Featured Post

Tips Aman dan Nyaman Yang Wajib Anda Perhatikan Ketika Mudik dengan Pesawat

Di tahun 2022 ini, masyarakat Indonesia dapat bernapas lega karena Pemerintah mengizinkan mudik lebaran setelah hampir 2 tahun dilarang karena pandemi. Kabar ini disambut dengan baik oleh masyarakat terutama mereka yang rindu akan kampung halaman. Antusiasme masyarakat untuk mudik berakibat terjadi kemacetan dikarenakan jumlah volume kendaraan berlebih. Untuk menghindari hal tersebut, sebagian masyarakat menggunakan pesawat sebagai pilihan. Mulai dari tiket pesawat Jogja Bali hingga tiket pesawat Jakarta Medan laris diburu oleh para pemudik.

Bagi Anda yang berencana mudik ke kampung halaman, Anda dapat memilih Lion Air sebagai opsi maskapai mudik terbaik. Cukup dengan menggunakan aplikasi tiket Lion Air terbaik seperti tiket.com, Anda dapat menentukan akomodasi mudik terbaik sesuai perencanaan Anda. Ngomong-ngomong tentang mudik, berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan agar mudik lebaran terasa nyaman dan aman.

1. Pesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari

Tingginya permintaan tiket pesawat ketika mudik lebaran, mengakibatkan tiket menjadi langka dan mahal. Hal tersebut tentu  membuat Anda kebingungan dan kewalahan dalam mencari tiket mudik. Dengan memesan tiket dari jauh-jauh hari, Anda dapat mengamankan tiket, serta menghemat biaya. 

2. Pahami dan patuhi peraturan pemerintah

Bagi Anda yang berencana mudik lebaran di tahun ini, sebaiknya Anda memahami peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti sudah tervaksinasi, tes PCR atau tes Rapid Antigen, mengunduh aplikasi peduli lindungi, e-HAC, serta salinan semua persyaratan dokumen sesuai Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 16 Tahun 2022, dan Surat Edaran Kemenhub No. 36 tahun 2022.

3. Jaga kondisi kesehatan

Hal yang paling penting yang wajib Anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik adalah menjaga kondisi kesehatan. Kondisi kesehatan tubuh yang prima akan membuat sistem imun tubuh kuat sehingga tidak mudah terkena penyakit. Anda dapat menjaga kesehatan dengan berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan sehat, istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan. 

4. Persiapkan barang-barang dengan teliti

Ketika mudik lebaran, Anda pasti sudah merencanakan berapa lama Anda akan menetap. Anda dapat mempersiapkan barang-barang apa saja yang akan dibawa secara teliti agar tidak ada barang tertinggal. Bawalah barang secukupnya, buat daftar barang yang akan dibawa sehingga Anda dapat mengecek satu-persatu barang yang Anda bawa, sehingga mudik lebaran terasa lebih nyaman.

5. Pisahkan barang berharga

Menempatkan barang berharga di dalam koper karena dianggap lebih aman merupakan kesalahan yang fatal. Tidak semua barang yang ditempatkan di dalam koper terjaga keamanannya. Beberapa kasus kehilangan barang berharga di dalam koper juga sering kali terjadi. Anda dapat menghindari kehilangan dengan cara memisahkan barang berharga pada tas yang berbeda dan jangan dimasukkan ke dalam bagasi pesawat.

6. Berangkat lebih awal

Agar perjalanan mudik lebaran Anda aman dan nyaman, sebaiknya Anda berangkat ke bandara lebih awal untuk menghindari keterlambatan pesawat. Anda bisa berangkat 2-3 jam sebelum keberangkatan pesawat.

7. Selalu terapkan protokol kesehatan

Menerapkan selalu protokol kesehatan merupakan hal wajib yang harus selalu Anda perhatikan. Gunakan masker saat berada di luar ataupun di dalam ruangan, serta jangan lupa bawa handsanitizer dan tisu basah kemanapun Anda berada. Cuci tangan sebelum memasuki tempat tertentu, dan selalu jaga jarak ketika berada di kerumunan.

8. Gunakan asuransi

Pentingnya asuransi sebagai bagian dari persiapan perjalanan mudik Anda untuk mengantisipasi dan melindungi Anda dari banyak risiko yang mungkin saja terjadi. Ketika Anda membeli tiket pesawat menggunakan tiket.com, Anda langsung mendapatkan Free Protection yang merupakan asuransi gratis dari tiket.com. Hanya dengan mengisi detail penerbangan Anda pada halaman utama aplikasi tiket.com, Anda langsung bisa mengklaim asuransi jaminan penerbangan. Jika ingin mendapatkan asuransi perjalanan penuh Anda dapat menggunakan jenis asuransi Multi Insurence. 

9. Lakukan check-in secara online

Jika barang bawaan Anda hanya sedikit atau satu koper saja, lebih baik hindari memasukkan koper ke dalam bagasi pesawat. Anda bisa langsung membawa koper ke dalam pesawat dan meletakkan pada kabin pesawat. Anda bisa menggunakan fitur check-in secara online sehingga lebih hemat waktu dan lebih nyaman.

10. Perhatikan boarding pass Anda

Saat melakukan mudik dengan pesawat, Anda wajib memperhatikan Gate serta Boarding Time di Boarding Pass, pastikan Anda baca secara teliti agar tidak ketinggalan pesawat. 

11. Pisahkan KTP dan boarding pass di tas terpisah

Boarding pass atau yang lebih dikenal tiket pesawat, biasanya akan sering diminta oleh petugas untuk diperiksa bersamaan dengan KTP untuk memastikan apakah identitas Anda sesuai dengan boarding pass Anda. Sebaiknya pisahkan KTP dan boarding pass di tas yang terpisah, untuk memudahkan Anda mengambilnya ketika petugas datang untuk memeriksa. 

12. Patuhi dan perhatikan arahan awak kabin

Sebelum proses penerbangan pesawat, awak kabin akan menjelaskan prosedur standar keselamatan.  Sebaiknya Anda perhatikan ketika awak kabin memberikan arahan agar bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di dalam pesawat, Anda dapat menerapkan standar keselamatan pada diri Anda. 

13. Pilih kursi dekat jendela

Ketika memesan tiket pesawat secara online, pastikan Anda memilih kursi persis di samping jendela sehingga Anda tidak perlu melakukan kontak fisik secara berlebih dengan penumpang lainnya, dan meminimalisir terjadinya penularan penyakit secara langsung. Semoga beberapa tips diatas bermanfaat. Agar mudik lebih mudah percayakan dengan tiket.com.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments