7 Agt 2013

Fullpage Screenshot Tanpa AddOns di Mozilla Firefox

Sebagai seorang blogger, fullpage screenshot terkadang dibutuhkan untuk kasus-kasus tertentu, misalnya screenshot template yang telah dibuat. Screenshot template biasanya fullpage untuk mengetahui seluruh elemen dari template tersebut. Sayangnya untuk melakukan fullpage screenshot ini tidaklah mudah seperti melakukan screenshot layar desktop. Namun, kini Mozilla Firefox memberikan fasilitas tersebut. Kemarin sempat aku cari fitur ini di browser lainnya seperti Google Chrome, Opera, dan Safari; ternyata tidak ada. Ada fitur ini di Google Chrome namun menggunakan plugin tambahan. Untuk di Mozilla Firefox, fitur ini merupakan fitur bawaan. Menarik bukan? Penasaran ingin mencobanya? Ikuti langkah-langkah berikut!

Langkah-langkah Fullpage Screenshot

1. Buka Mozilla Firefox kamu.
2. Buka halaman situs yang akan kamu screenshot, misal: Facebook, Google, atau Iskael.com.
3. Pastikan halaman sudah termuat semua.
4. Tekan Shift F2.
5. Kemudian akan muncul Developer Toolbar seperti di bawah ini.

Command Line Firefox

6. Ketik screenshot iskael --fullpage.
7. Tekan Enter.
8. Kemudian cari gambar iskael.png di folder Downloads yang kamu atur di Mozilla Firefox.
9. Ketemu? Berikut adalah hasil screenshot yang aku lakukan.

Hasil fullpage screenshot Iskael.com

10. Ulangi untuk mencoba lagi, dengan nama file lainnya, ketik screenshot namafile --fullpage.

Parameter Screenshot Lainnya

Tak hanya itu, selain fullpage, kamu juga bisa menggunakan parameter lainnya. Parameter lainnya antara lain:

1. Clipboard

Parameter clipboard ini fungsinya untuk menyimpan salinan ke memori komputer. Untuk memunculkannya, kamu bisa membuka software editor gambar seperti Paint, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, atau lainnya lalu tekan Ctrl V (Paste). Parameter clipboard ini berguna untuk memilih format sesuai yang kita inginkan tergantung software editor gambar yang kamu punya, karena biasanya Mozilla Firefox akan otomatis menyimpan dalam format PNG (ukuran file relative besar).

2. Chrome

Parameter chrome ini berguna untuk melakukan screenshot sekaligus dengan tampilan jendela Mozilla Firefox-nya juga. Berikut adalah hasil screenshot menggunakan parameter chrome.

Hasil screenshot parameter chrome

3. Delay

Parameter delay digunakan untuk melakukan jeda waktu antara pencuplikan halaman dengan perintah yang kamu masukkan melalui Developer Toolbar. Satuan delay dalam detik.

4. Selector

Parameter selector ini digunakan untuk mencuplik bagian tertentu dari sebuah situs secara presisi. Misalkan aku ingin mencuplik bagian #PopularPosts1 dari situs Iskael. Berikut adalah hasilnya.

#PopularPost1

Menarik bukan? Parameter selektor ini sangat cocok bagi pengembang template untuk mempermudah kerjanya. Ingin mencobanya? Silakan :)

4 komentar:

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia