Featured Post

Membuat Game untuk Melatih Kepekaan Logika

Waktu masih kuliah dulu, temanku pernah bertanya, "Kalau kamu bosan dengan ngoding, ngapain?" Aku jawab, "Nulis". "Kalau bosan nulis?", dia tanya lagi dan aku jawab, "Ngoding". Haha.

Mungkin bagi beberapa orang ini adalah hal yang aneh. Bagiku tidak. Ngoding adalah hal yang menyenangkan. Apalagi hasil dari ngoding kita diapresiasi. Entah itu dapat uang atau banyak yang suka dengan karya kita. Itu rasanya sudah bikin bahagia.

Begitu juga nulis. Nulis adalah caraku buat menyalurkan stres yang sudah menumpuk di otakku. Bahkan dulu (sekitar 2007-2012) aku bisa menulis banyak puisi dalam sehari ketika aku galau. Rasanya bikin 1.000 puisi dalam 1 tahun bisa. Cuma waktu itu udah keburu tidak galau, jadinya belum sempat sampai 1.000 dan banyak yang belum didokumentasikan atau terselamatkan. Apalagi gara-gara hape Nokia 7610-ku dulu sempat dicuri. Padahal banyak puisi di sana.

Ketika sudah capek menulis, aku bisa berpindah ke ngoding. Ngoding sebenarnya juga menulis sih. Tapi, lebih banyak ke berpikirnya. Antara bengong mikir dan nulisnya, lebih banyak bengong mikirnya.

Buat kalian yang masih menulis blog dan masih mendapatkan pundi-pundi rupiah dari sana, aku ucapkan selamat yah! Salut dengan kalian. Untukku saat ini aku lebih suka ngoding saja, ngeblog-ku kurang profit, jadinya kurang semangat ngeblog lagi. Ini mah alasan yah. Dulu waktu profit juga jarang nulis di blog. Nulis sih, tapi isinya sponsored post mulu.

Di sela-sela kesibukanku, aku berpikir aku harus membuat produk yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Ini berat loh. Bahkan sering kali aku membuat produk yang kurang bermanfaat. Ya yang namanya coba-coba, ya ga masalah sih.

Game of Calculator

Aku sempat mendengar dosenku dulu pernah cerita, orang Jepang itu kadang meriset hal-hal aneh yang mereka sendiri juga belum tahu gunanya untuk apa. Alasan mereka melakukan itu adalah siapa tahu suatu saat berguna. Bayangin coba, serandom itu mereka.

Karena alasan yang sama itulah, yang mendasari diriku untuk membuat Game of Calculator. Aku ngasal buat saja. Siapa tahu nanti banyak yang suka dan bermanfaat.

Game ini bertajuk permainan kalkulator, namun terbalik. Biasanya orang menggunakan kalkulator untuk menemukan hasil dari perhitungan. Game of Calculator menyuruh kalian malah menemukan kalkulasi untuk menghasilkan angka yang muncul/diminta.

Kata Mereka tentang Game of Calculator

Secara teori sih harusnya lebih mudah karena kalian bebas menentukan angka dan operator apa saja yang bisa dipakai asal hasilnya sesuai dengan permintaan. Namun, bagi beberapa orang itu justu makin menyusahkan.


Ada juga yang beranggapan susah setelah mencobanya langsung, padahal sebelumnya dipikirnya mudah. Istriku juga awalnya meremehkan Game of Calculator ini, tapi setelah mencoba langsung baru menemukan kesulitan. Kesulitannya karena angka yang muncul di permintaan tidak ada di pilihan angka kalkulatornya, disembunyikan dengan sengaja. Hehe.

Tak hanya itu, ketika kamu benar 5x, maka kamu akan berada di mode Master dan angka yang diminta naik jadi 3 digit. Ketika kamu benar 10x, maka kamu akan berada di mode Genius dan angka yang diminta jadi 4 digit. Ketika 4 digit, kamu akan merasakan susahnya membuat kalkulasi dengan hilangnya 4 angka di deretan angka kalkulator.

Berapa Lama Bikin Game of Calculator?

Game ini aku buat sekitar 1 bulan di waktu-waktu senggang atau lagi bosan. Kemudian aku kembangkan lagi fitur-fiturnya beberapa hari terakhir ini karena ada salah satu testimoni dari pemain yang bilang apakah sampai segitu saja. Aku menambahkan Leaderboard mode Master dan Genius agar lebih menantang. Di sana bakal terlihat mana user yang mengerjakan soal-soal sulit (3 digit dan 4 digit).

Manfaat Membuat Game Bagiku

Game ini melatihku untuk menemukan cara bagaimana bisa membuat fitur yang bisa diterapkan di game berbasis kalkulator ini. Tidak mudah loh untuk menemukan cara agar mirip sekali dengan kalkulator yang asli. Misal ketika sudah dipencet - lalu dipencet +, operator yang muncul adalah +, tidak boleh dobel - dan +. Aku melihat behavior ini langsung dari kalkulator online milik Google. Kalau kamu bikin aplikasi kalkulator berbasis dengan ChatGPT, pasti akan dobel operator. Aku tahu hal ini karena temanku sudah mencobanya.

Dengan behavior kalkulator yang sudah ada, aku mencoba menirunya semirip mungkin. Tentu saja dengan tambahan angka yang diminta jadi hilang dari deretan angka di kalkulatornya. Ini cukup membuat otakku berpikir bagaimana cara membuat fitur ini.

Tak hanya itu, temanku juga menyarankan adanya Leaderboard agar pemain saling bersaing mendapatkan posisi pertama. Kalau tidak ada Leaderboard, bisa dipastikan kamu akan memainkan 1 atau 2 menit saja. Karena ada Leaderboard, aku pernah mengecek langsung di database, ada pemain yang menghabiskan lebih dari 3 jam untuk memainkan game ini. Menakjubkan, bukan?

Cara Terbaik Memainkan Game of Calculator

Mungkin kalian sudah mencobanya dan kewalahan. Sangat wajar sih, aku bisa bayangkan itu, kamu terpapar dengan angka terus menerus dan harus menyelesaikan satu soal tiap 30 detik.

Beberapa temanku mencoba menggunakan ChatGPT untuk menghitung soal game ini. Namun, hasilnya kurang memuaskan. Aku juga sudah mencobanya menggunakan ChatGPT dan hasilnya memang kurang memuaskan. Kamu bisa cek videoku di bawah ini.

Jika kamu bisa menemukan prompt yang tepat dan bisa jadi cheat untuk Game of Calculator ini, kasih tahu aku yah di kolom komentar. Aku penasaran sekali dengan prompt yang pas.

Beberapa temanku yang lain menggunakan kalkulator sungguhan atau kalkulator di hape lainnya untuk mengerjakan soal di game ini. Sungguh terlalu yah. Hehe.

Bagaimana denganku? Aku biasanya menggunakan pendekatan angka. Misal yang muncul angka 17, maka caraku adalah ambil angka puluhan yang terdekat, yaitu 20. Lalu 20 - 17 = 3. Kalkulasi yang dibutuhkan untuk menghasilkan angka 17 adalah 20 - 3.

Begitu juga jika ada angka 45. Jika menggunakan pendekatan angka, tentu tidak bisa. Karena 50 mengandung angka 5 dan 40 juga mengandung angka 4. Cara lainnya adalah dibagi 2. Angka yang aku pilih adalah 22, lalu 45 - 22 = 23. Untuk menghasilkan angka 45 adalah dengan 22 + 23.

Dan masih banyak trik lain yang bisa kamu temukan sendiri seiring mengerjakan soal di Game of Calculator ini. 

Kamu tertarik dengan game ini? Langsung saja kalahkan juara satunya di tiap-tiap mode di Game of Calculator. Di mode Master (perhitungan 3 digit) ada hoeda yang memimpin dengan skor 6018. Sepertinya dia sulit dikalahkan.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. Sekadar berbagi caraku main game calculator nih, John. Siapa tahu berguna bagi yang ingin mencoba dan berharap bisa mengalahkanku, hehehe...

    Pertama, tentukan terlebih dulu mau pakai penambahan (+), pengurangan (-), atau perkalian (x). Jangan menggunakan tiga hal itu sekaligus tiap kali main, karena akan memecah konsentrasi kita, dan bisa buang waktu, karena kita akan sering ragu-ragu. Ingat, waktu kita hanya beberapa detik (aku nggak ngitung berapa detik pastinya), tapi intinya cepat banget.

    Setelah memutuskan pakai cara apa (dalam hal ini aku hanya pakai penambahan), terus gunakan itu sampai kita terbiasa, dan gak mungkin keliru lagi. Itu akan sangat membantu otak kita untuk berpikir cepat saat menyelesaikan tiap perhitungan.

    Kedua, saat main, lihat angka dalam lingkaran. Lalu perhatikan angka-angka yang tersisa di kalkulator. Jika angka di lingkaran terdiri dari 2 angka, pilih secara acak satu angka di kalkulator, lalu lakukan penjumlahan dengan angka lain yang tepat. Jika angka di lingkaran ada tiga, pilih dua angka di kalkulator dengan nilai di bawahnya, dan cari angka penjumlahnya secara tepat. Begitu pula jika angka di lingkaran berisi 4 angka dan seterusnya. Terus gunakan teknik yang sama, sampai otak kita seperti bisa bekerja otomatis. Intinya adalah pengulangan teknik. Sekali otak kita mampu "menangkap" teknik yang kita gunakan, ia akan bekerja sendiri.

    Btw, kamu kuliah jurusan apa, John, kok sampai bisa bikin hal-hal begituan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trik yang bagus. Tiap orang memang bisa menemukan triknya sendiri di Game of Calculator ini.

      Waktu yang diberikan hanya 30 detik. Aku rasa 30 detik itu sudah cukup untuk menghitung dengan deg-degan. Kalau 1 menit, terlalu santai. Kurang seru, hehe.

      Waktu 30 detik itu dibagi jadi 100 bagian. Jadi ketika seseorang menyelesaikan dalam waktu 7 detik, maka sisa 23 detik.

      23/30 * 100 = 76

      Ketika selesai dalam 7 detik, dia akan dapat nilai 76.

      Dulu aku kuliah Teknik Elektro dengan fokus di bidang studi Teknik Komputer dan Telematika. Lebih fokusnya ke multimedianya, jadi berkutat dengan programming di game dan website.

      Game of Calculator ini terinspirasi dari channel YouTube orang India yang bikin calculator versi web dengan JavaScript dan CSS. Kemudian aku mikir, kalau bikin kayak gitu doang ga seru. Dibikin game sepertinya lebih seru. Kemudian aku ngobrol dengan teman kerja, lalu jadinya game yang sekarang itu.

      Delete
  2. ini codingnya di windows apa mac os mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. di mac os mas
      pakai vscode

      Delete
    2. ada ya ternyata, kirain dari di windows doang codingnya

      Delete
    3. justru rata2 orang yang fokus di programming, pakainya macOS bang
      coba aja tuh cek channel PZN, WP Unpas, dan programmer lain yang ada di YouTube
      rata2 mereka pake macOS bang

      Delete
  3. Saya sebagai orang yg awam agak susah juga ya karena ga ada beberapa angka yg di butuhkan trus ga ada tanda sama dengan ,jadi pas mau di klik zonk hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah, ga ada tanda sama dengan?
      masa sih?
      itu di paling bawah loh

      Delete
  4. Aku barusan cek game-nya, siapa tahu rekorku udah tumbang. Ternyata masih teratas, hehe.
    Sekalian nanya, itu kok ada Secret Key itu apa, John? Maksudku, fungsinya buat apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, masih teratas
      kayaknya kesulitan buat nembus skormu, haha

      secret key itu buat login di perangkat lain
      misal nih kamu mau main di hape, masukin aja user hoeda, maka akan diminta secret key nya buat nerusin pencapaian user hoeda dari perangkat lama ke perangkat hape

      ini semacam fitur login sederhana sih

      Delete
  5. Saya iseng coba lagi iy ada ..dapat nilai 169 trus ada tanda love nya apa tuh artinya kak? Wkwkwk kepo saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikon love itu skornya
      ikon piala itu urutannya

      Delete
  6. wahhhh kalkulator oun dah boleh jadi game yaaa...hebattt๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  7. Salut bisa buat game kang. Aku edit template blogger saja pusing lihat kode html nya apalagi koding yang pasti lebih njlimet.

    Sepertinya aku kalo main game kalkulator juga pakai kalkulator biar cepat.๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bang cobain game-nya
      kalo bisa kalahin yang #1 tuh

      Delete

Post a Comment