tersebut, dilengkapi dengan remote. Fungsi dari benda tersebut adalah untuk mengendalikan tv Polytron dari jarak jauh. Namun, terkadang remote tv Polytron tidak dapat digunakan atau tidak berfungsi karena penyebab berikut.


Pertama adalah adanya kerusakan pada komponen pasir atau di resistor ataupun condensator. Kerusakan ini adalah salah satu kerusakan yang jarang ditemui di remote tv termasuk remote untuk tv Polytron namun tidak menutup kemungkinan jika penyebab ini yang membuat pengendali TV Polytron dari jarak jauh Anda menjadi tidak berfungsi. Untuk mengetahui kerusakannya di bagian komponen pasif ini, tentunya Anda harus membongkar remote tersebut untuk melihat apakah terdapat kerusakan di komponen. Biasanya, jika orang yang tidak mengetahui mengenai elektro mencoba membongkar remote tersebut, justru membuat remote bertambah parah karena tidak mengetahui letak kerusakan dan akhirnya memilih untuk membeli remote pengganti.

Kedua adalah terdapat kerusakan di komponen aktif yaitu di transistor atau di IC. Sama seperti kerusakan di komponen pasif, Anda juga harus membongkar remote tersebut dan jika benar terdapat komponen yang rusak maka Anda harus menggantinya dengan komponen yang sejenis atau yang bertipe sama dengan yang ada di komponen asli. Ketiga adalah jalur PCB rusak yang dapat mengakibatkan remote menjadi tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan penyambungan ataupun perbaikan pada jalur PCB pada remote tersebut.

Keempat adalah karena casing remote yang pecah. Sadar atau tidak, jika casing remote, termasuk remote tv Polytron pecah, tidak hanya dapat membuat komponen yang ada di dalam remote tersebut cepat rusak, misalnya terlepas dan hilang, namun juga dapat membuat Anda menjadi miss atau salah pencet karena tombol pada PCB yang tidak pas. Akibatnya, Anda menjadi tidak dapat memberikan perintah yang benar ketika mengendalikan TV Polytron dengan menggunakan remote tersebut.

Kelima adalah komponen CF rusak. Komponen CD berfungsi sebagai pembangkit dari frekuensi pembawa data atau perintah yang berasal dari remote control. Jika komponen pada pengendali tersebut rusak maka data yang diperintahkan juga tidak dapat terkirim ke TV dengan baik, sehingga tidak ada perintah yang diberikan atau remote tidak bekerja. Komponen yang biasanya berbentuk kotak dan berkaki 2 atau 3 tersebut berwarna biru/kuning/hitam/orange dan jika rusak harus segera diganti agar dapat digunakan kembali.

Keenam adalah karena terjadi kerusakan di LED infra red sehingga tidak dapat mengirim data atau perintah dari remote ke tv. Ketujuh adalah karbon yang sudah tipis atau aus. Pada bagian bawah remote, biasanya terdapat lapisan karbon yang jika habis atau menipis akan membaut remote tidak dapat digunakan dengan maksimal bahkan tidak berfungsi. Cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan alumunium voil pada pembungkus rokok sebagai penggantinya atau dengan karbon cair.

Penyebab kerusakan lainnya pada remote tv Polytron yaitu:
  1. Papan PCB yang kotor atau lembab dan penyebab ini hanya dapat diketahui ketika remote tersebut dibongkar. Untuk mengembalikan fungsi remote, Anda harus mengelapnya hingga bersih dan kering. 
  2. Terminal baterai berkarat karena terlalu lama dipasang atau menggunakan baterai yang murahan. 
  3. Baterai habis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia