Featured Post

Pengaruh Jaringan 5G Terhadap Perkembangan Internet of Things

IoT atau Internet of Things merupakan suatu konsep dimana pengiriman data dapat dilakukan melalui perantara jaringan saja, tanpa adanya interaksi yang sedang berlangsung dari kedua belah pihak, baik dari manusia ke manusia ataupun manusia ke komputer. Menurut ahli (Burange & Misalkar, 2015), IoT merupakan strukturisasi objek yang disediakan dengan identitas khusus agar dapat melakukan pemindahan data hanya melalui perantara jaringan, tanpa adanya interaksi dua arah dari manusia ke manusia maupun komputer.

Kilas balik pada tahun 2021, merupakan tahun dimana hadirnya jaringan 5G di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Jaringan 5G menjamin penggunanya untuk merasakan sensasi kecepatan akses internet empat kali atau bahkan 20 kali lebih cepat. Dan di waktu bersamaan, mengaplikasikan jaringan 5G ini pun mendorong Internet of Things (IoT) itu sendiri untuk berevolusi. 

Berikut merupakan beberapa manfaat keberadaan jaringan 5G bagi evolusi IoT

1. Kecerdasan Buatan (AI)

Evolusi IoT dapat menciptakan segala sesuatu menjadi “smart”. Seperti halnya smart home bahkan smart city.

2. Kecepatan Akses Internet

Jaringan 5G tentunya memberikan kemudahan bagi para pengguna internet, seperti halnya mengakses kanal internet, pengunduhan dokumen dengan kapasitas yang besar tak lagi memakan waktu, dan lain hal sebagainya dapat dilakukan dalam hitungan detik saja. Dengan begitu, seluruh manusia yang menggunakan jaringan 5G ini dapat meningkatkan produktivitas dalam waktu yang singkat, efektif, cepat dan tepat. 

3. Gaya Hidup

Evolusi IoT meningkatkan efisiensi suatu pekerjaan dengan sedikit tenaga, karena hampir seluruh sektor kegiatan dapat dimonitor secara praktis melalui smartphone anda ataupun komputer Anda. Sehingga hal tersebut menjadikan para pengguna dapat melakukan hal-hal ataupun pekerjaan lain di waktu bersamaan.

Pada akhirnya, keberadaan internet sampai hari ini dinobatkan bak kebutuhan pokok yang bersifat krusial bagi manusia karena dapat dijadikan penunjang berbagai bentuk aktivitas. Untuk menciptakan lingkungan internet yang lebih baik dan lebih sehat bagi manusia, evolusi IoT ini dapat dikatakan memiliki peran yang cukup penting akan hal tersebut. Karena tak dapat dipungkiri, bahwasannya arus perubahan serta perkembangan teknologi akan terus maju, maka dibutuhkan layanan interkoneksi yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak jaringan internet tanpa adanya keharusan untuk melakukan pembayaran pada pihak ketiga.

Nah, sekarang adalah waktu yang tepat untuk beralih menggunakan IP Peering dari Telkom! IP Peering Telkom kini telah hadir dengan kapasitas yang bervariasi dengan opsi skema burstable bandwidth, dimana stabilitas performansi layanan akan tetap terjaga meski trafik sedang naik. Karena IP Peering Telkom dipercaya untuk memaksimalkan user experience dengan meningkatkan value konten Anda. Mari sama-sama membangun lingkungan dalam berinternet yang lebih baik dengan klik disini untuk info lebih lanjut. 

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments