12 Nov 2015

Pantau Pengeluaran Dengan Expense Manager

Sebagai ibu rumah tangga mengatur keuangan memang hal yang biasa. Tapi terkadang kita terlalu malas mencatat pengeluaran tiap bulannya karena malas berurusan dengan bolpen dan kertas. Saya memang termasuk orang yang malam mencatat pengeluaran. Soalnya memang lumayan ribet. Belum lagi kalau saya menggang kertas dan bolpen Aisyah bakalan ikutan coret-coret, jadi makin malas.

Di jaman yang serba digital ini memang banyak sekali aplikasi yang dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Beberapa waktu yang lalu saya diberitahu oleh kakak saya mengenai aplikasi Expense Manager. Aplikasi ini berguna untuk mencatat pengeluaran dengan mengkelompokan jenis pengeluarannya.

Mengelompokkan Pengeluaran Dengan Kategori

Pengerluaran tiap bulannya tentu bermacam-macam. Ada keperluan untuk makan sehari-hari ada juga untuk bayar listrik atau air. Kalau sekedar ditulis di buku kita akan sulit mengetahui pengeluaran terbesar kita dalam sebulan. Pada aplikasi Expense Manager kita dapat mengelompokkan pengeluaran sesuai dengan jenisnya.

Pengeluaran Kategori Transportation
Pada aplikasi Expense Manager ada lima kategori untuk mengelompokkan jenis pengeluaran. Pengeluaran dapat dikelompokkan menurut kategori yang ada yaitu kategori Other, Food and Drinks, Health, Transportation, dan Leisure. Dengan mengelompokkan pengeluaran maka kita akan mengetahui pengeluaran manakah yang mengahabiskan banyak budget.

Terbatasnya Jumlah Kategori

Tapi menurut saya kategori pada aplikasi Expense Manager ini kurang banyak. Atau seenggaknya kita bisa bikin kategori sendiri yang sesuai kebutuhan. Pada aplikasi Expense Manager gak ditemui kategori untuk budget pendidikan. Padahal ini juga termasuk penting. Apalagi bagi emak-emak yang anaknya sekolah.

Karena kategorinya sedikit, untuk pengeluaran yang gak ada jenisnya di kategori, saya masukan ke dalam kategori "Other". Dan tiap pengeluaran saya berikan catatan supaya saya mengetahui uang ini dikeluarkan untuk keperluan apa. Tapi meski begitu saya lebih suka memberi catatan pada tiap pengeluaran yang ada. Sehingga saya dapat lebih detail mengetahui pengeluarannya digunakan untuk apa.

Bagi saya aplikasi Expense Manager ini sangat berguna untuk memantau ke mana saja uang kita dihabiskan. Pernah gak sih kalian merasa pemasukan sudah sangat besar tapi kok akhir bulan gak ada sisa uang? Nah untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan aplikasi ini. Sehingga kita gak ragu-ragu lagi dan mempertanyakan uang kita ke mana aja sih.

Dengan adanya Expense Manager saya jadi rajin banget untuk mencatat pengeluaran tiap harinya. Dan memang seharusnya begitu sih. Kalau gak gitu apa gunanya dong punya aplikasi canggih. Nanti malah gak kerasa manfaat aplikasinya kalau males-males nyatet pengeluaran.

2 komentar:

  1. Bisa kok bikin kategori sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa, kemarin baru ubek2 ketemu caranya :D

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia