12 Nov 2015

Pengalaman Terima Paket Via GO-JEK

Berbelanja online memang sekarang lebih mudah. Apalagi sekarang banyak sekali jasa logistik yang bisa kita manfaatkan. Harganya pun ada yang terjangkau hingga mahal, tergantung tiap kurir. Belakangan ini GO-JEK yang dulunya sekedar sebagai ojek panggilan juga merambah ke bisnis kurir. Di beberapa kota besar kita bisa membeli barang yang nantinya diantar dengan GO-JEK.Untuk beberapa marketplace seperti Tokopedia layanan GO-JEK baru bisa digunakan untuk area Jabodetabek. Meski sebenarnya di Surabaya pun GO-JEK sudah beroprasi.

Beberapa saat yang lalu saat belanja lewat Tokopedia, barang saya diantarkan menggunakan GO-JEK. Padahal saya memilih opsi kurir JNE. Mungkin karena sang penjual masih berada satu kota dengan saya jadi lebih memilih menggunakan GO-JEK. Sekitar jam tujuh malam ada telfon dari nomor gak dikenal. Eh, ternyata itu adalah pengemudi GO-JEK yang menanyakan alamat rumah saya dengan detail. Jadi saat itu suami memberikan alamat kami dengan Google Maps. Selang satu jam paket saya diterima oleh suami. Senang sekali rasanya kalau belanja online barangnya cepat sampai.

Kesulitan Klaim Barang

Seperti biasa setelah mendapatkan paket maka saya harus mengklaim bahwa paket sudah diterima. Sehingga sang penjual bisa mendapatkan haknya. Tapi setelah saya cek ponsel Android saya, ternyata masih berstatus "Pesanan sedang diproses". Kalau begini maka saya gak mungkin bisa klaim barangnya sudah diterima.

Tadinya saya abaikan dulu, mungkin karena baru sampai jadi status transaksinya belum berubah. Keesokan harinya saya masih melihat status transaksi yang sama. Saya mulai agak panik. Pasalnya sang penjual gak memasukan nomoer resi seperti biasa dikarenakan menggunakan GO-JEK. Belum lagi opsi GO-JEK sementara hanya dapat digunakan untuk wilayah Jabodetabek. Kemungkinan besar sang penjual bisa gagal mendapatkan uang dari transaksi dengan saya.

Menghubungi Bagian Layanan Pengguga Tokopedia

Bagian Layanan Pengguna
Setelah itu saya mengajukan tiket ke bagian layanan pengguna Tokopedia. Responnya sangat cepat. Awalnya saya ditanya nomor track dari GO-JEKnya. Tapi saya lupa bungkusnya udah saya buang duluan. Entah nomor tracknya ada apa gak. Dan hal ini saya jelaskan pada pihak Tokopedia.

Hanya dalam waktu kurang dari dua hari saya sudah bisa mengklaim barang yang saya beli sudah diterima meski gak ada nomor track dari GO-JEKnya. Pokoknya kita jangan lupa nomor invoicenya jadi bisa diproses oleh pihak Tokopedia. Senang sekali rasanya bisa membantu sang penjual mendapatkan halnya. Masalahnya harga barangnya pun gak murah jadi kasihan penjualnya kalau sampai transaksinya dianggap gagal oleh Tokopedia.

1 komentar:

  1. yah.. memang sih cukup memudahkan. Tapi apa benar go-jek masih tetap 10ribu?.

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia