16 Nov 2015

Fenomena Turunnya DA Banyak Blog

Domain Authority (DA) adalah salah satu parameter untuk mengukur kualitas suatu blog. Dulu kualitas sebuah blog diukur dengan menggunakan Page Rank (PR), hanya saja PR ini sudah lama tidak update lagi sejak tahun 2013 lalu.

Sebenarnya ada keuntungan besar parameter bergantung pada DA. DA hampir tiap bulan selalu update. Sedangkanya PR dulu update hanya 6 bulan sekali. Terkadang setahun bisa 4 kali, kadang juga bisa sekali dalam setahun. Keuntungan sering update ini adalah untuk blogger pemula bisa dengan mudah tahu bagaimana blog-nya berkembang secara kualitas.

Kemarin DA ini mengalami update. Hal ini saya ketahui ketika saya mengunjungi salah satu blog kakak ipar saya. Pasalnya DA blog tersebut sebelumnya 38, entah kenapa muncul di add-ons browser saya menjadi 33. Karena penasaran akhirnya saya cek langsung di MOZ. Ternyata memang benar, DA mengalami update. Blog Iskael juga mengalami penurunan DA, awalnya 29 kini menjadi 21. Sedih memang. Selain blog ini, saya punya beberapa blog lainnya yang juga mengalami perubahan skor DA. Ada yang naik (tapi naik sedikit), ada yang turun (benar-benar drastis).

Saya kira hanya blog saya yang mengalami penurunan seperti itu. Ternyata banyak sekali blog yang mengalami fenomena DA turun drastis. Bahkan ada yang DA-nya 37 turun ke angka 22. Pasti yang punya blog bisa stres banget. Salah satu blog teman istri saya juga mengalami perubahan DA yang drastis. Dari skor DA 35 menjadi 17. Bayangkan saja bagaimana syoknya. Untungnya dia sudah diterima dalam sebuah kerja sama sebelum fenomena DA ini. Karena DA yang dibutuhkan dalam kerjasama tersebut minimal 20.

Mungkin karena fenomena ini menggejala ke banyak blogger, sore tadi saya sempat dapat email dari sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan para blogger. Inti email tersebut menginfokan tentang turunnya skor DA yang drastis banyak blog. Untungnya turunnya DA ini tidak mempengaruhi kerja sama yang sudah saya buat dengan perusahaan tersebut.

Sebenarnya ada cara untuk menyiasati turunnya DA ini. Biasanya DA akan update bulan depan di bawah tanggal 15. Jadi sebelum tanggal tersebut, rajin-rajinlah kamu blogwalking ke blog teman. Rencanakanlah minimal satu kali kunjungan setiap harinya. Dalam 30 hari kamu akan mendapatkan minimal 30 backlink baru. Istri saya juga melakukan hal ini. Bahkan istri saya blogwalking sekitar 5 blog setiap hari. Saat fenomena DA sebagian besar blog turun, blog istri saya DA-nya malah naik. Kemungkinan terbesar DA bisa turun drastis karena banyaknya backlink yang sudah tidak aktif lagi. Selain itu jumlahnya outbound link (link yang keluar dari blog) dengan inbound link (link yang masuk ke blog) sangat mempengaruhi DA sebuah blog.

12 komentar:

  1. Oh.. jadi begitu cara kerjanya DA. Berarti harus rajin2 BW nih. Dan gak lupa posting. :)

    Salam hangat dari Bondowoso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas
      salam hangat juga dari Surabaya

      Hapus
  2. lumayan sangat setuju dengan kurangnya backlink , jadi intinya dalam sehari harus terbiasa jalan-jalan biar sehat :D

    BalasHapus
  3. Saya berbahagia karena DA saya baru 11. Jadi saya tidak expect too much :D
    Memang lebih sulit mempertahankan DA yang sudah 35 supaya tetap 35 daripada menaikkan DA 11 menjadi 17 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul
      DA di atas 30 itu memang susah dapetinnya
      tapi kalo rajin disiram, niscaya tetap segitu DA nya

      Hapus
  4. nyimak gan, masih kurang tahu tentang DA

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah DA saya gak turun, segitu segitu aja perasaan. Naik juga gak wkwkwkwk.. Udah dari kapan ya segitu, 22.. mungkin mesti rajin-rajin posting nih biar makin semangat naiknya.

    BalasHapus
  6. Hmmm aku tergolong orang yang nggak terlalu memperhatikan statistik dan atribut domain seperti itu. Walaupun kemajuan tersebut juga berdampak pada SERP, yang paling penting menurutku, blog masih nangkring di SERP ajah udah bersyukur. :)

    BalasHapus
  7. Oh ternyata ini toh penyebabnya.. DA ku juga jeblok banget.

    BalasHapus
  8. jika habis ganti domain apakah pengaruh ke DA/PA mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sangat berpengaruh
      ganti domain bisa menyebabkan DA dan PA jadi 1

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia