6 Sep 2014

Pendeteksi Bilangan Ganjil/Genap dengan JavaScript

Sebagian besar orang sangat enggan untuk mempelajari matematika. Namun, tahukah kamu bahwa dalam matematika banyak hal yang menyenangkan. Banyak sekali konsep-konsep matematika yang membuat saya terkagum-kagum.

Beberapa konsep yang membuat saya kagum adalah trigonometri, bilangan emas yang didapat dari deret Fibonacci, bilangan prima, dan masih banyak lagi lainnya. Matematika mengajarkan pada kita bahwa alam ini mempunyai pola. Tinggal manusia sendiri apakah mau mencari pola alam ini atau tidak.

Hampir Semua Orang Tahu Bilangan Ganjil/Genap

Kali ini saya akan membahas salah satu bagian kecil dari matematika, yaitu bilangan ganjil dan genap. Bilangan ganjil dan genap sangatlah mudah untuk dipahami. Hampir semua anak lulusan SD tahu tentang bilangan ganjil dan genap. Contoh bilangan ganjil positif adalah 1, 3, 5, 7, dan seterusnya. Sedangkan bilangan genap positif adalah 0, 2, 4, 6, 8, dan seterusnya.

Angka 0 Adalah Bilangan Genap

Beberapa orang mungkin masih bertanya-tanya apakah 0 termasuk bilangan ganjil ataukah bilangan genap. Menurut data yang saya dapatkan 0 adalah bilangan genap. Kamu bisa mengeceknya di Wikipedia mengenai hal ini. Ada penjelasan lengkap di sana.

Detektor Bilangan Ganjil/Genap Menggunakan JavaScript

Karena ketertarikan saya pada matematika, kali ini saya iseng membuat sebuah aplikasi sederhana berbasis JavaScript untuk mendeteksi bilangan ganjil dan bilangan genap. Berikut ini adalah aplikasinya. Silakan mengetesnya.

See the Pen cowmp by Iskandar Dzulkarnain (@iskael) on CodePen.

Algoritma Bilangan Ganjil/Genap

Untuk membuat aplikasi detektor bilangan ganjil/genap saya menggunakan operator "modulo(%)". Modulo adalah operator pembagi bersisa. Misalkan 10%3 = 1. Karena 10/3 = 3 sisa 1. Modulo mengeluarkan sisa sebagai hasil akhirnya.

Karena konsep ganjil/genap adalah apabila sebuah angka dibagi 2 hasilnya 0, maka genap. Jika selain itu maka ganjil. Dalam kasus ini saya menggunakan x%2 = y. Jika y = 0 maka genap. Jika y=1 maka ganjil. Mudah dipahami 'kan?

Kamu juga bisa membuat aplikasi serupa dengan ini, misal aplikasi untuk mendeteksi bilangan prima atau bukan. Banyak konsep matematika yang bisa kamu buat aplikasinya. Selamat mencoba :)

2 komentar:

  1. udah lupa john bilangan prima... aku googling lagi pelajaran sekolah dulu... mumet :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya kamu salah komen deh yo :D
      bilangan prima kan bukan di artikel ini

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia