Featured Post

Cara Potong Rambut Sendiri, Mulai dari Persiapan Sampai Eksekusi!

Bagi seorang wanita, rambut merupakan mahkota yang harus dijaga keindahan dan kesehatannya. Tidak heran, wanita begitu menyukai perawatan rambut seperti hair spa dan creambath. Tetapi, setelah melakukan perawatan rambut, kamu juga harus menjaga bentuk ujung rambut agar terlihat sehat. Untuk menjaga bentuk rambut, ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah membuang ujung rambut yang rusak atau bercabang. Bila ujung rambut sudah dibuang, rambut tidak akan terlihat kusam dan kering lagi. Agar lebih praktis, kamu bisa memotong rambut sendiri, lebih-lebih cara potong rambut sendiri tidak sulit.

Persiapan Sebelum Memotong Rambut Sendiri

Sebelum memotong rambut sendiri, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan, seperti:

Pilih gunting yang tepat

Gunting menjadi alat utama yang harus disiapkan sebelum memotong rambut. Tetapi, pastikan menggunakan gunting khusus untuk memotong rambut. Hindari menggunakan hunting kertas atau kain. 

Gunting kertas atau gunting kain biasanya kurang tajam untuk memotong rambut, sehingga bisa menghasilkan garis bengkok dan sulit untuk diperbaiki. Selain itu, kamu harus memastikan jika gunting yang digunakan benar-benr bersih. 

Gunakan pelindung pakaian

Sebelum memotong rambut sendiri, kamu harus menggunakan kain pelindung agar nantinya tubuh tidak terkena bekas potongan rambut. Kamu dapat menggunakan benda apapun seperti plastik, kain dan koran. 

Tentukan panjang rambut

Kamu bisa memastikan panjang rambut yang nantinya dipotong. Agar bisa memperoleh penampilan yang maksimal, hindari asal memilih potongan rambut. Pilih potongan yang sesuai dengan jenis rambut serta bentuk wajah. 

Keramas

Hindari memotong rambut ketika rambut sedang kering. Kamu dapat mencuci rambut terlebih dulu menggunakan shampoo sehingga bisa terbebas dari kotoran dan minyak yang menempel. Selain itu keramas dapat membuat rambut lebih mudah dirapikan. 

Cara Potong Rambut Sendiri

Setelah melakukan berbagai persiapan di atas, berikut langkah untuk memotong rambut sendiri, yaitu:

Rambut panjang

Untuk rambut yang panjang, kamu bisa membagi serta memotong menjadi beberapa bagian. Bawa satu bagian ke arah depan kemudian tentukan berapa banyak yang ingin kamu potong. Kamu dapat mencoba setengah inci terlebih dulu, kemudian potong ujungnya dan mulai ratakan semuanya. 

Rambut pendek

Pada rambut yang pendek, sebenarnya langkah pemotongannya jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan jenis rambut yang lain. Kamu dapat memulainya dari arah samping. 

Agar bisa membantu mengarahkan gunting, kamu bisa menggunakan sisir serta menentukan mana bagian yang akan dipotong. 

Rambut keriting

Memotong rambut keriting memang harus berhati-hati. Untuk rambut kerting, kamu bisa melakukannya ketika rambut kering. Ketika akan memotong rambut, kamu dapat mengikatnya, dan mulai memotong. 

Gunakan tekanan yang kuat agar bisa menjaga rambut tidak bergerak ketika dipotong. Untuk rambut keriting, semua bergantung dari bentuk rambutnya. Rambut keriting juga memiliki gayanya sendiri-sendiri sehingga harus sabar ketika memotongnya. 

Rambut bergelombang

Cara potong rambut sendiri untuk jenis rambut yang bergelombang, kamu dapat menjepitkan untaian rambut panjang kea rah belakang kemudian sisir lapisan ke arah depan. 

Gunakan pemotong ujung untuk memotong ujung rambut, selesaikan beberapa potongan terlebih dahulu kemudian ukur apakah potongan rambutnya sudah sesuai.

Cara memotong rambut sendiri memang tidak mudah dilakukan jika hanya dicoba satu kali. Selain itu, saat memotong rambut sendiri, kamu harus sabar dan jangan tergesa-gesa agar potongan rambut dapat pas. 

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments