3 Des 2015

Cara Sukses Budidaya Ternak Burung Kacer

Bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan ternak kacer, maka sangat perlu mengetahui bagaimana seluk beluk dari burung kacer itu sendiri. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika akan memulai usaha burung ini adalah bagaimana cara memilih burung terbaik, mengembang biakkan, serta merawatnya agar bisa menghasilkan suara yang indah. Memang, yang menjadikan hewan ini begitu mahal adalah karena suaranya yang luar biasa merdu. Namun yang kemudian menjadi halangan dalam melakukan usaha kacer ini ialah ketika burung tersebut tidak dapat mengeluarkan suara yang plong. Ada banyak penyebab yang membuat burung kacer tersebut tidak bisa mengeluarkan suara yang menawan. Akan tetapi, untuk menghindari hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kacer bisa mengeluarkan suara sebagaimana mestinya.


Suara kacer yang merdu tersebut sebenarnya bisa di pancing atau dirawat dengan beberapa cara. Salah satu faktor yang paling membuat burung tersebut sulit untuk bersuara adalah stress. Hal ini dikarenakan, ketika burung sedang dalam keadaan stress maka hal tersebut juga akan mempengaruhi tingkah lakunya. Dan jelas keadaan ini akan membuat harganya menjadi menurun. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan agar kacer bisa bersuara indah adalah memenuhi nutrisi dan juga gizinya. Burung yang kekurangan kalsium, vitamin dan zat mineral lainnya memang menjadi salah satu penyebab yang membuat burung ini enggan untuk mengeluarkan suara emasnya. Bukan hanya itu, burung yang hidup dalam pola makan atau kandang yang tidak bersih juga bisa menjadi penyebab suara burung menjadi serak. Hal ini bisa dikarenakan makanan yang dikonsumsi mengandung pestisida sehingga sangat berpengaruh terhadap suara yang dikeluarkan.

Sama halnya dengan makanan yang kotor, minuman yang tidak bersih juga bisa menyebabkan kacer bersuara serak. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda yang akan berusaha di bidang ini mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat burung ini agar menghasilkan suara yang merdu. Latihlah burung kacer yang Anda miliki secara teratur, namun jangan terlalu berlebihan sebab burung yang suaranya terlalu berlebihan dilatih akan membuat tenggorokannya menjadi kering. Hal ini justru akan membuat performa suaranya menjadi serak dan tidak bisa dijual. Setelah mengetahui cara merawat hewan ini, beberapa hal yang bisa dilakukan agar sukses dalam berwirausaha ternak burung kacer adalah mempersiapkan kandang, memilih indukan burung, membeli pakan dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman budidayakenari.com, dimana laman ini menyediakan berbagai informasi terkait burung kencar.


1 komentar:

  1. kemampuan burung juga ternyata bisa dilatih yah, sama kaya orang yang latihan nyanyi gitu kalik yak..
    Mantaps infonya nih, buat yang minat jualan burung kacer , bermanfaat ^^

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia