27 Mei 2015

Tip Menampilkan Foto Menarik Di Blog

Aktifitas blogging memang tidak hanya sekedar ketik mengetik. Sekarang banyak bermunculan food blogger, travel blogger, beauty blogger membuat kebutuhan blog tidak hanya sekedar artikel. Kegiatan blogging tidak lagi hanya memerlukan keahlian menulis tapi juga fotografi demi mendukung isi blog. Meskipun hanya sekedar blog personal ternyata peran foto ini juga sangat dibutuhkan. Karena dengan memasang foto pada artikel dapat membuat kesan yang berbeda. Pembaca pun jadi lebih dimanjakan dengan adanya foto. Apalagi jika foto tersebut memang mengandung informasi yang penting.

Foto yang ditampilkan di blog sebisa mungkin memang foto dokumentasi pribadi. Kalau pun bukan dokumentasi pribadi sebaiknya mencantumkan kredit. Dan untuk meproteksi foto disalah gunakan, sebaiknya setiap foto dokumentasi pribadi disertakan watermark. Dengan begitu jika ada orang mengambil foto tanpa ijin akan mudah diketahui.

Tips Menampilkan Foto Menarik Di Blog

Tapi ternyata menampilkan foto di blog tidak bisa asal jepret. Kita perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mengambil foto. Saya memang bukan fotografer profesional tapi beberapa tips berikut adalah pengalaman saya dalam proses pengambilan foto. Semoga saja tips sederhana ini dapat membantu.

Sudut Pandang Yang Pas

Objek yang bagus jika diambil pada sudut pandang yang salah bisa jadi malah kurang menarik. Beda lagi jika objek itu biasa saja tapi diambil pada sudut pandang yang pas. Memang bagi seorang amatir perlu banyak belajar lagi dalam pengambilan sudut pandang ini. Saya sendiri juga sering bereksplorasi memotret suatu objek berkali-kali dari beberapa sudut pandang. Kemudian dibandingkan, baruah dipilih mana yang paling pas.

Background Yang Mendukung

Ternyata latar belakang suatu objek juga bisa jadi permasalahan kenapa foto kita kurang menarik. Kita bisa menyiasati latar belakang foto kita dengan menggunakan alas foto yang sesuai. Misalkan untuk food blogger kita bisa menggunakan alas foto dari serbet yang memiliki corak unik. Saya juga pernah mencoba membuat alas foto dari kain seadanya. Tidak perlu ditata terlalu rapi biarkan lekuk-lekung kain membuat latar belakang foto kamu jadi lebih artistik.

Perbedaan Objek yang Di Foto Dengan Latar Belakang

Pencahayaan Cukup

Cahaya memang salah satu komposisi yang perlu diperhatikan saat pengambilan foto. Kurangnya cahaya akan memperngaruhi kejelasan suatu objek. Cahaya juga berpengaruh pada warna objek. Sebaiknya kita tidak mengambill foto dengan cahaya berlebih atau kurang cahaya. Kekurangan cahaya dalam pengambilan foto akan membuat objek foto menjadi kurang jelas. Bisa jadi pembaca blog akan salah paham dengan isi foto tersebut.

Menggunakan Editor Foto

Selain ketiga hal di atas kita juga bisa bereksperimen dengan software fotografi yang ada. Jika kamu memiliki kemampuan edit foto maka akan sangat berguna untuk mempercantik foto. Apalagi sekarang banyak editor foto yang dapat digunakan meski tanpa keahlian khusus. Kamu bisa coba menggunakan Hello Kitty Collage atau aplikasi sejenis yang dapat mempercantik foto.

Hasil Foto yang Diedit Dengan Hello Kitty Collage
Untuk mendapatkan foto yang menarik sebenarnya kita tidak perlu menggunakan kamera SLR. Cukup dengan kamera handphone kamu juga bisa mendapatkan foto yang menarik. Asalkan kamu memperhatikan hal-hal di atas. Mungkin kamu punya tips yang lebih baik dari ini. Share juga dong. ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia