21 Feb 2014

Perlukah Template Responsif untuk Platform Blogger?

Template blog responsif memang diminati oleh banyak orang. Banyak developer website yang berlomba-lomba membuat template website responsif. Namun, perlu kamu pikirkan lagi, perlukah membuat template responsif? Apalagi untuk kamu yang memakai layanan ngeblog platform Blogger.

Pendapat saya, membuat template responsif di Blogger tidaklah terlalu perlu. Banyak hal yang membuat saya berpendapat demikian. Berikut ini adalah alasan template responsif di platform Blogger kurang perlu.

Tampilan Khusus Ponsel di Blogger

Di Blogger, kamu bisa menikmati tampilan ponsel yang sudah disediakan. Tampilan ponsel di Blogger sangat sederhana dan hanya memuat data yang penting saja. Ditambah lagi dengan banyaknya pengunjung blog tertarget Indonesia yang menggunakan ponsel biasa, bukan ponsel cerdas. Jadi bisa dipastikan pengunjung hanya ingin mengetahui konten blog, bukan tampilannya.

Umumnya, jika kamu menggunakan Blogger, secara otomatis blog kamu akan diatur untuk mengaktifkan mode ponsel. Untuk menonaktifkannya, kamu bisa telusuri dasbor kamu. Dasbor > Template > Seluler,  lalu klik ikon gerigi.


Setelah kamu mengeklik ikon gerigi tersebut, akan keluar jendela popup seperti di bawah ini. Kamu bisa mengaturnya "Ya" atau "Tidak".


Kemudian jangan lupa klik "Simpan".

Pengunjung Pengguna Nonponsel Lebih Banyak

Pertimbangan yang kedua adalah apabila pengunjung blog kamu tidak banyak yang menggunakan ponsel. Seperti blog Iskael ini, pengunjung didominasi oleh pengguna nonponsel. Tentu saja hal ini karena topik yang dibahas blog ini mengenai tutorial. Kebanyakan orang yang mencari tutorial menggunakan komputer atau laptop. Berikut ini adalah data pengunjung blog ini berdasarkan browser dan sistem operasinya.

Penayangan menurut Browser

Penayangan menurut Sistem Operasi

Dari data di atas, penayangan yang bersumber dari ponsel jika dikalkulasikan hanya sekitar 4% saja. Masih terhitung sedikit untuk menggugah saya agar membuat tampilan responsif untuk blog Iskael.

Membuat Tampilan Blog Responsif Tidak Mudah

Alasan selanjutnya adalah membuat tampilan blog responsif itu tidaklah mudah. Kamu harus meriset kira-kira blog kamu itu dikunjungi oleh pengguna ponsel dengan lebar layar berapa saja. Semua tahu bahwa ukuran layar ponsel beraneka ragam, hampir tidak ada standar ukuran layar ponsel. Meskipun dalam media kueri CSS kamu bisa menggunakan "max-width" dan "min-width", tetap saja kamu harus memperhatikan elemen apa saja yang harus dan tidak perlu ditampilkan di ukuran tertentu.

Tampilan Responsif Tetap Memuat Data Tampilan Biasa

Jika kamu tahu apa yang dilakukan oleh browser ketika responsif, tentu ini akan membuatmu berpikir dua kali. Jika dalam lebar layar 1280px (nonponsel), blog kamu memuat data 100KB; ketika di lebar layar 480px (ponsel), blog kamu tetap saja memuat data 100KB. Hanya saja, pada ukuran 480px, beberapa elemen disembunyikan dengan "display: none". Lalu apa istimewanya?

Secara Umum Ponsel Mempunyai Fitur Autofit

Tahukah kamu jika hampir semua ponsel Android dan ponsel lainnya sudah mempunyai fitur autofit? Tampilan website yang dikunjungi akan diskalakan oleh ponsel hingga lebar website sesuai dengan lebar layar ponsel. Lalu apa gunanya tampilan responsif? Mungkin guna tampilan responsif hanya menyederhanakan beberapa elemen penting saja yang akan disajikan ke pengunjung. Selebihnya pengunjung akan memuat beban yang sama dengan tampilan biasa.

Kesimpulan

Itulah setidaknya lima alasan apakah masih perlu tampilan responsif untuk blog berplatform Blogger. Terkadang tampilan responsif itu memang perlu. Tentunya tampilan responsif meyakinkan pada pengunjung blog kamu bahwa blog kamu itu keren, bisa responsif.

Sekedar info, website sekelas Facebook dan Twitter, mereka memiliki mode khusus apabila dikunjungi dari ponsel. Tidak semua elemen benar-benar dimuat di tampilan ponsel. Tentu hal ini erat kaitannya dengan pengaturan server yang rumit. Jika kamu mengunjungi Facebook dari komputer pribadi atau laptop, coba iseng-iseng kamu kecilkan ukuran jendela browser kamu, tentu kamu akan menemukan gulir horisontalnya di lebar kurang dari 980px. Penasaran? Silakan dicoba :)

12 komentar:

  1. mas aku mau nanya, kenapa blog ku followers nya ga nambah2 ya? apa emang ga ada yang mau follow atau ada yang salah di setting blog ku? ini alamat blog nya : http://lookanotherside.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog ini follower-nya juga ga nambah2 :D
      ga ada yang salah dengan settingannya atau apa
      karena orang sekarang emang ga suka follow2an
      udah ga jamannya lagi

      Hapus
    2. ha ha ...

      gara-gara pindahan ke Google+

      widget followers kayaknya gabung dengan widget followers G+ kita

      Hapus
    3. iya yo :D
      G+ jelek sih
      masih bagusan widget follower

      Hapus
  2. Yang penting bisa ngeblog, gak responsif gak masalah, traffic kecil juga gak papa .. :-D

    karena tujuan ngeblog juga cuma nampung tulisan pribadi .. #AkuRapopo

    BalasHapus
  3. Wah beda ya pengunjung blog saya kebanyakan dari ponsel mas.

    Kayak android, blackberry, windows mobile hehe.

    Template responsive perlu biar banyak pengunjung darimana aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda niche beda kriteria pengunjung mas :)

      Hapus
  4. salam kenal mas, dulu sempat pengen belajar bikin template blogger yang unik serta memenuhi beberapa kriteria khusus semisal seo friendly, tapi berhubung saya banyak keterbatasan akhirnya kembali ke default, Sekarang mencoba menggunakan plafrom lain yang sudah tidak perlu lagi banyak oprek2an,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, emang pake platform apa sekarang? #kalobolehtahusih

      Hapus
  5. Pengen banget bikin blog jadi responsif, tapi gagal terus mas... paling responsif yang otomatis dari blogspotnya..

    adakah tutorialmu mas... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kug tutorialnya, tapi singkat banget http://www.iskael.com/2014/02/cara-membuat-tampilan-blog-responsif.html

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia