5 Mar 2016

Mengenal Perbedaan Plasma TV, LCD TV, dan LED TV

Perkembangan teknologi alat elektronik seperti televisi semakin lama semakin canggih. TV jenis tabung sekarang sudah mulai ditinggalkan seiring datangnya era TV digital. Gambar digital lebih jernih dan tajam. TV tabung sudah tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi terakhir. Oleh sebab itu produsen terkenal seperti LG, Sony, Samsung dan lainnya juga tidak memproduksi TV tabung lagi. Mereka justru memproduksi Televisi layar datar. Televisi layar datar memiliki banyak kelebihan, diantaranya tampilan gambar dan suara yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis tabung. Televisi layar datar bisa berupa Plasma TV, LCD TV dan LED TV. Nah, tahukah perbedaan antara ketiganya?

Plasma TV atau Plasma Display Panel TV, bisa dikatakan ini adalah televisi layar datar yang berukuran besar, kualitas tajam dan harga yang lebih ekonomis. Sebelum kemunculan LCD dan LED TV, Plasma TV cukup populer karena banyak kelebihan yang dimiliki, seperti warna hitam yang lebih tajam jika dibandingkan dengan TV tabung, bahkan jika dibandingkan dengan LCD TV. Contrast rasio juga tinggi yakni 1 : 2.000.000. Sudut pandang TV lebih besar, dan Refresh Rate serta Response Time jauh lebih cepat, sehingga gambar kabur bisa diminimalisir.


Plasma TV

Kelemahan Plasma TV adalah jika ada gambar diam dan ditampilkan dalam waktu yang cukup lama, maka akan terlihat berbayang. Selain itu kualitas gambar akan mengalami penurunan seiring dengan seringnya penggunaan, walau ini terjadi setelah waktu yang cukup lama. Namun demikian, ukurannya lebih berat dari LCD TV. Ukurannya tidak tersedia untuk dibawah 42 inci. Daya listrik juga lebih besar.

LCD TV

Sebenarnya LCD TV diperkenalkan di pasaran terlebih dahulu dibandingkan dengan Plasma TV. Namun karena kalah populer dengan Plasma TV, LCD TV generasi awal akhirnya tersingkir. Harga LCD TV generasi awal juga lebih mahal. Selain itu beberapa fitur dari Plasma TV juga ikut mendongkrak popularitas Plasma TV. Namun generasi berikutnya justru berbanding terbalik karena LCD TV menawarkan harga yang lebih murah namun dengan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan Plasma TV. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan LCD TV.

Kelebihan: warna yang dihasilkan lebih realistis, memiliki teknologi anti glare atau anti bayangan. Ukuran kecil juga tersedia. Tidak ada radiasi yang dihasilkan atau dipancarkan. Selain itu, LCD TV juga bisa digunakan sebagai monitor dari komputer. Kebutuhan listrik juga lebih rendah jika dibandingkan dengan Plasma TV.

Kekurangan: kualitas gambar bisa menurun jika dilihat dari sudut pandang yang lebih lebar. Ukuran TV juga besar maka harga yang ditawarkan juga mahal jika dibandingkan dengan Plasma TV. Response Time dan Refresh Rate juga lebih rendah dibandingkan dengan Plasma TV oleh sebab itu gambar yang dihasilkan bisa kabur.

LED TV

Jenis ini adalah bentuk pengembangan dari LCD TV. Kelebihan LED TV sangat banyak, seperti tingkat contrast yang lebih baik dari LCD TV bahkan lebih tinggi dari Plasma TV. Ukurannya bisa sangat tipis, sekitar 2.5 cm. Ramah lingkungan serta konsumsi listrik yang lebih rendah sekitar 20-30% jika dibandingkan dengan LCD TV. Kelemahannya adalah harganya lebih mahal untuk fitur yang sama dengan LCD TV generasi terakhir. Harga LED TV termurah sekitar 20% lebih tinggi dari LCD TV.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia