Featured Post

Pengalaman Menggelar Giveaway untuk Game of Calculator: Hasilnya Fantastis!

Tanggal 2 Juni 2023 lalu, saya iseng mencoba menggelar giveaway untuk Game of Calculator buatan saya. Giveaway ini sebenarnya adalah yang kedua dan alhamdulillah sukses. Giveaway yang pertama gagal, karena hadiahnya kurang gede. Kurang menarik minat banyak orang.

Sebenarnya ide membesarkan hadiah ini saya dapatkan dari hoeda, salah satu teman saya. Dia bilang mending 100 ribu untuk pemenangnya. Sebelumnya (di giveaway pertama) cuma 10 ribu untuk semua pemain yang bisa memenuhi syarat tertentu. Namun, akhirnya saya putuskan mengambil keputusan, hadiahnya masing-masing 50 ribu untuk 2 pemenang.

Giveaway ini berjalan 2-5 Juni 2023. Hasilnya fantastis menurut saya. Sebelumnya pemain Game of Calculator ini ada 337 dan naik kira-kira 100% hingga giveaway berakhir, sekitar 629 pemain. Dan jumlah pemainnya terus bertambah meskipun giveaway berakhir.

Kalian bisa lihat saat ini pemain Game of Calculator mencapai 880+ pemain.

Di Balik Giveaway

Banyak hal yang saya dapatkan selain jumlah pemain yang bertambah 100%+ hingga giveaway selesai. Tentu saja ini saya dapatkan dari teman-teman saya di Facebook, Twitter, bahkan teman RL.

Yang pertama, saya mendapatkan insight di Twitter ternyata cara untuk menggaet user adalah dengan tag tertentu, misalkan #zonauang. Ini sangat cocok jika kalian membuat giveaway yang hadiahnya adalah uang. Kalian bisa melihat impresi yang saya dapatkan dari promosi menggunakan tag ini.

Tag ini saya dapatkan dari teman blogger yang ada di Facebook. Tak hanya itu, dari Twitter ternyata giveaway saya menarik perhatian salah satu teman satu Lab dulu saat kuliah yang sekarang menjadi salah satu software engineer di Tokopedia. 

Bahkan menurut penuturannya, dia menghabiskan waktu 3 jam tidak terasa memainkan Game of Calculator ini. Haha, kok bisa yah. Apa istrinya tidak marah ditinggal main game ginian. Atau jangan-jangan main bareng, ikutan ngitung.

Tak hanya itu sih, dia juga memberikan info bahwa ada beberapa celah yang harus ditutup di game tersebut. Tentu saja banyak celah yang bisa ditemukan di game yang dibuat beberapa hari saja tanpa cek dari sisi backend maupun frontend-nya. 

Selain teman saya itu, ada beberapa orang yang menemukan celah ini dan memanfaatkannya untuk menaikkan skor secara mendadak. Saya sih faham risiko ini, karena game ini juga saya share di grup programmer yang notabene pasti suka cari celah.

Apakah saya marah dengan kelakuan mereka? Tentu saja tidak. Saya justru berterima kasih. Dengan adanya mereka, saya bisa membuat daftar celah dan algoritma yang harus saya terapkan agar celah tersebut tertutup. Hitung-hitung tester gratis. Hehe.

Hingga beberapa hari yang lalu, saya masih menutup beberapa celah yang ditemukan oleh teman saya dari sisi frontend.

Yang kedua, ternyata trafik saat giveaway berlangsung ini sangat mencengangkan saya. Saya iseng cek di dasbor CloudFlare dan hasilnya WOW.

Di titik puncaknya mencapai 39 ribu request per jamnya. Mungkin jika tidak pakai CloudFlare bisa keteteran VPS yang saya pakai ini.

Apakah Kapok Bikin Giveaway Lagi?

Tentu saja tidak. Saya malah ketagihan bikin giveaway lagi. Dan sepertinya harus dibikin giveaway lagi agar tahu kira-kira perbaikan yang saya lakukan terhadap celah-celah tadi apakah masih menyisakan celah. Sepertinya bakal tetap ada celah sih, cuma tidak sebanyak sebelumnya.

Buat kalian yang ingin ikutan giveaway dan mendapatkan hadiahnya, sepertinya sekitar seminggu lagi saya akan mengumumkan giveaway Game of Calculator lagi. Kalian ikut yah!

Saya masih memikirkan formatnya, agar fair dan tidak bikin orang shock. Saat ini juara #1 dipegang oleh yuoera dengan skor 168 ribu. Tentu saja jika diadakan giveaway, harus ada format yang memungkinkan semua orang dihitung dari nol. Harus ada leaderboard khusus yang hanya mengambil skor di rentang tanggal giveaway berlangsung.

Buat kamu yang belum pernah mencoba Game of Calculator ini, ada baiknya jika kamu berlatih sebelum giveaway benar-benar digelar. Karena memainkan Game of Calculator ini tidak semudah yang kamu kira. Sumpah deh! Hehe ;)

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. kemarin aku iseng main game ini lagi, John, kayaknya agak berat naikin ranking semula. sekarang rankingku udah cukup jauh untuk nyampai #1 lagi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu di luar ekspektasi awalku
      aku pikir mereka cukup kalahin skormu, lah kok malah bablas terlalu semangat, hehe
      makanya aku mau bikin giveaway lagi harus mikir2 metode yang fair dan ga memberatkan pemain baru

      Delete
    2. Biar fair dan semua nyaman, caranya kayak yang kamu tulis itu, yaitu bikin papan skor khusus untuk lomba/giveaway. Kasih pengumuman aja, acara dimulai [misalnya] hari Sabtu pukul 00.00, dan berakhir pada Minggu pukul 00.00. Papan skor dimulai dari 0. Jadi selama 24 jam itu semua orang bisa main sepuasnya untuk ngumpulin skor sebanyak-banyaknya, dan pemenang berdasarkan skor tertinggi pada Minggu pukul 00.00. Cuma naruh papan skornya dimana, kayaknya kamu perlu mikir gimana bagusnya.

      Delete
    3. Iya, aku juga masih bingung nentuin penaruhan papan skor-nya. Aku masih cari tempat yang bagus.

      Ini rencana giveaway-nya rentang 10 hari aja, biar ga ngoyo banget yang main :))
      Kalo 10 hari kan bisa saling tikung menikung, hehe.

      Pengalaman kemarin cuma 3 hari, rasanya terlalu cepat dan ada beberapa postingannya yang baru di-approve di grup FB di hari yang ke-3. Jadi yang baru tahu kurang bisa menikung yang #1.

      Delete
  2. Langsung kucoba Bang gamenya, dan wow bikin gemes sih, buat aku yang emang suka itung2an :D Sukses ya buat gamesnya, mau deh ikutan kalau ada giveaway lagi, mayan klo hadiahnya uang ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment