26 Feb 2016

Tips Belajar Efektif Menyambut Ujian Masuk Universitas

Menghadapi ujian masuk IPB (Institut Pertanian Bogor) bagi semua pihak yang bersangkutan tentunya meningkatkan intensitas belajar. Belajar lebih giat menjadi agenda rutin setiap pergantian tahun dan perlu berpindah ke jenjang universitas. Sebab dengan kesiapan materi yang tersimpan di memori otak maka akan lebih sigap menyelesaikan soal ujian masuk. Sayangnya tidak semua calon mahasiswa merasakan kemudahan dalam mempelajari dan mengingat apa yang barusan dipelajari.

Kesulitan dalam mempelajari materi yang sudah pernah dipelajari ketika di masa SMA bisa karena rasa gugup atau alasan lain. Sebagai bentuk bantuan mempermudah menyelesaikan ujian masuk Institut Pertanian Bogor. Maka berikut tips belajar dengan lebih mudah:

Belajar Materi Yang Memang Menjadi Inti

Mempelajari dan membaca semua lembaran buku pelajaran zaman SMA kemarin tentunya tidak cukup dilakukan semalam saja. Cara sederhananya ialah dengan mengambil point inti dari setiap bab pelajaran yang ada. Mengingat inti suatu pembahasan tentu akan lebih mudah dan menghemat waktu serta tenaga agar bisa masuk ke dalam memori otak.

Belajar Secara Sistematis

Belajar semalam dengan ngebut tentunya kurang begitu baik bagi kesehatan pikiran dan lebih sering terlupa apa yang sudah dipelajari ulang. Setelah mengambil pembahasan utama dan dianggap penting kemudian sering keluar saat ujian dulu. Maka Kita selanjutnya harus menimbang menyusun buku pelajaran secara sistematis, misal dari semester pertama hingga paling akhir. Belajar sistematis membuat Kita lebih mudah memahami dari yang sederhana hingga ke kompleks. Sebab semua jenjang pendidikan membahas secara bertahap dan mempermudah penerima untuk memahaminya.

Istirahat Sejenak Ketika Merasa Lelah

Belajar akan lebih efektif jika dilakukan saat tubuh segar dan tidak terlalu pusing dengan lembaran kertas berisi semua hal yang wajib dibaca. Jika merasa jenuh dan lelah istirahat sejenak bisa tiduran, jalan ke ruangan lain, atau makan camilan. Banyak hal bisa dilakukan untuk menyegarkan pikiran kembali dengan cepat dan siap untuk belajar lagi. Belajar pelan-pelan meski sedikit namun lebih mudah diingat dan lebih siap dengan ujian masuk ke IPB (Institut Pertanian Bogor).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia