16 Jan 2015

Kumpulan Buku Trik Tip Ngeblog

Ngeblog merupakan aktivitas yang tidak jauh dari menulis dan membaca. Dan persentase membaca jauh lebih banyak dibutuhkan dibandingkan dengan menulis. Karena mana mungkin seorang bisa menulis tanpa membaca terlebih dahulu. Sejatinya memang tulisan adalah rangkuman dari apa yang selama ini kamu baca.

Banyak sekali cara seorang blogger untuk mendapatkan pengetahuan. Mulai dari membaca lewat buku, blog orang lain, atau mengalami kejadian di dunia nyata ataupun maya. Di era digital ini kebanyakan blogger membaca melalui media online atau blog orang lain. Namun, bukan berarti serta merta tidak membaca buku sama sekali. Buktinya, buku tetap menjadi favorit untuk beberapa orang. Selain bisa dibawa ke mana-mana, buku juga tidak memerlukan koneksi internet ataupun pasokan listrik untuk membacanya.

Sebagai seorang blogger, pengetahuan mengenai blog sangatlah penting. Bagaimana mencari sebuah ide maupun bagaimana cara mengoptimasi blog yang diasuh. Sangat banyak blogger yang lupa mengoptimasi blognya. Dia hanya menulis dan menulis tanpa memperhatikan bahwa ada faktor lain yang membuat sebuah blog sukses, salah satunya Search Engine Optimization (SEO).

Di beberapa komunitas bahkan ilmu SEO ini menjadi sebuah komoditas yang diperjualbelikan. Jangan kaget jika kamu mendapatkan info jika harga seminar SEO sampai jutaan rupiah. Jasa meng-SEO-kan sebuah situs pun hingga puluhan juta.

Untuk sebuah blog personal, saya rasa tidak sampai seekstrem itu. Setidaknya kamu cukup mengetahui dasar-dasar SEO, selebihnya adalah cara mengemas tulisan agar blog kamu nyaman dibaca oleh pengunjung.

Kumpulan Buku Trik Tip Ngeblog di Blanja.com

Di era digital seperti ini, banyak sekali buku yang dijual secara online. Salah satu toko online yang menjual buku mengenai trik dan tip ngeblog adalah blanja.com. Kamu bisa mengunjungi situs blanja.com lalu masukkan kata kunci pencarian "blog" seperti yang saya lakukan di bawah ini.

Website Blanja.com

Dalam waktu satu detik, kamu akan disuguhi dengan banyaknya buku yang berkaitan dengan blog. Beberapa buku yang menarik menurut saya ada dua, yaitu: "100 Ide Kreatif Blog" dan "SEO untuk Blog".

100 Ide Kreatif Blog

SEO untuk Blog

Jika dibandingkan dengan harga bukunya, sangat jauh lebih besar manfaat yang didapat. Mengingat jika untuk satu kali seminar SEO saja bisa menghabiskan jutaan rupiah.

Menjadi Seorang Blogger yang Sukses

Dengan memahami trik dan tip ngeblog, sangat besar kemungkinan membuatmu menjadi blogger yang sukses. Pertanyaannya, apakah saya termasuk blogger yang sukses? Relatif. Jika dihitung dari jumlah pendapatan per bulan dari ngeblog, saya masih belum bisa dikatakan sukses. Namun, jika dihitung dari faktor lain selain pendapatan, maka bisa jadi dikatakan sukses karena banyak hal yang saya dapatkan dari ngeblog selain uang.

Jika kamu masih ragu bahwa ngeblog itu bisa menghasilkan sesuatu, maka kamu bisa mengetik kata kunci "Linda Ikeji" di www.google.com. Linda Ikeji adalah salah satu blogger cewek yang sukses menyulap blog-nya menjadi ladang duit. Jika blogger lain harus menggunakan domain dan hosting berbayar, Linda Ikeji hanya menggunakan domain blogspot.com dan hosting dari Blogger yang gratis untuk mendapatkan uang. Menarik, bukan?

Di Indonesia kamu juga bisa menemukan banyak blogger yang sukses. Sebut saja Eka Lesmana, Maskolis, Mas Sugeng, dan masih banyak lainnya yang tidak muncul di permukaan. Kebanyakan blogger yang sukses lebih memilih untuk diam dan tidak terkenal. Walaupun diam dan tidak terkenal, namun penghasilan mereka mencapai ratusan juta rupiah setiap bulannya. Tergoda? Memang menggoda, namun ingat bahwa perjuangan mereka sangat gigih hingga seperti sekarang ini.

9 komentar:

  1. Mumpung kamu menyebut nama Linda Ikeji, mungkin kamu bisa jelasin sesuatu yang masih membuatku bingung, John.

    Dari beberapa artikel yang pernah kubaca seputar Linda Ikeji, ada yang menyebut bahwa blog wanita itu tak jauh beda dengan blog Terselubung, yaitu meng-copas artikel-artikel dari blog lain. Karena hal itu, Google/Blogger penah mem-banned atau menutup blognya atas dasar tersebut. Namun, kemudian Google/Blogger kembali membuka blog Linda Ikeji, mengingat dia sangat terkenal di dunia blog. Apa itu benar?

    Kalau itu benar, sepertinya kok aneh sekaligus tidak adil. Hanya karena seseorang dianggap terkenal, Google/Blogger membiarkan kesalahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sempat ngikutin juga tragedi penghapusan blog Linda Ikeji itu
      ya, Google emang membuka blog-nya kembali, tapi kosong tanpa postingan satu pun
      semua kontennya dihapus oleh Google
      yang dikembalikan hanya nama domainnya saja

      kalo dibilang tidak adil, tidak juga
      karena hukumannya adalah kontennya dihapus semua
      kalo terselubung mau ngurus dan menghubungi Google, mungkin domainnya bisa balik, tapi kontennya dihapus

      aku juga pernah mengalami disable account tahun 2011 lalu gara2 pake proxy saat ngeblog, Google nganggepnya aktivitas ilegal :D
      kemudian aku kirim email ke Google, lalu akunku balik lagi, untungnya kontennya ga dihapus karena emang ga ngelanggar hak cipta

      Hapus
  2. Menurut saya beli buku kalau cuma mau belajar ngeblog percuma, tapi gk ada salahnya juga sih ya. Sebagian juga ane ilmu ngeblog dari buku, kalau saya recommended belajar langsung via youtube, foroum ama mbah google itu sudah lebih dari lebih dari cukup serta harus pinter dalam searchingnya. Untuk blognya lindaikeji ane gk banget deh wkwk, banner liat gan buanyak banget mentang2 pengunjungnya banyak :v

    BalasHapus
  3. wah mas tapi sekarang kontenya kok balik lagi yaa ,,, apa ada backupannya dia..
    apa google blogger mengembalikan lagi.. hmmmm ah entah lahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. dia nulis lagi, umm mungkin tepatnya copas lagi :)

      Hapus
  4. Seru juga yah, dari hobi nulis dan membaca blog makin lama makin bagus dan akhirnya bisa menghasilkan. Terkait dengan artikel copas, apakah itu tidak berbahaya mas dari sisi blog dan search engine?

    BalasHapus
  5. Tulisan artikel ini sangat mudah di pahami mas, jadi tambah semangat bikin blog yang bermanfaat untuk orang banyak

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia