22 Jan 2016

Menunggu Update Domain Authority Januari 2016

Update domain authority lumayan menjadi momen yang ditunggu oleh beberapa blogger. Meskipun mungkin sebenarnya domain authority (DA) ini tidak seberapa signifikan untuk blogger yang hanya menulis dan menulis saja. Namun, untuk blogger yang memonetasi blog-nya, domain authority ini sangat berpengaruh. Apa saja sih pengaruhnya? Yang jelas adalah blog yang memiliki domain authority di atas 20, maka blog tersebut mempunyai kesempatan yang tinggi untuk mendapatkan paid review dari advertiser.

Lantas apakah trafik juga bisa mempengaruhi domain authority? Tidak juga. Saya punya blog yang domain authority-nya tinggi, namun dari sisi trafik relatif rendah. Ada juga yang trafiknya tinggi, seperti blog ini, namun DA-nya pas-pasan. Lantas apa yang mempengaruhi skor domain authority? Kemungkinan besar adalah umur domain dan inbound link sebuah blog. Jika umur domain blog tersebut lama, punya kemungkinan memiliki domain authority yang besar. Namun, itu tidak mutlak. Mengapa memungkinan mempunyai domain authority yang besar? Karena normalnya, jika umur domain tersebut lama, biasanya sudah banyak backlink yang masuk dalam domain blog tersebut. Sedangkan inbound link sudah pasti memperngaruhi domain authority.


Nah, omong-omong mengenai update domain authority ini, awalnya dijadwalkan bakal update tanggal 14 Januari 2016 yang lalu. Hanya saja, karena adanya kecelakaan yang menimpa MOZ, akhirnya update domain authority pun diundur. Kecelakaan seperti apa? MOZ memberitakan bahwa harddisk komputer yang menghitung skor domain authority ini mengalami kerusakan. Dan sekitar 6T data yang hilang akibat musibah tersebut. Hal itu terjadi pada tanggal 7 Januari 2016 lalu. Oleh karena itu, MOZ mengabarkan akan mengumumkan update domain authority bulan ini di tanggal 29 Januari 2016 nanti.

Tentu saja momen 29 Januari 2016 ini akan cukup heboh dengan status beberapa blogger yang domain authority-nya naik maupun turun. Yang naik sih biasanya akan bersyukur, karena kesempatan untuk mendapatkan advertiser dengan bayaran yang naik. Sedangkan yang domain authority-nya turun harus bermuhasabah, kira-kira apa yang menyebabkan skor DA blog miliknya turun. Penyebab skor DA turun adalah karena jarang update artikel dan kebanyakan posting yang mengarah link keluar. Salah satu cara memperbaiki skor domain authority yang turun adalah dengan menyebar link dan menghapus link keluar yang sekiranya sudah mati, atau biasanya disebut dengan broken link.

Bagaimana? Apakah kamu siap dengan update domain authority bulan Januari 2016 ini? Mari kita tunggu kira-kira bakal naik atau turun domain authority blog ini, blog milikmu, dan blog lainnya.

9 komentar:

  1. ga sabar mau ngecek juga tgl 29

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak
      saya juga menunggu2 apakah bakal naik atau malah turun DA blog2 saya

      Hapus
  2. Wakakaka... saya malah baru tahu DA gitu ada jadwal update berkalanya, selama ini ngga pernah merhatiin... cuma dulu waktu awal2 ngeblog, sekitar tahun 2009, masih sering ngecek pagerank..

    BalasHapus
  3. Ternyata Moz bisa kecelakaan juga, saya ngecek Moz kapan ya? belum bergerak DA ku, hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja bisa mbak
      kan tidak ada yang aman dari kerusakan harddisk

      Hapus
  4. Waa ternyata domain authority saya turun karena kebanyakan link keluar :(

    BalasHapus
  5. saya malah ga begitu paham domain authority itu untuk apa ya mas, ? malah dri postingan diatas sy baru tau parameter paid review skrg bukan lg pagerank tp domain authority, suwun infonya mas

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia