Featured Post

Servis AC Mobil: Manfaat, Waktu yang Tepat, dan Taksiran Biayanya

Peranan AC pada mobil sangatlah penting, terutama jika tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia. AC akan berfungsi menyejukkan udara serta mengurangi paparan debu dan polutan di dalam mobil sehingga meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu, service AC mobil perlu dilakukan secara rutin dan berkala. Lantas apa manfaatnya? Berikut manfaat selengkapnya. 

Manfaat Rutin Servis AC Mobil

Berikut manfaat yang didapatkan apabila rutin servis AC mobil. 

1. Mencegah potensi kerusakan yang lebih parah

Seiring penggunaannya, kinerja AC mobil juga akan mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi karena komponen AC mengalami keausan. Apabila keausan tersebut dibiarkan maka kerusakan bisa bertambah parah. Dengan melakukan servis secara rutin, maka kondisi AC dapat dipantau oleh teknisi. Apabila ada kerusakan, teknisi akan melakukan perbaikan atau penggantian komponen dengan yang baru. Dengan begitu, maka potensi kerusakan yang parah tersebut dapat dicegah secara dini.

2. Meningkatkan kualitas udara dan kenyamanan berkendara

Penggunaan AC yang terus menerus tentu dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan debu pada filter AC. Hal tersebut dapat menyebabkan penyumbatan pada filter sehingga menyebabkan AC kurang sejuk serta menimbulkan bau yang kurang sedap Kondisi tersebut dapat mengurangi kenyamanan Anda ketika berkendara sebab gerah dan pengap. Dengan menyervis AC secara rutin maka kualitas udara dalam mobil terjaga sehingga udara dalam kabin mobil sejuk dan tidak berbau. Kondisi ini akan meningkatkan kenyamanan berkendara sehingga lebih fokus. 

3. Efisiensi bahan bakar

AC mobil yang jarang di servis dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Hal tersebut terjadi karena AC bekerja lebih keras daripada sebelumnya. Dengan servis secara rutin, maka kondisi komponen AC terawat sehingga kinerja sistem AC dapat berfungsi dengan baik. Hal tersebut dapat meningkatkan usia keausan AC, mencegah overheating pada mesin mobil sehingga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

4. Menjaga performa mesin AC

Hampir seperti poin pertama, rutin service AC berakibat baik pada performa mesin AC yang terjaga. AC yang rutin diservis memiliki performa yang baik dan lebih awet, tentu ini membuat Anda lebih hemat. Tak hanya itu, efek baik lainnya adalah poin 2 dan 3 juga akan terealisasi. Performa mesin AC yang terjaga membuat kualitas udara tetap baik, sehingga Anda nyaman berkendara, dan tentu saja bahan bakar jadi lebih efisien.

Waktu yang Tepat untuk Servis AC Mobil 

Mengingat banyaknya manfaat yang diberikan, lantas kapan waktu servis AC mobil yang tepat? Untuk servis skala kecil, pemilik mobil perlu melakukan servis setiap jarak tempuh mobil mencapai 10.000 kilometer atau enam bulan sekali. Pada servis jenis ini, biasanya akan dilakukan pembersihan filter AC, penggantian oli kompresor, dan pemeriksaan fungsi sistem AC. Untuk servis skala besar, biasanya mencakupi apa yang dilakukan pada servis skala kecil, ditambah dengan 

pembersihan evaporator dan kondensor, pemeriksaan selang AC, pengisian freon. Sedangkan untuk servis berkala, biasanya dilakukan penggantian komponen apabila diperlukan.

Taksiran Biaya Servis AC mobil

Lantas berapa taksiran biaya yang diperlukan ketika servis AC mobil? Taksiran biaya servis AC tergantung pada kerusakan yang terjadi dan penggantian komponen. Namun, biasanya biaya servis AC berkisar mulai dari Rp300.000 hingga Rp1.500.000 untuk servis skala kecil. Sedangkan untuk servis skala besar dan berkala biasanya berkisar mulai dari Rp1.500.000. 

Apabila Anda berniat untuk melakukan servis AC mobil, maka Anda perlu mengetahui referensi bengkel ahli AC mobil terbaik seperti Otoklix. Dengan melakukan servis di bengkel ini, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari harganya yang terjangkau, garansi servis hingga 14 hari, suku cadang asli, teknisi ahli, hingga potongan harga sebesar 50% apabila melakukan pemesanan servis via aplikasi. Jadi, tunggu apalagi langsung saja unduh aplikasi Otoklix sekarang juga dan rasakan segudang manfaatnya.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments